Manfaat dan Kandungan Susu Lactogen 1, 2, dan 3

Manfaat Susu Formula untuk Bayi - sleepbaby.orgManfaat Susu Formula untuk Bayi - sleepbaby.org

Bagi orang tua yang sedang mengasuh bayi, pastinya sudah tidak asing dengan produk susu formula Lactogen. Selain karena punya banyak kandungan nutrisi, konsumen memilih produk tersebut karena rasanya yang lezat bagi bayi. Susu Lactogen sendiri saat ini sudah dijual di pasaran dengan berbagai varian berdasarkan usia bayi.

Varian Susu Lactogen

Sebetulnya, gizi untuk bayi yang paling sempurna dengan harga ekonomis adalah ASI. ASI wajib diberikan secara eksklusif pada bayi usia 0 hingga 6 bulan. Pada kenyataannya, tidak semua ibu memiliki ASI yang cukup bagi bayinya. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak ibu akhirnya memilih untuk memberikan formula pada buah hati mereka.

Selain itu, susu formula bayi sering diberikan jika ibu tidak bisa memberikan ASI dengan kadar gizi yang baik. Biasanya, ini dialami oleh ibu yang sedang diet atau memiliki penyakit dan harus minum obat.[1] Untuk memenuhi kebutuhan bayi terhadap gizi dan nutrisinya ini, Lactogen hadir dalam varian Lactogen 1, Lactogen 2, dan Lactogen 3.

Lactogen 1 merupakan salah satu varian susu formula yang bisa diberikan pada bayi usia 0-6 bulan. Sufor ini bisa diberikan kepada bayi sebagai pengganti maupun pendamping ASI. Susu ini konon dapat membantu tahap awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk penyajiannya, susu diberikan dalam satu kali penyajian. Sehingga, jika bayi tidak bisa menghabiskan susu dalam botolnya, maka sisanya harus dibuang.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mendisiplinkan Anak dan Mengontrol Emosi Mereka?
Varian Susu Lactogen - shopee.co.id

Varian Susu Lactogen – shopee.co.id

Besutan produk Nestle varian Lactogen yang tak kalah populer dengan varian sebelumnya adalah Lactogen 2. Susu formula bayi ini dikhususkan sebagai produk untuk MPASI pada bayi usia 6-12 bulan. Perlu dicatat, produk ini tidak boleh dijadikan sebagai susu pengganti ASI karena memang fungsinya sebagai makanan pendamping ASI.

Sementara, untuk Anda yang memiliki bayi dengan usia 12 bulan ke atas atau anak-anak usia 1-3 tahun, Anda bisa memberikan susu Lactogen 3. Susu ini juga berfungsi sebagai minuman pendamping untuk melengkapi gizi anak-anak. Susu Lactogen 3 lebih fokus pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain mengetahui varian susu Lactogen berdasarkan penggunaannya, Anda juga perlu mengetahui komposisi setiap varian Lactogen, sebelum memberikannya pada si kecil. Komposisi pada tiap susu Lactogen tentunya berbeda-beda, tergantung dari manfaat dan gizi yang dibutuhkan bayi sesuai kategori usianya.

Baca juga:  Anak Sering Alami Gangguan Tidur? Ini Mungkin Gejala ADHD

Kandungan Susu Lactogen

Lactogen 1Lactogen 2Lactogen 3
Padatan susu (laktosa, whey, susu bubuk skim), campuran minyak nabati (mengandung antioksidan Tokoferol dan Askorbil Palmitat), 8 mineral dan premiks mineral, minyak LC-PUFA (mengandung minyak ikan (DHA), ARA, mengandung antioksidan Tokoferol dan Askorbil Palmitat), pengemulsi Lesitin kedelai, premiks vitamin, Lactobacillus reuteri DSM 17938, dan L-karnitinProtein, lemak, karbohidrat, Na, K, asam linoleat, asam linolenat, DHA, vitamin A, vitamin, vitamin, vitamin K1, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin B12, vitamin C, Ca, P, Fe, Mg, Zn, yodium, selenium, biotin, kolin, Cl, tembaga, sukrosa, LA: ALA, Ca: P, casein: whey, lactobacillus reuteri, dan energiSusu bubuk skim, campuran minyak nabati, laktosa, maltodekstrin, bubuk whey, gula, probiotik, mineral, pengemulsi lesitin kedelai, premiks vitamin, minyak ikan, energi, lemak, asam linoleat, protein, karbohidrat, sukrosa, natrium, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K1, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, kalsium, fosfor, kalium, besi, magnesium, zinc, iodium, dan selenium
Baca juga:  Cara Mengatasi & Alternatif Susu Formula Terbaik untuk Bayi Sembelit

Cara Menyajikan Susu Lactogen

Setelah Anda mengetahui komposisi dan manfaat susu Lactogen berdasarkan variannya, pastikan Anda mengerti cara membuatnya. Sebelum membuat susu, pastikan Anda mensterilkan botol susu terlebih dahulu, apalagi jika Anda ingin memberikan formula pada bayi. Perlu Anda ketahui bahwa bayi yang tidak mendapatkan ASI, lebih berisiko terhadap penyakit. Hal ini karena bayi tidak memperoleh daya imun yang cukup dari ibunya lewat ASI.

Kandungan Susu Lactogen - gudanginfodanproduk.blogspot.com

Kandungan Susu Lactogen – gudanginfodanproduk.blogspot.com

Selain mensterilkan botol dan peralatan, pastikan tangan Anda dalam kondisi bersih, dan akan lebih baik lagi jika Anda mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu, panaskan air hingga mendidih dan tunggu suhunya sedikit turun hingga 70 derajat Celcius. Masukkan bubuk susu ke dalam botol dan air hangat, lalu tutup botol susu dan kocok hingga susu tercampur rata dengan air.

[1] Utami, Tristi Citra dan Hartanti Sandi Wijaya. Konsumsi Susu Formula Sebagai Faktor Risiko Kegemukan pada Balita di Kota Semarang. Journal of Nutrition College, Vol. 6(1): 96-102.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: