Sejuta Manfaat Daun Singkong Jepang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun singkong jepang/daun pepaya jepang (sumber: tokotanaman.com)Daun singkong jepang/daun pepaya jepang (sumber: tokotanaman.com)

Bagi sebagian besar orang, mungkin lebih mengenal daun singkong Jepang sebagai daun pepaya Jepang. Saat ini, pepaya Jepang sedang populer di kalangan petani, karena konsumen yang semakin meningkat. Tingginya penikmat daun pepaya Jepang tidak hanya karena rasanya saja, tetapi juga manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Daun singkong Jepang atau pepaya Jepang ini memiliki rasa yang tidak terlalu pahit, tidak seperti daun pepaya pada umumnya. Selain itu, rasanya juga tidak terlalu langu dan sepet, karena getah pada daun singkong Jepang tidak terlalu banyak. Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat di balik kelezatan daun singkong Jepang, berikut ulasannya.

Mencegah Kanker

Daun singkong Jepang memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu melindungi sel-sel dalam tubuh dari zat radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh. Sel dan jaringan tubuh yang rusak karena zat radikal bebas bisa bermutasi menjadi sel kanker. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi daun singkong Jepang.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mengolah daun singkong Jepang menjadi beraneka ragam masakan, mulai dari asinan, sayur pecel, lalapan, atau kuah sayur. Meskipun begitu, akan lebih sehat jika Anda merebusnya dengan bumbu yang sederhana, seperti merica dan garam. Karena, makanan bersantan dan berlemak kurang baik untuk kesehatan.

Perlu diingat, daun singkong Jepang yang memiliki banyak manfaat, tidak memiliki efek yang baik untuk tubuh jika Anda salah dalam mengolahnya. Bisa jadi malah membuat kesehatan Anda semakin memburuk. Ada baiknya Anda memperhatikan cara mengolah daun singkong Jepang yang benar.

Ilustrasi: sel kanker (sumber: newatlas.com)

Ilustrasi: sel kanker (sumber: newatlas.com)

Memelihara Kesehatan Mata

Untuk anak-anak di usia pertumbuhan, mungkin jarang memiliki gangguan mata, seperti rabun jauh atau dekat. Nah, untuk memelihara kesehatan mata mereka agar tidak terkena gangguan seperti itu, Anda bisa menambahkan menu daun singkong Jepang untuk anak-anak. Daun singkong ini memiliki kandungan vitamin A dan mineral yang baik untuk merawat kesehatan mata.

Baca juga:  Manfaat Lulur Purbasari Untuk Wajah Berminyak

Kandungan vitamin A pada daun singkong Jepang juga baik untuk mengatasi rabun jauh atau rabun dekat. Anda bisa mengonsumsi daun singkong Jepang setiap hari dengan jumlah porsi secukupnya untuk mengobati gangguan pada mata. Anda bahkan bisa menjadikannya jus agar nutrisinya cepat diserap oleh tubuh.

Karena rasanya yang tidak terlalu pahit, Anda tidak akan merasa mual ketika meminum jus tersebut. Jika rasanya masih terlalu pahit di lidah, atau bagi Anda yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap rasa, Anda bisa menambahkan madu dan perasan jeruk lemon di dalam jus tersebut.

Mengatasi Sembelit

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit karena susah BAB, Anda bisa mengonsumsi sayur daun singkong Jepang. Daun singkong Jepang memiliki kandungan serat tinggi yang dapat melancarkan sistem pencernaan Anda. Kandungan serat tersebut tidak hanya melancarkan BAB, tetapi juga mencegah gangguan pencernaan.

Baca juga:  Selain Acne Lotion & Gel, Acnol Ternyata Punya Produk Facial Wash

Serat yang cukup pada daun singkong yang Anda konsumsi saat tidak sembelit akan membantu mencegah penyakit tersebut. Namun, untuk mengonsumsi daun singkong Jepang, Anda harus mengolahnya dengan tepat. Sebaiknya, Anda memasak daun singkong Jepang dengan menu makanan berkuah dan tidak pedas.

Daun singkong jepang/daun pepaya jepang (sumber: tokopedia)

Daun singkong jepang/daun pepaya jepang (sumber: tokopedia)

Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri di bagian perut saat haid adalah hal yang wajar karena hampir semua wanita mengalaminya. Untuk mengatasinya, para wanita kerap mengonsumsi obat-obatan tertentu. Meskipun begitu, sebaiknya Anda mengonsumsi bahan alami saja. Hal ini karena bahan alami tidak memiliki efek samping seperti obat-obatan kimia. Nah, salah satu bahan alami yang mudah ditemui, yaitu daun singkong Jepang.

Daun ini mengandung anti-inflamasi yang membantu meringankan dan menghilangkan rasa nyeri akibat haid. Anda bisa mengonsumsi daun singkong Jepang saat menjelang menstruasi atau saat nyeri haid datang. Untuk mengonsumsinya, sebaiknya Anda mengolahnya dalam bentuk sayur. Konsumsilah selagi hangat, maka nyeri haid Anda akan hilang.

Menghaluskan Kulit

Bagi Anda yang memiliki keluhan kulit kasar dan kering, Anda bisa menggunakan masker daun singkong Jepang. Daun singkong Jepang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa membuat kulit lebih halus dan lembut. Kandungan nutrisinya akan menghidrasi kulit yang kering dan kasar.

Untuk membuat masker daun singkong Jepang, tidak sulit. Anda hanya perlu menumbuk 3 hingga 5 helai daun dan mencampurnya dengan sedikit madu. Setelah semua bahan tercampur, aplikasikan pada permukaan kulit wajah Anda. Tunggu selama 15 menit agar nutrisi menyerap dengan baik, dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Ilustrasi: wanita memakai masker kulit (sumber: yellowpages.com)

Ilustrasi: wanita memakai masker kulit (sumber: yellowpages.com)

Mengatasi Jerawat

Selain dapat menghaluskan kulit, Anda juga bisa menggunakan masker daun singkong Jepang untuk mengatasi jerawat. Kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri pada daun singkong Jepang ini diklaim dapat membunuh bakteri dan virus penyebab jerawat, serta menyembuhkan luka pada jerawat.

Baca juga:  Paket Skincare Fladerma yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Setelah menggunakan masker daun singkong Jepang, biasanya jerawat akan mengering dan menyisakan bekasnya. Masker daun singkong Jepang ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Hal ini karena kandungan vitamin C pada daun akan membantu proses regenerasi sel pada kulit dengan baik.

Masker daun singkong Jepang sendiri tidak hanya bisa digunakan di wajah. Anda pun bisa mengaplikasikannya di tubuh untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit, seperti jerawat dan kulit kering. Seperti diketahui, jerawat tidak hanya muncul di wajah, ada beberapa bagian tubuh yang mudah berjerawat, seperti kulit punggung dan leher.

Itulah beberapa manfaat daun singkong Jepang yang juga dikenal sebagai daun pepaya Jepang. Untuk mendapatkan daun singkong Jepang tidaklah sulit. Anda bisa menemukannya di tukang sayur atau petaninya secara langsung. Bahkan, Anda bisa menanamnya sendiri di rumah dengan cara sederhana yang mudah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: