Yuk, Cobain! Ini Manfaat Kunyit untuk Kulit Tubuh yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Manfaat Kunyit - newsnetwork.mayoclinic.orgManfaat Kunyit - newsnetwork.mayoclinic.org

Anda pasti sudah tak asing dengan kunyit bukan? Bahan masakan satu ini hampir selalu ada di dapur dan memiliki banyak kegunaan. Selain menambah warna kuning di masakan atau berperan sebagai penyedap beberapa masakan Asia tertentu, kunyit ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit tubuh Anda.

Menurut Surtiningsih (2005), kunyit mengandung zat besi, kalsium, fosfor, vitamin B1, vitamin C, saponin, polifenol, flavonoid, minyak atsiri, dan kurkumin. Kandungan zat-zat yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk menetralkan racun, menghilangkan rasa nyeri, membunuh bakteri.

Masih menurut sumber yang sama, kunyit selain berkhasiat untuk kesehatan, juga bermanfaat untuk kecantikan kulit, di antaranya untuk mencegah kulit kering, mengobati penyakit kulit seperti kudis, eksim, menyembuhkan luka, kulit terbakar, mengatasi bekas cacar pada kulit, jerawat, mencegah tumbuh bulu pada kulit wajah, dan untuk mengencangkan kulit wajah. Nah, jika Anda penasaran, berikut ulasan lengkap cara memanfaatkan segala kebaikan kunyit untuk kulit tubuh Anda.

Khasiat Kunyit untuk Kulit

Menghilangkan Bekas Jerawat

Kunyit dikenal sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat mengganggu di kulit wajah maupun punggung Anda. Kunyit bersifat anti-inflamasi, sehingga bisa menenangkan kulit serta meminimalisir timbulnya jaringan parut. Untuk menghilang jerawat serta bekasnya, Anda bisa memanfaatkan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis atau lemon, lalu diaplikasikan layaknya obat totol jerawat di area yang berjerawat.

Mencerahkan Kulit

Tak hanya untuk jerawat, kunyit pun kabarnya dapat memutihkan atau mencerahkan kulit Anda secara alami. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa membuat lulur atau masker kunyit sendiri di rumah dengan cara menghaluskan kunyit. Kemudian campurkan dengan pisang atau greek yoghurt. Masker tersebut kemudian bisa dioleskan ke sekujur tubuh atau wajah Anda. Lalu biarkan selama 15 menit, basuh dengan air sampai bersih.

Perawatan Kulit dengan Kunyit - urbangyal.com

Perawatan Kulit dengan Kunyit – urbangyal.com

Mengurangi Bulu

Selain waxing, sebenarnya ada metode lain yang relatif lebih mudah, murah, dan minim rasa sakit untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan di kulit tubuh Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit. Anda bisa mandi dengan lulur kunyit secara teratur, setidaknya 2 kali seminggu selama sebulan penuh.

Menghaluskan Tumit yang Kering dan Pecah-Pecah

Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai bahan tradisional untuk mengatasi kulit tumit kaki yang pecah-pecah dan kering. Caranya mudah, Anda tinggal menyiapkan bubuk kunyit dan santan hangat yang telah dicampurkan hingga berbentuk mirip pasta. Lalu balurkan bahan tersebut ke seluruh kulit kaki, terutama tumit. Anda bisa mengaplikasikannya sembari dipijat lembut. Gunakan rutin dan lihat hasilnya sekitar 2 minggu.

Menyamarkan Kerutan

Kunyit disebut-sebut memiliki kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk meminimalisir kerutan di kulit sekaligus memperlambat penuaan. Nah, jika ingin merasakan manfaatnya, Anda bisa membuat masker dari 2 sendok makan bubuk kunyit yang dicampur dengan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat. Aplikasikan masker itu di wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

Membantu Masalah Psoriasis

Menurut National Psoriasis Foundation, kunyit bisa dimanfaatkan sebagai suplemen atau menambahkannya dalam makanan untuk mengatasi masalah kulit seperti psoriasis dengan mengendalikan pemicu atau gejala lainnya. Namun sebelumnya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang sesuai.

Manfaat Kunyit untuk Kulit Tubuh - reenajbhambra.com

Manfaat Kunyit untuk Kulit Tubuh – reenajbhambra.com

Efek Samping Kunyit

Dilansir Theasianparent, kunyit mempunyai sifat bioavailabilitas yang cukup rendah, sehingga metabolisme tubuh Anda akan membakarnya dengan cepat dan tubuh tak menyerap banyak. Anda juga sebaiknya tak menggunakan kunyit dalam jumlah terlalu banyak dalam satu waktu.

Jika ingin mengaplikasikan kunyit langsung ke kulit, sebaiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mencoba mengoleskannya ke bagian lengan bagian dalam untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap kunyit atau tidak. Jika dalam kurun waktu 24 jam tak muncul ruam, kemerahan, atau reaksi alergi lainnya, berarti Anda aman untuk menggunakan kunyit di kulit. Bagi pemilik kulit kering juga sebaiknya hindari penggunaan masker kunyit, karena justru akan membuat kulit Anda semakin kering.

Referensi:

Baca juga:  Serupa Tapi Tak Sama, Ini Lho Perbedaan Toner dan Face Tonic (Astringent)

Surtiningsih. 2005. Cantik dengan Bahan Alami: Cara Mudah, Murah dan Aman untuk Mempercantik Kulit. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: