Manfaat dan Cara Membuat Teh Daun Sukun untuk Kesehatan

Ilustrasi: minuman teh (sumber: eatthis.com) Ilustrasi: minuman teh (sumber: eatthis.com)

Masyarakat Indonesia sebagian besar sudah mengenal tanaman sukun. Sukun kerap diolah bagian buahnya menjadi aneka makanan yang lezat. Selain buah, daun sukun juga bisa diolah sebagai teh dengan cara yang mudah. Konsumsi teh daun sukun kabarnya menyimpan banyak manfaat.

Sukun (Artocarpus altilis) adalahtanaman yang termasuk dalam family Moraceae. Buah sukun banyak dimanfaatkan sebagai makanan. Kandungan dari buah sukun yaitu protein, vitamin, kalsium, magnesium, kalium,tembaga, zat besi, thiamin, dan senyawa fenolik. Buah sukun dapat digunakan sebagai sumber makanan alternatif, sementara itu, daun sukun juga banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyakit hipertensi dan jantung.[1]

Daun sukun berukuran sangat lebar, bercangap menjari, dan berbulu kasar. Daunnya tunggal berseling, lonjong, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi bertoreh, panjang 50-70 cm, lebar 25-50 cm, pertulangan menyirip tebal, dan permukaan kasar.[2]

Daun sukun memiliki banyak kandungan antioksidan seperti flavonoid, xanthone, triterpenoid, danstilbene. Dari beberapa antioksidan di atas, antioksidan yang paling banyak diteliti adalah flavonoid yang memunyai aktivitas anti-inflamasi. Selain aktivitas anti-inflamasi, efek lain yang ditemukan, yaitu efek antikanker, antiplatelet, dan antisklerotik.[3] Berikut rincian kandungan nutrisi di dalam daun sukun.

Baca juga:  Sulit Cari Alkohol? Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol

Kandungan Nutrisi Daun Sukun

  • Energi: 119 kkal
  • Karbohidrat: 28,1 g
  • Protein: 1,4 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Zat Besi: 1,4 mg
  • Kalsium: 24 mg
  • Fosfor: 44 mg
  • Vitamin A: 0 IU
  • Vitamin B1: 0,17 mg
  • Vitamin C: 52 mg

Selain zat-zat tersebut, daun sukun juga kabarnya mengandung kalium, asam amino esensial, riboflavin (vitamin B2), tannin, hidrosianat, polifenol, asteilcolin, dan antioksidan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat teh daun sukun diklaim menawarkan beragam khasiat yang baik untuk kesehatan seperti berikut.

Daun sukun (flickr: Anne Elliott)

Daun sukun (flickr: Anne Elliott)

Manfaat Teh Daun Sukun

  • Mengatasi asam urat
  • Mencegah penyakit jantung
  • Baik untuk penderita penyakit diabetes
  • Menyehatkan ginjal
  • Mengatasi hipertensi
  • Mengontrol kolesterol
  • Mencegah inflamasi
  • Mengobati maag
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Mencegah kanker

Hebatnya lagi, daun sukun tidak membahayakan organ lain di dalam tubuh. Hasil penelitian Fita Dwi Amira dari Departemen Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia menunjukkan bahwa ekstrak daun sukun yang terdiri dari flavonoid 30% tidak menyebabkan keracunan dalam tubuh.

Baca juga:  Aspirin Bisa Atasi Preeklampsia pada Ibu Hamil?

Mungkin banyak masyarakat belum mengetahui bahwa daun sukun dipercaya berperan sebagai antimikroba. Daun sukun diketahui mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan jamur Candida albicans. Hal ini dimungkinkan karena adanya kandungan flavonoid, saponin, dan tanin dalam daun sukun.[4]

Air rebusan daun sukun yang rutin diminum mampu menyembuhkan disfungsi ginjal yang disebabkan endapan batu ginjal, pembesaran prostat, kencing manis, darah tinggi, atau penyakit imunologi. Agar khasiatnya maksimal, daun sukun harus dipilih yang berwarna hijau mencolok, sebab kandungan klorofil atau zat hijau daun sukun itulah yang memberi manfaat bagi kesehatan.[5] Apabila Anda masih bingung, simak cara membuat teh daun sukun berikut ini!

Ilustrasi: minuman teh (sumber: verywellfit.com)

Ilustrasi: minuman teh (sumber: verywellfit.com)

Cara Membuat Teh Daun Sukun

  1. Ambil beberapa lembar daun sukun yang sudah tua dan terlihat bagus.
  2. Bersihkan daun tersebut dengan air mengalir dan keringkan.
  3. Rebus daun sukun dengan 5 gelar air.
  4. Didihkan air sampai hanya tersisa setengahnya.
  5. Apabila air rebusan sudah berkurang, rebus lagi daun sukun sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih, tuang dalam gelas dan diamkan sampai teh hangat, lalu minum.
Baca juga:  Alternatif Pengganti Nasi, Begini Cara Memasak Beras Sorgum

Anda juga bisa meminum teh daun sukun ketika sudah benar-benar dingin. Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda dapat mengonsumsi 1 cangkir teh daun sukun setiap hari. Sedangkan untuk pengobatan, dapat diminum dengan dosis 1 cangkir teh daun sukun setiap pagi dan sore hari secara teratur.

[1]Frizani, NA & Ika PM. 2018. Pengaruh Ekstrak Daun Sukun (Artocarpus Altilis) terhadap Gambaran Fibrosis Hepar Tikus Wistar yang Diinduksi Dietilnitrosamin. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 7(2): 1072-1080.

[2]Winarno, B &Wisnuwati. 2020. Pembuatan Makanan Dan Minuman Herbal Yang Menyehatkan. Yogyakarta: Deepublish, hlm 64.

[3]Frizani, NA & Ika PM. Op. cit.

[4]Utami, P &Desty EP. 2013. The Miracle of Herbs. Yunita I, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 77.

[5]Gardjito, M dkk. 2013. Pangan Nusantara: Karakteristik dan Prospek Untuk Percepatan Diversifikasi Pangan. Jakarta: Kencana, hlm 354.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*