Tak Cuma untuk Memasak Atau Bikin Minuman, Ini Manfaat Lain Jeruk Nipis untuk Ketiak

Ilustrasi: ketiak wanitaIlustrasi: ketiak wanita

Jeruk nipis atau yang dalam Bahasa Latin disebut Citrus aurantifolia adalah jenis tumbuhan yang masuk suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia dan Amerika Tengah, dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis bisa mencapai ketinggian 3-6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Buahnya mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Selain dapat digunakan untuk membuat minuman atau sebagai penyedap masakan, buah jeruk nipis juga menyimpan sederet manfaat lain, termasuk untuk ketiak. Berikut ulasan lengkap manfaat jeruk nipis.

Cara Mengambil Manfaat Jeruk Nipis

  • Untuk melebatkan rambut. Ambil perasan 3 butir jeruk nipis dan campurkan dengan bagian kuning dari sebutir telur ayam kampung dan aduk sampai rata. Oleskan campuran itu ke kulit kepala sambil dipijat secara merata dan biarkan selama sekitar 2 jam. Setelah itu bilas dengan air hangat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, gunakan air merang yang dibuat dari 1 ikat merang yang dibakar hingga menjadi arang (bukan abu) dan rendam dalam air hingga semalaman.
  • Mengatasi ketombe dan rambut rontok. Oleskan potongan 2 buah jeruk nipis secara merata di kulit kepala dan biarkan butir jeruknya menempel. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk atau kain dan biarkan semalaman. Bilas keesokan harinya dengan air hangat. Lakukan secara rutin 2 hari sekali hingga ketombe hilang dan tak lagi terjadi kerontokan rambut.
  • Membuat kulit kencang dan mengatasi penuaan dini. Minum segelas jeruk nipis hangat secara rutin dan hindari menggunakan air panas dalam pembuatannya agar nutrisinya tidak rusak.
  • Menurunkan berat badan. Minum segelas air jeruk nipis setiap pagi setelah sarapan.
  • Menghilangkan bau badan. Ambil sebuah jeruk nipis dan potong, tambahkan sedikit kapur sirih di atas potongan jeruk lalu oleskan pada ketiak dan biarkan sekitar 5 menit sebelum dibilas. Lakukan setiap sehabis mandi pagi dan sore.
  • Menghilangkan jerawat. Oleskan atau gosokkan potongan jeruk nipis pada kulit wajah yang berjerawat dan biarkan sekitar 5 menit sebelum dibilas. Lakukan secara rutin setiap sehabis mandi untuk mendapatkan hasil optimal dari manfaat jeruk nipis ini.[1]
Irisan jeruk nipis

Irisan jeruk nipis

Manfaat Jeruk Nipis untuk Ketiak

Tak hanya untuk mengurangi bau badan yang tidak sedap, jeruk nipis juga disebut-sebut dapat membantu mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Cara memutihkan ketiak dengan jeruk nipis pun mudah, Anda tinggal memotong buah jeruk nipis jadi beberapa bagian, kemudian airnya dioleskan ke bagian ketiak yang menghitam.Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas jeruk nipis di ketiak dengan air dingin sampai bersih. Keringkan dengan handuk lembut dan jangan lupa aplikasikan pelembap.

Baca juga:  Manfaat Berhenti Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak

Kemudian, jeruk nipis pun kabarnya dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bulu halus pada ketiak. Caranya mudah kok. Untuk menghilangkan bulu ketiak secara permanen, Anda bisa membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian gosok-gosokkan pada kulit ketiak Anda secara merata. Lakukan perawatan setiap hari sebagai pengganti deodoran untuk merasakan hasil yang maksimal.

Meskipun perawatan alami ini sepintas terlihat menjanjikan dan juga hemat, rupanya tak semua ketiak hitam dapat diatasi dengan buah jeruk nipis. Menurut ahli dermatologi yang berbasis di New York City, Michele Green mengatakan, ketiak menghitam yang disebabkan masalah medis tak bisa diatasi dengan jeruk nipis. “Kondisi medis yang bisa menyebabkan kulit menghitam seperti diabetes, obesitas, iritasi, atau infeksi tentu tak bisa diatasi dengan jeruk nipis,” ujar Green, seperti dilansir Huffpost melalui Kompas.

Baca juga:  Teksturnya Mirip Cream, Begini Cara Membuat Masker Wajah dari Susu

Selain itu, mengoleskan jeruk nipis atau lemon secara langsung ke ketiak yang hitam juga rentan menimbulkan efek samping. Ahli dermatologi dari Icahn School of Medicine Mount Sinai AS, Debra Jaliman, MD mengungkapkan bahwa jeruk nipis mengandung psoralens. Bahan alami tersebut rupanya membuat kulit Anda menjadi lebih peka terhadap paparan cahaya. Oleh sebab itu, setelah diolesi jeruk nipis kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari.

[1]Arianto, YCK. 2018. 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan. Jakarta: Venom Publisher.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: