Mudah Didapat, Ini 5 Manfaat Daun Kemangi untuk Wanita

manfaat daun kemangi untuk wanita sumber: shutterstock.com

Beberapa manfaat daun kemangi untuk wanita memang jarang diketahui. Orang-orang hanya familiar kalau kemangi digunakan sebagai pengharum saat kita makan. Contohnya, kita sering menjumpai kemangi di lalapan pecel lele. Sebagai pewangi agar bau amis tidak begitu kentara.

Juga, biasa digunakan untuk dimasak dengan bahan-bahannya langsung. Intinya, kemangi bermanfaat untuk mengharumkan masakan, atau menghindari bau amis. Nah, taukah kamu manfaat daun kemangi untuk wanita? Beberapa kandungan zat dalam kemangi ternyata berkhasiat lho untuk kewanitaan.

Berikut adalah lima manfaat daun kemangi untuk wanita yang tentunya dapat membantu kamu menyehatkan dan menyuburkan diri sebagai wanita. Yuk, kita mulai simak ulasannya.

1. Meminimalisir datangnya stress atau beban pikiran

meringankan beban stress

sumber: shutterstock

Wajar bagi kita sebagai manusia dihadapkan dengan beban pikiran berlebih, atau stress. Pikiran dibebani dengan berbagai macam argumen di otak kita sendiri. Penuh penghakiman dan pelarian tanggungjawab. Sebentar, sebelum jauh membahas stress, kita cari tau manfaat daun kemangi untuk wanita.

Baca juga:  Cara Diet Alami dan Sehat Saat Puasa

Sebenarnya bukan wanita saja, tetapi laki-laki juga bisa memanfaatkan kemangi ini. Ada kandungan zat dalam daun kemangi yang membantu meringankan beban stress, atau mencegahnya. Zat tersebut mampu memunculkan rasa tenang karena tubuh dapat beradaptasi dengan hormon stress.

2. Membantu agar luka luar cepat sembuh

menyembuhkan luka

sumber: hellosehat.com

Penyembuhan luka yang dimaksud di sini adalah luka luar, bukan luka dalam, apalagi luka di lubuk hati. Ada kandungan zat dalam daun kemangi yang bermanfaat sebagai antijamur dan antivirus. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka di kulit kita.

Selain mempercepat proses penyembuhan, daun kemangi juga membantu mencegah adanya infeksi. Namun sayangnya, belum banyak penelitian yang membahas tentang penyembuhan luka ini. Sebab, masih banyak basis penelitian hanya pada hewan, sedangkan pada manusia belum terlalu dalam.

3. Bersifat antikanker dan antiradang

antiradang

sumber: hellosehat.com

Lagi-lagi, kita bicara tentang manfaat daun kemangi untuk wanita, tetapi juga bisa bermanfaat buat pria. Daun kemangi bersifat antikanker dan antiradang. Hal ini disebabkan karena daun kemangi mengandung antioksidan. Dan, antioksidan berperan penting sebagai antikanker dan juga antiradang.

Baca juga:  Rangkaian Produk Garnier Untuk Kulit Kering, Mulai Dari Pelembap Hingga Masker

Namun sama halnya dengan poin kedua, yakni pada penyembuhan luka, manfaat daun kemangi sebagai antikanker dan antiradang juga belum banyak penelitiannya. Baru sebatas penelitian di laboratorium. Untuk pemanfaatan sebagai obat, tentu masih butuh penelitian yang lebih mendalam lagi.

4. Membantu melancarkan pencernaan lambung

menyehatkan pencernaan

sumber: regopantes.com

Kalau yang satu ini, memang sudah ada penelitiannya. Terbukti bahwa daun kemangi mampu melancarkan sistem pencernaan di usus dan lambung. Dengan begitu, usus dan lambung kita jadi lebih sehat. Sebab, daun kemangi mampu mencegah terjadinya luka pada lambung kita.

Selain mencegah terjadinya luka, daun kemangi juga berperan sebagai penurun asam lambung. Jadi, buat yang kebiasaan asam lambung naik, daun kemangi bisa jadi penawarnya. Selain itu, daun kemangi juga berfungsi untuk melindungi dinding lambung karena mampu memperbesar lapisan lendir di lambung.

Baca juga:  Sembuhkan Jerawat Membandel dengan Si Mungil Sariayu Intensive Acne Care

5. Membantu menghilangkan jerawat

menghilangkan jerawat

sumber: doktersehat.com

Masalah yang sering dialami oleh wanita dan menjadi masalah serius bagi mereka, mungkin juga kamu. Sebab, jika wajah sudah ada jerawat, kadang wanita merasa tidak percaya diri dengan penampilannya, meskipun sudah dandang maksimal namun tetap saja insecure.

Kamu bisa mencoba daun kemangi untuk membantu menghilangkan jerawat di wajah. Caranya dengan memanfaatkan minyak daun kemangi dengan campuran asam asetat, asam salisilat, atau ekstrak jeruk untuk hasil yang lebih maksimal. Hal ini sudah diteliti, terbukti kalau minyak daun kemangi mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Itulah beberapa manfaat daun kemangi untuk wanita. Ternyata banyak juga ya, dan kita tentu banyak yang belum tau. Karenanya, sekarang mulai manfaatkan yang ada di sekitar untuk menjaga kesehatan. Mudah kok, yuk!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: