Manfaat dan Cara Tepat Melakukan Flossing untuk Kesehatan Gigi

Ilustrasi: wanita melakukan flossing gigiIlustrasi: wanita melakukan flossing gigi

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin belum terlalu mengenal metode pembersihan gigi secara flossing. Kebanyakan lebih familiar dengan sikat gigi sebagai alat pembersih gigi. Ini memang wajar, mengingat penggunaan sikat gigi yang praktis dan lebih mudah dijumpai. Meskipun begitu, penting juga membersihkan gigi dengan cara flossing untuk memelihara kesehatan gigi agar tidak mudah patah.

Apa Itu Flossing? Apa Manfaatnya?

Setelah menyikat gigi Anda, ada baiknya Anda bercermin untuk memastikan tidak ada kotoran yang masih menempel pada gigi. Ketika melihat gigi di cermin, tak jarang orang masih menjumpai ada plak atau kotoran menempel di sela-sela gigi paling ujung. Ini adalah hal yang wajar, karena sikat gigi tidak dapat menjangkau keseluruhan bagian gigi Anda dalam sekali gosok.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan flossing. Flossing sendiri adalah salah satu metode untuk membersihkan sela-sela gigi hingga bagian terdalam menggunakan benang. Anda bisa menggunakan benang khusus untuk fossing setelah menyikat gigi Anda. Dengan begini, tidak ada kotoran atau plak yang menempel. Gigi juga akan terlihat lebih bersih dan putih. Beberapa jenis produk benang gigi ada yang mengandung pemutih gigi, ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi gigi yang menguning.

Menurut American Dental Association (ADA), flossing merupakan bagian integral dari rutinitas menjaga kesehatan gigi dan dapat mencegah gigi berlubang, penyakit gusi, serta plak. Seorang dokter gigi dari Texas bernama Ana Paula Ferraz-Dougherty mengatakan, setidaknya Anda perlu melakukan flossing sehari sekai setelah menyikat gigi selama dua menit menggunakan pasta gigi berfluoride. Ini bertujuan untuk membersihkan bakteri dan plak di antara gigi Anda yang sebelumnya tidak dapat dijangkau sikat gigi.

Baca juga:  Rahasia Panjang Umur Oleh Para "Super Agers"
Ilustrasi: wanita melakukan flossing gigi

Ilustrasi: wanita melakukan flossing gigi

Jika flossing setidaknya harus dilakukan sekali dalam sehari, Anda juga perlu mengetahui bahwa menyikat gigi menggunakan sikat dan pasta gigi harus dilakukan setidaknya dua kali sehari. Ini adalah kegiatan wajib untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi Anda. Jika Anda tidak melakukan pembersihan gigi dengan baik, gigi akan mudah rusak. Apalagi jika Anda suka dengan makanan asam atau manis.

Makanan manis dapat meninggalkan plak pada gigi, dan plak ini akan merusak email gigi atau bagian terluar dari gigi. Jika Anda tidak membersihkan plak pada gigi, tidak hanya bakteri saja yang bersarang, gigi akan mudah keropos dan dapat menimbulkan infeksi pada gusi. Banyak orang mengalami sakit gigi, seperti gigi berlubang atau keropos akibat kurang tepat membersihkan gigi. Ada baiknya juga Anda menyikat gigi di malam hari sebelum tidur untuk mencegah penumpukan bakteri.

Menggunakan flossing tentunya tidak bisa sembarangan, Anda juga perlu tahu cara yang benar untuk melakukannya. Jika Anda menggunakan flossing secara sembarangan, gigi tidak akan bersih. Beberapa orang bahkan mengalami luka pada gusi ketika flossing karena mereka tidak memperhatikan langkah yang tepat.

Baca juga:  Teknik Membersihkan Wajah Berlapis (Double/Triple Cleansing)

Cara Flossing yang Tepat dan Mudah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, siapkan sikat gigi dan pasta gigi terlebih dahulu. Sikatlah gigi Anda menggunakan sikat gigi dan pasta gigi, setelah itu bilas hingga bersih. Menyikat gigi pun tidak bisa sembarangan. Untuk gigi bagian depan, Anda bisa menyikatnya searah. Sikatlah dari atas ke bawah untuk membersihkan kotoran di gigi bagian depan. Ini berbeda jika Anda menyikat gigi bagian samping. Sikatlah gigi dengan cara memutar membentuk huruf  “O” hingga bagian geraham.

Jika Anda sudah selesai menyikat, langkah selanjutnya adalah mengukur benang gigi yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu memotong benang gigi terlalu panjang, potong benang gigi sepanjang satu jengkal tangan Anda. Setelah itu, mulailah flossing untuk gigi pada bagian depan terlebih dahulu. Anda bisa memasukkan benang di antara sela-sela gigi Anda, dan secara perlahan gerakkan benang secara maju dan mundur.

Ilustrasi: anak melakukan flossing gigi

Ilustrasi: anak melakukan flossing gigi

Lakukan hal tersebut ke semua gigi Anda. Jika benang sudah cukup kotor, Anda bisa mengganti dengan benang yang baru. Namun, langkah tersebut tentunya belum selesai. “Anda tidak bisa hanya memasukkan benang pada sela-sela setiap gigi saja,” kata Alice Boghosian, seorang profesor kedokteran gigi restoratif  di Universitas Illinois.

Untuk memastikan tidak ada plak atau kotoran yang tertinggal, Anda perlu menggunakan benang gigi berikutnya dan meletakkan benang di antara dua gigi dengan bentuk melengkung. Bentuk lengkungan tersebut harus disamakan dengan bentuk dan ukuran tiap gigi Anda. Dalam beberapa kali, Anda perlu menggerakkannya maju, mundur, ke atas, dan ke bawah. Ini dilakukan hingga gigi terasa seperti berdecit. Itu adalah pertanda bahwa gigi Anda sudah benar-benar bersih.

Baca juga:  Makanan Dengan Kandungan Antioksidan Yang Dapat Menangkal Radikal Bebas

Perlu Anda ketahui juga, tujuan flossing bukan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Anda tidak bisa melakukan flossing setelah makan, tetapi Anda harus menyikat gigi Anda terlebih dahulu setelah makan untuk melakukan flossing. Hal ini karena flossing hanya ditujukan untuk menghapus plak dari bawah garis gusi yang ada di antara gigi Anda.

Boghosian juga menjelaskan bahwa ada baiknya Anda memilih benang gigi yang tidak terlalu tajam dan keras untuk flossing. Beberapa produk benang gigi sepertinya dapat membuat gigi dan gusi terasa ngilu, ini karena benang terlalu kaku dan sedikit tajam. Anda juga perlu berlatih dengan perlahan dan berhati-hati jika Anda baru melakukan flossing untuk pertama kalinya.

Produk benang gigi untuk flossing, saat ini tidak sulit untuk didapatkan. Anda bisa membelinya di apotek, toko alat kesehatan, pusat perbelanjaan, atau secara online. Mungkin akan mudah dan praktis jika Anda membelinya secara online.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: