Jadikan Wajah Cantik dan Sehat, Apa Saja Manfaat Jintan Hitam?

Jintan hitam (sumber: luckyvitamin.com)Jintan hitam (sumber: luckyvitamin.com)

Jintan hitam, atau sering dikenal sebagai habbatussauda, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam Islam, habbatussauda juga dipercaya memiliki fungsi sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, jintan hitam diyakini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah.

Punya nama ilmiah Nigella sativa, ini adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki berbagai efek farmakologis, antara lain sebagai antioksidan, antidiabetes, antialergi, antiinflamasi, dan sebagai imunomodulator, sehingga tak heran jintan hitam dimanfaatkan sebagai campuran obat herbal.[1] Secara tradisional, habbatussauda sering dijadikan obat minum atau jamu. Lalu, apa manfaat jintan hitam untuk wajah?

Membuat Kulit Awet Muda

Sementara banyak produk anti aging berbahan dasar kimia yang menimbulkan efek candu bagi kulit, Anda bisa memilih produk skincare anti penuaan dini berbahan jintan hitam yang terbilang aman. Sudah banyak kosmetik dengan kandungan habbatussauda yang diyakini mampu meremajakan kulit dan membuat kulit selalu segar.

Memakai produk skincare anti aging berbahan Nigella sativa bisa dilakukan sejak usia 25 tahun. Ini akan membantu mencegah gejala penuaan, di antaranya hiperpigmentasi, flek, kerutan, dan garis halus. Sementara itu, bagi orang yang sudah berusia paruh baya dan memiliki gejala penuaan, jintan hitam akan membantu meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

Baca juga:  Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya
Jintan hitam

Jintan hitam

Menyembuhkan Jerawat

Dilansir dari THE SHONET, jintan hitam memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat. Habbatussauda yang memiliki zat antibakteri dan anti inflamasi, mampu membantu kulit dalam proses penyembuhan jerawat dengan cepat. Jerawat bisa cepat kering dan mengelupas tanpa bekas jika Anda memakai jintan hitam sebagai masker.

Namun, membuat masker habbatussauda terbilang gampang-gampang sulit. Anda harus telaten dan bersabar. Siapkan dua sendok makan habbatussauda yang sudah ditumbuk atau dihancurkan, dan akan lebih praktis jika Anda memakai jintan hitam bubuk. Setelah itu, masukkan bahan ini ke dalam mangkuk plastik bersama dengan satu sendok madu. Aduk semua bahan hingga rata dan bertekstur seperti pasta. Oleskan masker pada permukaan kulit dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Mengatasi Radang

Sebagian besar orang yang memiliki masalah jerawat atau komedo biasanya mengalami peradangan. Peradangan di kulit wajah memiliki ciri berupa kulit yang berwarna kemerahan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai jintan hitam sebagai pengganti obat topikal. Cara ini terbilang ampuh, tetapi Anda harus sabar. Efek penggunaan jintan hitam sebagai obat tidak secepat obat kimia yang dijual di pasaran.

Baca juga:  Punya Masalah Rambut Rusak? Perawatan Hair Spa Tawarkan Beragam Manfaat untuk Anda!

Habbatussauda yang mengandung thymoquinone, konon sangat efektif untuk mengatasi peradangan kulit. Selain itu, jintan hitam juga bisa dijadikan obat ruam pada kulit akibat benturan atau bengkak. Cara mengobati luka seperti ini, Anda hanya perlu mengoleskan habbatussauda yang sudah dilarutkan dengan air di atas permukaan kulit sambil dipijat lembut.

Jintan hitam (sumber: medicalnewstoday.com)

Jintan hitam (sumber: medicalnewstoday.com)

Mengatasi Penyumbatan Pori-Pori

Pori-pori yang melebar karena usia, cenderung mudah dimasuki kotoran, sebum, dan bahan kosmetik. Pori-pori yang tersumbat biasanya akan sulit dibersihkan, apalagi jika penyumbatan berisiko komedo dan jerawat. Untuk itu, Anda bisa memakai jintan hitam sebagai bahan alami untuk membersihkan pori-pori. Habbatussauda akan membantu mengangkat kotoran membandel yang ada di bagian dalam pori-pori.

Habbatussauda memiliki sifat pembersih yang cukup baik dan bisa dipakai untuk mengangkat sel kulit mati di kulit. Untuk mempermudah proses pembersihan kulit wajah, Anda bisa mengolah jintan hitam menjadi facial scrub. Campur dua sendok makan habbatussauda bubuk dengan air mawar atau minyak zaitun. Sebaiknya Anda memilih jintan hitam yang masih digerus kasar. Setelah itu, oleskan ke seluruh kulit wajah dan gosok secara lembut selama 5 menit. Bilas dengan air hingga bersih, dan Anda akan merasakan kulit wajah yang segar dan sangat bersih.

Baca juga:  Rekomendasi Salep untuk Kulit Tangan Mengelupas, Dosis dan Kandungannya

Mencerahkan Kulit

Dilansir dari elevenia blog, jintan hitam bisa mencerahkan kulit wajah, karena memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Anda bisa menggunakan habbatussauda sebagai bahan untuk facial, masker, dan exfoliator kulit wajah. Untuk tujuan ini, jintan hitam terbilang cocok bagi Anda yang memiliki masalah kulit gelap atau kusam.

Selain itu, jintan hitam juga memiliki kemampuan untuk membantu meningkatkan kadar kolagen di dalam kulit. Semakin banyak kadar kolagen pada kulit, maka kulit wajah semakin cerah, kenyal, dan elastis.

[1] Amanulloh, Maharani & Ester Krisdayanti. 2019. Jintan Hitam sebagai Imunomodulator dan Anti Inflamasi pada Pasien Asma. Jurnal Penelitian Perawat Profesional Universitas Lampung, Vol. 1(1): 115-120.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: