Manfaat dan Cara Membuat Jus Kurma yang Sehat, Cobain Yuk!

Jus kurma (sumber: today)Jus kurma (sumber: today)

Kurma menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari ketika bulan Ramadan. Buah yang rasanya manis ini bukan hanya bisa dimakan begitu saja, tetapi juga bisa diolah menjadi jus yang nikmat dan menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Cara membuat jus kurma yang sehat juga tidak terlalu sulit.

Kandungan Nutrisi Kurma

Kalori dalam kurma jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan pisang ataupun jeruk. Selain itu, kurma juga dikenal sebagai buah dengan kandungan protein tinggi yaitu 2,3-5,6% dibandingkan dengan buah-buahan lain, seperti apel (0,3%), jeruk (0,7%), pisang (1,0%), dan anggur (1,0%).

Telah ditemukan bahwa terdapat dua puluh tiga asam amino yang berbeda terkandung di dalam protein kurma, contohnya aspartic acid, proline, glycine, histidina, valine, leucine, arginine, threonine, serine, methionine, isoleucine, tyrosine, phenylalanine, lysine, dan alanine.

Buah kurma mengandung 0,10-0,73% lemak, dan 2,12-5,60% protein. Jumlah asupan kalori rata-rata untuk satu buah kurma (8,32 g) adalah 23 kalori atau 1,33 -1,78 kali lebih banyak dibandingkan gula tebu dengan bobot yang sama. Selain itu buah kurma juga mengandung serat pangan (dietary fiber), yaitu sebesar 2,49-12,31%.[1]

Baca juga:  Sulit Cari di Minimarket? Ini Pengganti Kecap Inggris yang Bikin Masakan Enggak Kalah Enak

Manfaat Jus Kurma

Bagi ibu hamil yang tidak suka mengonsumsi obat-obatan, ibu hamil bisa mengonsumsi jus kurma ajwa karena jus kurma dapat meningkatkan kadar haemoglobin. Jus kurma ajwa juga tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi secara tidak berlebihan. Jus kurma ajwa penyerapannya lebih cepat dibandingkan obat tablet besi.[2]

Kurma dapat meredakan rasa nyeri saat tumbuh gigi pada anak-anak. Kurma memberi ketengan sehingga baik sebagai konsumsi anak-anak dan usia lanjut. Selain itu, kurma mampu membasmi cacing dan parasit di usus. Anak laki-laki sebelum disunat/dikhitan sebaiknya makan kurma dulu agar pendarahan tidak banyak.

Di Malaysia, kurma populer digunakan untuk mengatasi masalah anak yang kurang cerdas atau prestasi belajar kurang baik. Banyak anak setelah diberi jus kurma setiap hari menjadi lebih mudah diatur dan melakukan tugasnya dengan baik. Kurma bisa diandalkan sebagai makanan paling ideal, memasok banyak nutrisi, dan memberikan manfaat bagi kesehatan.[3]

Buah kurma (sumber: pharmeasy.in)

Buah kurma (sumber: pharmeasy.in)

Selain kaya vitamin dan protein, konsumsi jus kurma disebut dapat membantu menurunkan kolesterol, mengatasi masalah pencernaan, merawat kesehatan rambut, baik untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, menstabilkan gula darah, hingga membantu mencegah penyakit kanker. Nah, daripada penasaran, simak cara membuat jus kurma yang sehat berikut ini!

Baca juga:  Mudah & Siap Santap, Begini Cara Membuat Cuanki Instan

Resep Jus Susu Kurma

Bahan Jus Susu Kurma

  • 8 buah kurma
  • 2 sdm gula atau bisa diganti dengan madu
  • 1 1/2 gelas susu UHT full cream
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Jus Susu Kurma

  1. Cuci kurma dan buang bijinya, cincang.
  2. Masukkan 1/2 gelas susu, kurma, gula atau madu pada blender. Blender campuran ini hingga halus selama beberapa menit.
  3. Kemudian, tambahkan sisa susu, es batu, dan campur semua bahan sekitar 3-4 menit.
  4. Apabila diinginkan, saring susu kurma dan tuangkan ke dalam gelas. Sajikan dingin lebih nikmat.

Bagaimana? Cukup mudah kan cara membuat jus kurma yang enak dan sehat? Selain itu, Anda juga bisa memadukan jus kurma dengan buah-buahan lain seperti pisang atau bahkan avokad agar terasa lebih nikmat.

Agar hasil jus kurma Anda sempurna, sebaiknya potong-potong kurma terlebih dahulu sebelum diblender. Pilih kurma yang tingkat keempukannya tinggi atau lunak. Anda juga bisa merendam kurma terlebih dahulu dalam larutan yang akan dicampurkan, misalnya saja air atau susu selama 10-15 menit supaya teksturnya lebih lembut.

Baca juga:  Manfaat Bubuk Kopi untuk Wajah & Cara Membuatnya

[1] Ula, AM. 2018. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daging Buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L.) terhadap Hitung Jenis Leukosit Embrio Mencit (Mus musculus) [Skripsi]. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[2] Mardiana, N & Fitri A. 2021. Pengaruh Pemberian Jus Kurma Ajwa (Dactylifera Phoenix) Terhadap Kadar Haemoglobin Pada Ibu Hamil Di PMB Nurhayati Wilayah Kerja Puskesmas Kampar. Jurnal Doppler. 5(1): 33-37.

[3] Suparti, S. 2017. 99++ Solusi Medis Herbal dan Holistik Atasi Berbagai Penyakit. Jakarta: Penebar Plus, hlm 235.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: