Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan Kulit dan Tubuh

Ilustrasi: minyak jojoba (sumber: medicalnewstoday.com) Ilustrasi: minyak jojoba (sumber: medicalnewstoday.com)

Pastinya Anda sudah sering mendengar nama jojoba oil di berbagai macam produk, mulai dari produk kesehatan hingga kecantikan. Jojoba oil atau minyak jojoba adalah salah satu bahan yang sering digunakan sebagai campuran untuk produk kesehatan, terutama kecantikan. Kandungan yang ada pada jojoba oil diklaim memiliki banyak manfaat yang bisa meningkatkan kesehatan dan membuat Anda menjadi makin cantik.

Bagi Anda yang masih belum familiar dengan jojoba oil, ini merupakan salah satu jenis ekstrak tumbuh-tumbuhan yang disuling. Jojoba oil terbuat dari biji semak jojoba yang banyak ditemukan di daerah Arizona atau California Selatan. Dilansir dari Women’s Health, jojoba oil memiliki kandungan vitamin E dan B serta mineral yang lengkap yang punya banyak manfaat.

Atasi Kondisi Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa menjadi salah satu masalah yang besar. Tidak hanya membuat kulit mengilap, tetapi juga dapat menimbulkan jerawat dan komedo. Untuk mengatasinya tidak sulit, Anda hanya perlu menggunakan beauty oil dengan varian jojoba oil. Jojoba oil diklaim dapat membantu kulit wajah Anda mengontrol kadar minyak yang berlebihan. “Minyak jojoba merupakan minyak nabati yang unik, karena sangat mirip dengan komposisi sebum manusia,” kata Nikhil Dhingra, MD, seorang dokter kulit di New York.

Karena sangat mirip dengan sebum manusia, kulit Anda akan ‘tertipu’ sehingga tidak perlu menghasilkan lebih banyak minyak lagi. Dengan begini, kadar minyak di kulit Anda akan terkontrol dengan baik dan tidak berlebihan. Kulit Anda yang semula berminyak dan mengilap, akan lebih halus dan matte tanpa kilap.

Baca juga:  Simak Yuk, Begini Cara Penggunaan Toner Cuka Apel yang Benar
Ilustrasi: menuangkan minyak jojoba (sumber: kamaayurveda.com)

Ilustrasi: menuangkan minyak jojoba (sumber: kamaayurveda.com)

Melindungi Kulit

Kandungan antioksidan yang berupa vitamin E dan B dalam jojoba oil dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Kandungan antioksidan tersebut juga diklaim dapat menangkal zat radikal bebas, sehingga kulit akan sehat dan terhindar dari kanker. Ada baiknya Anda menggunakan jojoba oil sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Kandungan vitamin E pada jojoba oil juga dikatakan dapat membantu kulit memperbaiki dirinya dengan lebih cepat. Kulit yang rusak akibat terlalu sering terpapar polusi dan cahaya matahari, dapat diatasi dengan mengoleskan jojoba oil di permukaannya. Tekstur minyak jojoba yang ringan dan tidak lengket dapat terserap dengan baik oleh kulit Anda.

Anda pun bisa menggunakan jojoba oil untuk melembapkan kulit yang rusak akibat kering atau mengobati kulit yang pecah-pecah. Vitamin E pada minyak ini akan menutrisi kulit Anda dan membantu melembapkannya.

Mengurangi Keriput

Jika ingin selalu tampil awet muda, Anda bisa mencoba berbagai produk perawatan kulit yang mengandung jojoba oil atau menggunakan jojoba oil murni. Saat ini, tidak sulit menemukan jojoba oil murni di pasaran, karena sudah dijual dalam berbagai macam kemasan botol. “Minyak jojoba dapat membantu mencegah penguraian kolagen pada kulit. Penguraian kolagen pada kulit secara berlebihan dapat menyebabkan kulit lebih cepat keriput,” jelas Luigi L. Polla, MD, seorang dokter kulit di Jenewa.

Baca juga:  Tanda-tanda Hamil 2 Minggu, Prediksi Gejalanya!

Dengan manfaatnya untuk mencegah penguraian kolagen tersebut, maka kulit Anda akan terhindar dari keriput. Anda juga bisa mencegah penuaan dini dengan menggunakan jojoba oil secara rutin. Gunakan jojoba oil setelah Anda membersihkan kulit dengan sabun wajah dan toner.

Ilustrasi: kulit keriput (sumber: cnn.com)

Ilustrasi: kulit keriput (sumber: cnn.com)

Menghidrasi Kulit Kering

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kasar dan pecah-pecah akibat kekeringan, Anda bisa menggunakan jojoba oil. Perlu Anda ketahui, kulit kering tidak hanya disebabkan oleh kekurangan kadar minyak dan nutrisi pada kulit saja, tetapi juga udara yang kering. “Minyak jojoba yang Anda gunakan akan meresap ke dalam kulit dan menghidrasi kulit Anda yang kering. Minyak ini juga disebut dengan pelembap alami yang dapat meniru lapisan kulit luar,” kata Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik di New York.

Jojoba oil juga diklaim mampu membantu kulit mempertahankan kelembapan dan menyembuhkan dirinya sendiri. Anda bisa menggunakan minyak jojoba sebagai pengganti produk pelembap kulit yang mahal. Secara efektif dan alami, kulit akan terasa lebih lembap dan halus dengan jojoba oil.

Baca juga:  Apa Manfaat Sarang Burung Walet untuk Ibu Hamil?

Mengatasi Kerusakan Rambut

Peran jojoba oil tidak hanya pada kecantikan kulit Anda, perlu diingat bahwa minyak tersebut memiliki banyak kandungan nutrisi. Vitamin E dan mineral, seperti zat besi dan mangan, mampu memperbaiki kondisi rambut Anda yang rusak. Ini bisa Anda manfaatkan juga untuk menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan indah.

Ilustrasi: minyak jojoba menyehatkan rambut (sumber: tasteofhome.com)

Ilustrasi: minyak jojoba menyehatkan rambut (sumber: tasteofhome.com)

Kondisi rambut rusak akibat terlalu sering menggunakan hair dryer, catok rambut, dan mewarnai rambut, dapat diatasi dengan cara mengaplikasikan minyak jojoba pada ujung kulit kepala hingga ujung rambut. Jojoba oil akan menutrisi rambut Anda terlebih dahulu sebelum membantu proses perbaikan rambut lebih cepat.

Kandungan vitamin dan mineral pada jojoba oil juga disebutkan dapat mengatasi rambut kering dan kusam. Bagi Anda yang memiliki rambut kering hingga kusut, bisa membuatnya lebih lembap dan mudah untuk diatur. Penggunaan jojoba oil untuk rambut kering ini sama seperti ketika Anda menggunakan minyak rambut.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari jojoba oil. Masih ada lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakannya dengan cara yang tepat dan sesuai. Salah satunya adalah untuk membersihkan make up. Anda bisa menggunakan minyak tersebut sebagai pengganti micellar water atau make up remover. Minyak jojoba akan mengangkat make up Anda dengan cepat, terutama untuk make up yang tahan air atau waterproof.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*