Jangan Sepelekan Tampilannya, Kacang Tolo Ternyata Simpan Beragam Manfaat untuk Kesehatan

Kacang tolo segar (sumber: dallasnews.com)Kacang tolo segar (sumber: dallasnews.com)

Kacang tunggak (Vigna unguiculata subsp. unguiculata) adalah sejenis tanaman legum yang polong muda dan bijinya biasa disayur, seperti sayur lodeh atau brongkos. Tumbuhan ini relatif tahan kering dan biasa ditanam di pekarangan sebagai cadangan pangan keluarga. Kacang tunggak banyak variasi bentuknya. Di Jawa, kacang ini dikenal dengan beberapa nama lain seperti kacang dadap, kacang landes, kacang tunggak, dan juga kacang otok serta kacang tolo.

Kacang tunggak termasuk dalam keluarga Leguminoceae. Tanaman ini kemungkinan berasal dari Afrika Barat, baik yang dibudidayakan maupun jenis liar. Kacang tunggal tergolong tanaman bahan pangan, pakan, dan bahan baku industri. Potensi hasil biji kacang tunggak cukup tinggi yaitu mencapai 1,5-2 ton/ha tergantung varietas, lokasi, musim tanam, dan budidaya yang diterapkan.

Kacang tunggak telah dikenal luas di Indonesia, di mana mengandung protein 22,9 g, lemak 1,1 g, karbohidrat 61,6 g, dan kalsium 77,0 mg gizi per 100 g kacang tunggak. Kandungan nutrisi kacang tunggak disajikan pada tabel berikut.[1]

Kandungan Nutrisi Kacang Tolo

Kacang tolo (sumber: thespruce.com)

Kacang tolo (sumber: thespruce.com)

Jenis ZatNilai
Air11,0 gram
Kalori342,0 kal
Protein22,9 gram
Lemak1,1 gram
Karbohidrat61,6 gram
Kalsium77,0 mg
Fosfor449,0 mg
Besi6,5 mg
Vitamin A30,0 SI
Vitamin B10,92 mg
Tanaman kacang tolo (flickr: LTR Farm)

Tanaman kacang tolo (flickr: LTR Farm)

Dilansir dari Wikipedia, kacang tunggak merupakan tanaman semusim yang tumbuh melebar, tegak atau hampir tegak, tinggi 15-80 cm. Kacang ini dibedakan dari subspesies lainnya dengan melihat polongnya yang sepanjang 10-30 cm, menggantung, keras dan kaku, tidak menggembung ketika muda. Bijinya biasanya agak besar, panjangnya antara 6-10 mm. Ciri-ciri lainnya serupa dengan Vigna unguiculata pada umumnya.

Baca juga:  Cara Membuat Kue Lapis Legit Khas ala Toko Anggrek Palmerah

Kacang satu ini kerap dimanfaatkan bijinya (kering atau basah) sebagai kacang-kacangan. Polongnya yang muda, dan daun-daun mudanya dipetik sebagai bahan sayuran atau lalapan. Bijinya dapat ditumbuk menjadi tepung atau diolah lebih lanjut menjadi kue-kue.

Kacang tunggak juga kabarnya baik untuk ditanam sebagai penutup tanah, karena mampu untuk tumbuh di berbagai jenis tanah dan dalam waktu pendek bisa menghasilkan banyak humus. Sebagai pupuk hijau, kacang tunggak mengandung kadar nitrogen yang cukup tinggi, yaitu sebesar 4,4% berat kering hijauan. Daun dan ranting-ranting ini juga bagus sebagai pakan ternak karena mengandung kadar protein dan kapur yang tinggi, sementara serat kasarnya rendah.

Manfaat Kacang Tolo

Melancarkan Pencernaan

Kacang tolo termasuk sumber serat larut yang bagus untuk mengatasi sembelit. Serat larut yang ada dalam kacang tolo dan tumbuhan lain kabarnya bisa bertindak sebagai prebiotik untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan membantu menumbuhkan mikrobioma sehat.

Baca juga:  Tak Perlu yang Mahal, Ini Cara Buat Lulur Alami Sendiri di Rumah

Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi kacang tolo digadang-gadang dapat mempercepat proses perbaikan kulit dan menjaganya tetap sehat karena di dalamnya kaya akan antioksidan.

Kacang tolo (sumber: gardeningknowhow.com)

Kacang tolo (sumber: gardeningknowhow.com)

Mencegah Radikal Bebas

Dalam kacang tolo kaya kandungan antioksidan seperti vitamin A dan C yang bisa mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab kanker dan penyakit kronis lainnya.

Menyehatkan Jantung

Konsumsi kacang tolo juga bisa mencegah faktor risiko penyakit jantung karena di dalamnya mengandung flavonoid metabolit sekunder untuk mengobati berbagai masalah kardiovaskular.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan protein dan serat larut dalam kacang tolo diklaim dapat membantu proses penurunan berat badan, sehingga cocok untuk dikonsumsi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Mengatasi Masalah Tidur

Anda sulit tidur di malam hari atau insomnia? Cobalah untuk rajin-rajin makan kacang tolo. Kacang tolo diklaim mengandung triptofan yang bisa membantu membuat tubuh Anda lebih rileks dan meningkatkan pola tidur yang lebih baik. Agar bisa tidur lebih nyenyak, Anda dapat menambahkan kacang tolo dalam menu makan malam.

Baca juga:  Jamu Beras Kencur untuk Ibu Menyusui, Aman atau Tidak?

Supaya menu sajian olahan kacang tolo Anda lebih beragam, Anda bisa mengolah kacang tolo dengan cara digoreng atau disangrai untuk dijadikan cemilan. Selain itu, kacang tolo juga dapat dibuat menjadi masakan khas Jawa seperti botok, atau bahkan ditambahkan dalam olahan sayur. Sebelum mengonsumsi kacang tolo, pastikan juga bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

[1] Jaya, F. 2019. Ilmu, Teknologi, dan Manfaat Kefir. Andang K dkk, editor. Malang: UB Press.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: