Apa Saja Manfaat Jus Seledri dan Timun untuk Kesehatan?

Ilustrasi: jus sayur hijauIlustrasi: jus sayur hijau

Jus buah sudah biasa dijadikan sebagai menu pelengkap diet sehat, sedangkan jus sayur sepertinya belum banyak yang menerapkannya. Sebenarnya, ada banyak jenis sayur yang bisa Anda jadikan sebagai jus untuk menutrisi tubuh, termasuk seledri dan timun. Kedua sayuran tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

Secara ilmiah, mentimun memiliki nama Cucumis sativus L dan termasuk sayur dengan kandungan air yang banyak. Selain kaya air dan mineral, buah timun mengandung kalium atau potassium, fosfor, magnesium, asam folat, serat, dan vitamin C. Sementara, seledri memiliki nama ilmiah Apium graveolens L dan sudah dikenal sejak dulu sebagai bumbu masak. Dalam satu batang seledri, mengandung flavonoid, apigenin, vitamin C, fitosterol, dan vitamin K. Gabungan nutrisi pada seledri dan timun yang dijus, tentu akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengatasi Hipertensi

Hipertensi merupakan suatu kondisi ketika aliran darah secara konsisten memiliki tekanan tinggi pada dinding arteri. Pasien yang dinyatakan memiliki riwayat tekanan darah tinggi, adalah mereka yang memiliki kondisi tekanan darah melampaui nilai tekanan darah normal.

Untuk mengatasi gejala tekanan darah tinggi, DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menyarankan pasien hipertensi mengonsumsi banyak buah dan sayur. Sebagai salah satu alternatif pengobatan non-farmakologis, pasien bisa minum jus seledri dan timun. Kandungan kalium, magnesium, flavonoid, apigenin, vitamin C, dan vitamin K-nya mampu menurunkan tekanan darah dan mengembalikan tekanannya menjadi normal.

Baca juga:  Ciri-Ciri Sindrom Asperger & Autisme Pada Anak Dan Balita
Potongan mentimun

Potongan mentimun

Menurunkan Kadar Kolesterol

Apakah Anda suka mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak? Jika iya, sebaiknya Anda waspada dengan kadar kolesterol di tubuh. Makanan berlemak dan berminyak dapat membuat kadar kolesterol tubuh menjadi tinggi, sehingga memicu berbagai macam penyakit kronis.

Untuk mencegah kolesterol dalam tubuh meningkat, saat Anda makan-makanan berminyak dan berlemak, Anda bisa mengimbanginya dengan minum jus timun dan seledri. Jus sayur tersebut mengandung fitosterol yang strukturnya mirip dengan kolesterol. Karena struktur yang mirip, fitosterol mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghambat penyerapan kolesterol di usus. Sehingga, jumlah kolesterol yang memasuki aliran darah menjadi lebih sedikit.

Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyumbatan pada pembuluh darah sangat berbahaya, apalagi jika yang menyumbat adalah lemak. Penyumbatan pembuluh darah akibat lemak juga berisiko terhadap penyakit jantung koroner. Untuk mencegah sekaligus mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah ini, Anda bisa minum jus timun dan seledri setiap hari.

Baca juga:  Program Penurunan Berat Badan Yang Berkaitan Dengan Masalah Kesehatan

Minuman dari timun dan seledri mengandung flavonoid dengan senyawa quercetin. Senyawa tersebut bekerja sebagai antioksidan dengan melepas atau menyambungkan ion hidrogen pada radikal bebas peroksida agar menjadi lebih stabil. Proses ini menghalangi reaksi oksidasi kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan darah mengental, sehingga dapat mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah yang berisiko terhadap jantung koroner.[1]

Potongan seledri (sumber: usda.gov)

Potongan seledri (sumber: usda.gov)

Mencegah Kanker

Jus seledri dan mentimun juga diklaim dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini sudah jelas karena minuman tersebut diperkaya oleh zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari zat radikal bebas penyebab kanker. Zat yang berperan sebagai antioksidan pada minuman ini antara lain cucurbitacin, flavonoid, dan luteolin.

Bagi Anda yang ingin mencegah kanker, selain minum jus timun dan seledri setiap hari, Anda juga harus olahraga secara teratur. Selain itu, hindari makanan yang diolah dengan cara dibakar menggunakan arang, terutama untuk jenis daging. Bagian daging yang gosong cenderung mengandung zat karsinogen tinggi sebagai salah satu zat penyebab kanker.

Baca juga:  Dibanding Produk Masker Wajah, Cara Ini Dinilai Lebih Efektif Mengatasi Komedo dan Jerawat

Cara Membuat Jus Timun dan Seledri

Sebelum membuat minuman, Anda harus menyiapkan alat dan bahannya. Siapkan timun kecil satu buah atau setengah jika ukurannya terlalu besar, siapkan juga dua batang seledri dengan daun yang rimbun dan berwarna hijau segar. Cuci hingga bersih kedua bahan tersebut dan potong dengan ukuran lebih kecil.

Siapkan alat penghancur berupa blender atau juicer, sendok, gelas, dan saringan. Setelah itu, masukkan potongan timun dan seledri ke dalam blender atau juicer dan tambahkan air sebanyak 350 cc. Hancurkan bahan tersebut hingga menjadi jus lalu saring ke dalam gelas, dan jus seledri dan timun siap dihidangkan.

Perlu Anda ketahui bahwa jus sayur seperti ini harus segera dikonsumsi setelah dibuat. Hal ini agar minuman tidak mengalami oksidasi, sehingga kandungan nutrisinya dapat diserap tubuh secara maksimal.

[1] Antika, Intan Damaya & Dian Mayasari. 2016. Efektivitas Mentimun (Cucumis sativus L) dan Daun Seledri (Apium graveolens L) sebagai Terapi Non-Farmakologi pada Hipertensi. Majority, Vol. 5(5): 119-123.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: