Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan Kulit & Wajah

Daun bidara (sumber: feedipedia.org)Daun bidara (sumber: feedipedia.org)

Bidara sejak lama dikenal sebagai tanaman yang menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Tak heran jika kemudian tanaman satu ini banyak dibudidayakan di Indonesia dan diolah menjadi berbagai macam produk. Selain untuk kesehatan, ternyata bidara pun disebut-sebut menyimpan manfaat untuk kecantikan kulit dan wajah. Mau tahu? Simak ulasannya berikut!

Dilansir Wikipedia, bidara atau widara (Ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Dalam Bahasa Inggris, bidara juga dikenal dengan sebutan Jujube, Indian Jujube, Indian plum, Chinese Apple, hingga Jujubier dalam Bahasa Perancis.

Bidara diperkirakan memiliki asal-usul dari Asia Tengah, dan menyebar secara alami di wilayah yang luas mulai dari Aljazair, Tunisia, Libia, Mesir, Uganda dan Kenya di Afrika; Afganistan, Pakistan, India utara, Nepal, Bangladesh, Tiongkok selatan, Vietnam, Thailand, Semenanjung Malaya, Indonesia, hingga Australia. Saat ini bidara telah ditanam di banyak negara di Afrika, dan juga di Madagaskar. Akan tetapi, yang mengembangkan bidara secara komersial hanya India, China, dan sedikit di Thailand.Hampir setiap bagian dari bidara bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Baca juga:  Varian Produk dan Cara Memakai Cream KLT untuk Manfaat Optimal

Komponen Pohon Bidara dan Kegunaannya

  • Buah bidara dari kultivar unggul dapat dimakan dalam keadaan segar atau diperas menjadi minuman penyegar, juga dikeringkan atau dibuat manisan. Buah yang belum matang sering dimakan pakai garam. Pernah dilaporkan bahwa buah bidara juga direbus dan menghasilkan sirup.
  • Daun muda bidara bisa diolah sebagai sayuran, daun-daunnya dapat pula dijadikan pakan.
  • Kulit kayu bidara dan juga buahnya menghasilkan bahan pewarna. Kayunya berwarna kemerahan, bertekstur halus, keras, dan tahan lama, dan digunakan sebagai kayu bubut, alat rumah tangga, dan alat-alat lain.[1]

Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan

Daun bidara (flickr: SierraSunrise)

Daun bidara (flickr: SierraSunrise)

  • Melembapkan kulit tubuh dan wajah Anda. Dalam daun bidara dikenal mengandung lemak dan mineral yang berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit kering. Anda bisa memanfaatkan daun bidara sebagai masker. Caranya, Anda dapat menghancurkan daun bidara sampai halus, lalu tambahkan air sampai teksturnya mengental layaknya masker, dan oleskan pada kulit yang kering. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas.
  • Mengatasi jerawat. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi dalam daun bidara dipercaya ampuh menyembuhkan jerawat. Apabila Anda sedang berjerawat, Anda bisa menggunakan masker daun bidara atau merebus daunnya untuk kemudian dimanfaatkan sebagai toner wajah.
  • Mencerahkan kulit. Jika kulit Anda kusam atau memiliki noda-noda bekas jerawat, Anda dapat memanfaatkan daun bidara untuk meratakan warna kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya disebut-sebut mampu melawan radikal bebas serta mencegah kerusakan sel.
  • Menenangkan kulit yang sedang meradang. Jika Anda sedang mengalami iritasi kulit, Anda bisa menjajal daun bidara yang sudah dihaluskan untuk dioleskan ke area yang meradang. Daun bidara memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat melawan bakteri penyebab iritasi.
  • Meremajakan kulit. Jika Anda sudah mulai memasuki usia kepala 3, tak ada salahnya mulai sadar akan tanda-tanda penuaan dini dengan merawat wajah menggunakan daun bidara yang alami. Anda bisa mencoba masker dari daun bidara atau mencuci wajah dengan air rendaman daun bidara. Daun satu ini dikenal bisa membantu proses regenerasi sel kulit untuk meminimalisir kerut, kering, kusam, dan garis-garis halus di wajah.
  • Mencegah dampak buruk sinar UV. Paparan sinar UV diketahui dapat membuat kulit menggelap, kering, kusam, dan bahkan mempercepat penuaan dini. Daun bidara mengandung nutrisi dan flavonoid yang bersifat anti-mikroba untuk melawan radikal bebas serta mencegah kanker.
  • Membersihkan kulit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, senyawa dalam daun bidara bersifat antiseptik, sehingga bisa membantu membersihkan kulit dari kotoran. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa memakai air rebusan daun bidara untuk mencuci muka atau kulit tubuh lainnya.
Baca juga:  Bedak Latulip No 6, Produk La Tulipe yang Cocok untuk Anda dengan Tone Kulit Pink

Meskipun punya segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, Anda sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan daun bidara. Pasalnya, efek yang dirasakan setiap orang bisa saja berbeda-beda. Jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu zat atau kandungan dalam daun bidara, sebaiknya urungkan niat untuk mencoba atau lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

[1] Fattah, MHA. 2016. Mukjizat Herbal Dalam Al Quran Vol 1. Jakarta: Mirqat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: