Manfaat dan Cara Membuat Manisan Lidah Buaya

Aneka Manisan - (Sumber: rawfoodartist.com) Aneka Manisan - (Sumber: rawfoodartist.com)

Jika mendengar istilah tanaman lidah buaya, atau yang memiliki nama latin Aloe vera pastinya identik sebagai tanaman penyubur rambut atau kerap digunakan untuk perawatan tubuh dan kulit lainnya. Memiliki ciri khas warna hijau dan memiliki tekstur halus, lembut dan kenyal dengan warna bening, nyatanya tanaman lidah buaya ini juga dapat dijadikan bahan untuk membuat makanan yang enak.

Meskipun lidah buaya dapat dikatakan memiliki bau yang khas atau cenderung kepada bau yang tidak enak, ternyata dapat diolah menjadi sebuah sajian yang enak, yaitu manisan lidah buaya. Bagi sebagian orang yang belum pernah mengenali manisan ini mungkin akan terasa aneh, namun makanan ini telah banyak tersedia di berbagai pusat perbelanjaan, dan diketahui sebagai oleh-oleh khas suatu kota di Pulau Kalimantan, yaitu tepatnya Pontianak.

Lidah Buaya - (Sumber: familinia.com)

Lidah Buaya – (Sumber: familinia.com)


Namun bagi Anda yang tinggal di daerah yang belum dapat menemukan jenis manisan lidah buaya ini, tidak perlu khawatir karena Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah bahan dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:
1 kilogram lidah buaya segar yang telah dikupas.
500 gram gula pasir.
5 gram garam.
10 gram asa sitrat.
3% Na benzoat dari jumlah air yang diperlukan dalam sirup.
Essence pandan.
Air secukupnya.

Langkah pembuatan manisan lidah buaya:

  • Siapkan bahan yang diperlukan untuk membuat manisan lidah buaya.
  • Kupas lidah buaya hingga menghasilkan daging yang bersih, kemudian potong dadu dengan ukuran 1 cm.
  • Bersihkan daging lidah buaya sampai kandungan lendirnya berkurang.
  • Rebus daging lidah buaya dalam air mendidih, sekitar 10 menit.
  • Setelah mendidih, angkat dan segera masukkan daging lidah buaya ke dalam air dingin, agar mencegah pemanasan berlanjut.
  • Tiriskan daging lidah buaya dan siap untuk dilakukan pemanisan.
  • Buatlah larutan gula dengan konsentrasi 20%, tambahkan Na benzoat saat larutan hangat.
  • Masukkan daging lidah buaya ke dalam larutan tersebut dan lakukan pasteurisasi selama 10 menit.
  • Masukkan manisan lidah buaya ke dalam wadah saji dan tambahkan es batu.

Melalui beberapa riset, lidah buaya ini memiliki 11 kandungan penting yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah, enzim, hormon, mineral, sterol, asam amino, antrakuinon, asam salisilat, gula dan vitamin lainnya. Selain itu, jenis tanaman Aloe vera ini juga dianggap cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet karena kandungan kalori yang ada sangatlah rendah, yakni 4 kalori dalam 100 gram. Kemudian dengan kandungan asam amino serta nutrisinya yang tinggi membuat lidah buaya baik untuk kesehatan tubuh manusia.
Hingga saat ini terdapat sekitar 240 jenis lidah buaya yang diketahui oleh para peneliti namun tidak semua dapat digunakan oleh manusia lantaran pada beberapa jenis tanaman suku Liliceae ini memiliki kandungan racun. Namun salah satu diantara yang memiliki kandungan yang baik dan sering kali dimanfaatkan untuk berbagai jenis industri adalah Aloe Barbandesis yang berasal dari Pulau Brabandos, Amerika Tengah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: