Tak Cuma untuk Pelengkap Kopi, Ini Sederet Manfaat Lain dari Fiber Creme

Krimer kopi (sumber: amazon.com)

Telah sejak lama krimer pabrikan (krimer siap saji) menjadi salah satu bahan pelengkap sajian kopi yang populer. Bagi sebagian orang, krimer cocok dipadukan bersama secangkir kopi hitam. Namun, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, terutama terkait penyakit yang disebabkan oleh asupan bahan makanan, krimer pabrikan tidak disertakan lagi sebagai bahan pelengkap sajian kopi.

Pasalnya, sebagian krimer dibuat menggunakan bahan corn syrup solids (sirup jagung). Sirup jagung merupakan sumber gula yang buruk bagi penderita diabetes dan kolesterol tinggi, karena sirup jagung tidak bisa diolah oleh organ lain selain hati. Pecinta kopi bisa mengganti krimer dengan berbagai bahan tambahan alami yang tidak berbahaya sekaligus memberikan manfaat baik bagi tubuh.[1] Namun beruntung karena kini muncul krimer yang diklaim lebih sehat dari krimer biasa, yakni Fiber Creme Ellenka.

FiberCreme adalah krimer multifungsi tinggi serat yang bisa membuat makanan atau minuman apapun jadi lebih creamy dan enak. FiberCreme juga bisa digunakan sebagai pengganti santan atau susu. Selain itu, FiberCreme dapat dimanfaatkan untuk menambahkan rasa creamy dan enak yang bisa diaplikasikan ke dalam berbagai menu makanan dan minuman.

Baca juga:  Habiskan Waktu Bermain Media Sosial Membuat Anda Lebih Kesepian, Benarkah?

Komponen utama FiberCreme adalah serat pangan larut oligosakarida, yang berasal dari tapioka/singkong. Isomalto-Oligosakarida termasuk dalam kelompok karbohidrat yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Sehingga, tubuh tidak akan menyimpannya secara berlebihan sehingga tidak berpotensi menaikkan gula darah di dalam tubuh.

Manfaat Fiber Creme

Keunggulan FiberCreme di antaranya ialah tinggi serat, rendah gula, bebas kolestrol, bebas lemak trans, bebas gluten, bebas laktosa, mempunyai indeks glikemiks yang rendah. Kandungan tinggi seratnya mampu menekan rasa lapar lebih lama sehingga cocok untuk diet. Kandungan gula dan indeks glikemik yang rendah membuat FiberCreme dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Ellenka FiberCreme

Ellenka FiberCreme

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selain digunakan untuk minuman seperti kopi, Fiber Creme juga merupakan krimer berserat yang multifungsi dan dapat digunakan sebagai pengganti santan dan susu. Anda bisa memakai Fiber Creme untuk memasak opor ayam, gulai daun singkong, dan aneka masakan bersantan lainnya.

Baca juga:  Resep dan Cara Membuat Kue Kering Sumpia Udang Rebon

Fiber Creme pun diklaim telah memenuhi syarat BPOM untuk bisa menjadi pangan rendah gula serta telah mengantongi sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Komposisi Fiber Creme

Isomalto-Oligosakarida, Minyak Nabati, Natrium Kaseinat, Penstabil Fosfat, Pengemulsi Nabati, Anti Kempal, Tanpa Pemanis Buatan, Tanpa Pengawet.

Informasi Nilai Gizi (Nutrition Facts) Fiber Creme

  • Takaran saji 1 sendok teh: 3 gram
  • Jumlah sajian per kemasan: 150
  • Kalori per sajian: 16,2 kkal
  • Lemak total: 1 gram
  • Lemak jenuh: 1 gram
  • Lemak trans: 0 gram
  • Kolesterol: 0 mg
  • Protein: 0 gram
  • Karbohidrat total: 2 gram
  • Serat pangan: 1 gram
  • Gula: 0 gram
  • Laktosa: 0 gram
  • Sukrosa: 0 gram
  • Natrium/Sodium: 0 mg

Takaran Fiber Creme

Cairan krimer (sumber: ingredientsnetwork.com)

Cairan krimer (sumber: ingredientsnetwork.com)

  • Takaran yang direkomendasikan agar memperoleh rasa dan tekstur makanan seperti santan kental dengan perbandingan FiberCreme : air hangat (1:3) dan bisa pula sesuai selera Anda. Misalnya, dengan menggunakan 100 gram FiberCreme + air hangat 300 ml = 400ml santan kental. Untuk tekstur dan rasa santan sedang dengan perbandingan FiberCreme : air hangat (1:5) 100 gram FiberCreme + air hangat 500 ml = 600ml santan sedang.
  • Takaran untuk FiberCreme agar rasanya sama dengan susu adalah FiberCreme : Air hangat 1:5 atau 100 gram FiberCreme + air hangat 500 ml = 600ml susu. Bisa disesuaikan dengan jenis makanan atau minuman yang anda buat.
Baca juga:  Menu Sarapan di Semarang, Mulai Dari Bubur Ayam Sampai Nasi Kebuli

Harga Fiber Creme

Varian Fiber CremeHarga
Ellenka Fiber Crème 100 gramRp11.000
Ellenka Fiber Crème 168 gramRp25.600
Ellenka Fiber Crème 450 grRp39.500

Harga Fiber Crème di atas dirangkum dari situs resmi Indomaret. Perlu diketahui bahwa harga FiberCrème dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga FiberCrème yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo diskon atau penawaran pihak penjual. Anda bisa membeli FiberCrème di toko-toko terdekat, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, hingga di pusat-pusat perbelanjaan seperti Giant, Hypermart, Transmart Carrefour, maupun Superindo.

[1] Hamdan, D dkk. 2018. Coffee: Karena Selera Tidak Dapat Diperdebatkan. Untung P, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: