5 Manfaat dan Kegunaan Madu Untuk Kecantikan

Madu murni (sumber: remediesforme.com)Madu murni (sumber: remediesforme.com)

Bagi seorang wanita tampaknya memiliki kulit wajah indah merupakan salah satu kriteria cantik saat ini dan menjadi dambaan. Ada banyak sekali bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membuat kulit wajah jadi lebih indah dan salah satunya yaitu menggunakan madu. Menurut seorang ahli dermatologis, madu sangat baik untuk meningkatkan kecantikan dan perawatan kulit dilihat dari manfaat serta kegunaannya.

Masker untuk Melembabkan Wajah

Ada banyak sekali manfaat dan kegunaan madu untuk meningkatkan kecantikan Anda secara alami, salah satunya yaitu sebagai masker wajah. Masker wajah dengan bahan alami madu tampaknya sudah tidak asing, madu sendiri memiliki beberapa efek yang sangat bermanfaat untuk wajah.

Ada beberapa kandungan nutrisi dan zat yang terkandung dalam madu dan dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Tidak hanya menjaga kesehatan tetapi juga merawat kulit. Untuk membuat masker madu caranya sangat sederhana dan terbilang cukup murah karena Anda bisa menggunakan berbagai jenis madu. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker madu yaitu dengan menyiapkan mangkok dan kuas masker.

Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda menggunakan air dan sabun wajah. Langkah selanjutnya, Anda tinggal mengoleskan madu di wajah hingga merata dan biarkan selama 15-30 menit. Langkah terakhir, Anda bisa membilas masker madu Anda. Dan selain dapat melembabkan kulit, masker madu juga dapat menutrisi kulit serta mencerahkan kulit secara alami.

Eksfoliasi untuk Wajah

Madu tidak selamanya berbentuk cair ataupun kental, seiring waktu madu juga dapat mengkristal dan menghasilkan butiran-butiran kecil yang lembut menyerupai scrub. Berbeda dengan scrub berbahan kimia, scrub berbahan madu lebih aman dan tidak menimbulkan luka pada wajah. selain itu, butiran-butiran scrub dari madu akan mudah terserap nutrisinya karena butiran tersebut akan mencair sesaat setelah terkena kulit Anda.

Ilustrasi: bahan untuk membuat scrub madu (sumber: tuulia.co)

Ilustrasi: bahan untuk membuat scrub madu (sumber: tuulia.co)

Menggunakan scrub madu untuk mengeksfoliasi kulit wajah dapat mengangkat sel-sel kulit mati, selain itu berbeda dengan scrub pada umumnya yang dapat membuat kulit kering. Jika Anda menggunakan scrub madu, kulit wajah Anda akan terasa lebih lembap. Cara membuat scrub dari madu juga sederhana dan mudah.

Langkah pertama, Anda bisa menyiapkan 1-2 sendok makan madu. Setelah itu diamkan beberapa saat sembari Anda membersihkan wajah dengan sabun. Mulailah mengoleskan madu menggunakan tangan dan secara perlahan gosokkan madu menggunakan tangan layaknya Anda menggunakan scrub. Anda bisa mulai membilasnya menggunakan air hangat ataupun air bersih biasa hingga bersih. 

Mengatasi Jerawat

Bagi Anda yang ingin mengatasi jerawat secara alami tanpa efek samping, Anda bisa menggunakan madu. Selain karena kandungan vitamin dan beberapa nutrisi pada madu, madu juga mengandung zat anti-bakteri. Zat ini sangat bermanfaat untuk merawat dan melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat. 

Cara mengatasi dan merawat kulit berjerawat menggunakan madu juga cukup sederhana, Anda bisa menggunakan madu sebagai salah satu bahan campuran masker alami. Agar masker madu dapat bekerja secara maksimal untuk mengatasi jerawat, Anda juga bisa menambahkan air perasan jeruk lemon.

Menurut seorang ahli dermatologis juga mengungkapkan bahwa selain dapat mengatasi jerawat, madu juga dapat mengontrol kandungan minyak berlebih pada wajah. Dan madu juga mengandung anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan pada jerawat. 

Obat Luka pada Wajah

Salah satu kegunaan madu yang mungkin tidak familiar bagi sebagian besar orang yaitu dapat menyembuhkan luka di wajah. Bisa dikatakan bahwa luka di bagian wajah merupakan salah satu permasalahan serius karena dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang dan mengganggu penampilan. Ada beberapa cara untuk mengatasi luka di wajah, sebagian besar menggunakan bahan kimia. Namun, bagi Anda yang ingin mengatasi luka di wajah menggunakan cara alami maka Anda bisa menggunakan madu.

Ilustrasi: mengoleskan madu untuk luka di wajah (sumber: health.com)

Ilustrasi: mengoleskan madu untuk luka di wajah (sumber: health.com)

Caranya sangat sederhana dan mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu secukupnya pada bagian kulit wajah yang terluka. Madu sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu obat luka karena memiliki zat antiseptik dan anti-inflamasi. Kedua zat ini sangat berperan penting dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Selain dapat mengobati, madu juga dapat mengurangi rasa sakit di bagian kulit Anda yang terluka.

Sayangnya tidak semua madu dapat digunakan sebagai obat luka di wajah, pastikan Anda menggunakan madu alami original tanpa ada campuran gula atau air di dalamnya. Selain madu murni, Anda tidak bisa menggunakan madu selai atau madu untuk minuman.

Pelembab Bibir

Selain dapat digunakan sebagai bahan masker pelembap wajah, madu juga sangat bermanfaat untuk melembabkan bibir. Bagi Anda yang memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah maka Anda bisa mencoba cara alami ini. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah menggunakan madu yaitu dengan menyiapkan madu tanpa kandungan gula dan air tambahan terlebih dahulu.

Setelah itu, oleskan madu pada bibir Anda setiap 2 jam sekali. Selain melembabkan bibir, madu juga memiliki beberapa manfaat seperti mencegah bibir kering, mengontrol kelembapan bibir, dan membuat bibir tampak lebih cerah.

Jika Anda ingin membuat pelembab bibir lebih efektif dan bisa digunakan kapanpun, Anda bisa membuat lip balm dari madu. Caranya sangat mudah, Anda hanya memerlukan 2 bahan penting yaitu madu dan petroleum atau Anda bisa menggunakan madu dan Vaseline. Campurkan kedua bahan menjadi satu dan padatkan dalam wadah berbentuk lipstik.

Itulah berbagai macam manfaat serta kegunaan madu untuk meningkatkan kecantikan Anda, hasil dari setiap kegunaan madu di atas mungkin akan berbeda-beda bagi setiap orang tergantung dari jenis kulit masing-masing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: