Wajib Tahu, Ini Manfaat dan Bahaya Buah Nanas untuk Kesehatan

Buah nanasBuah nanas

Nanas, nenas, ananas, atau yang memiliki nama Latin Ananas comosus (L.) Merr.adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Dalam Bahasa Inggris, buah ini disebut pineapple karena bentuknya yang menyerupai pohon pinus. Selain dikenal memiliki rasa yang manis dan cenderung agak asam, nanas juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun jangan kelewat senang dulu, konsumsi nanas berlebihan pun berpotensi menimbulkan bahaya dan efek samping. Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan Gizi Buah Nanas Segar

Kandungan Gizi per 100 Gram BahanJumlah
Kalori52,00 kal.
Protein0,40 g
Lemak0,20 g
Karbohidrat16,00 g
Fosfor11,00 mg
Zat besi0,30 mg
Vitamin A130,00 mg
Vitamin B10,08 mg
Vitamin C24,00 mg
Air85,30 g
Bagian dapat dimakan (Bdd)53%

Sumber: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI[1]

Manfaat Buah Nanas

Mengupas buah nanas (sumber: thestatesman.com)

Mengupas buah nanas (sumber: thestatesman.com)

Melancarkan Sistem Pencernaan
Nanas termasuk buah yang kaya akan kandungan serat. Fungsi serat tersebut baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Dilansir Hellosehat, makanan yang tinggi serat biasanya agak susah larut dicerna, namun tidak demikian dengan buah nanas. Untuk mendapatkan sistem pencernaan yang normal, Anda setidaknya disarankan mengonsumsi 14 gram total serat dari 1.000 kalori per hari. Dan salah satu sumber serat yang bisa Anda konsumsi adalah buah nanas. Berdasarkan data Colorado State University Extension, makan buah nanas setengah potong mengandung 2,2 gram total serat makanan.

Baca juga:  Diet Vegan, Solusi Sehat Kaum Milenial Turunkan Berat Badan

Mencegah Kanker Usus
Mengonsumsi buah nanas juga kabarnya dapat menangkal kanker pada usus. Buah tropis ini mengandung antioksidan dari vitamin C yang mampu melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Di samping itu, nanas juga kaya dengan antioksidan lain, seperti vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid.

Meningkatkan Imunitas
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, nanas sangat kaya akan kandungan vitamin C. Dalam 1 porsi buah nanas mengandung lebih dari 130% kebutuhan vitamin C setiap hari untuk manusia. Vitamin C sudah lama dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari paparan radikal bebas.

Mencegah Penyakit Jantung
Vitamin C dalam buah nanas disebut-sebut dapat mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegah berubah menjadi plak penyumbatan arteri. Tak cukup sampai di situ, buah nanas pun kaya akan kandungan kalium, mineral yang dapat membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan dalam tubuh. Jika terlalu banyak natrium dan tidak cukup konsumsi kalium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, makan nanas yang kaya kalium adalah salah satu cara untuk menyeimbangkan elektrolit.

Baca juga:  Cara Mudah dan Praktis Membersihkan Pori-Pori

Bahaya & Efek Samping Nanas

Irisan buah nanas segar

Irisan buah nanas segar

Menyebabkan Alergi
Terkadang saat makan nanas Anda akan merasakan bibir, lidah, dan bibir bagian dalam seperti menebal atau membengkak. Dalam kondisi normal, reaksi ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam. Reaksi yang dibarengi dengan timbulnya bintil merah di kulit atau sesak napas, menandakan gejala alergi yang lebih serius. Segera hentikan konsumsi nanas dan ke dokter untuk mengatasinya.

Meningkatkan Risiko Keguguran
Nanas kaya akan vitamin C. Secara umum, mengonsumsi vitamin C secara berlebihan dapat menyebabkan diare, mual, muntah, nyeri perut, sakit kepala, dan insomnia. Pada nanas juga terdapat enzim yang disebut bromelain. Kadar bromelain berlebih pada ibu hamil dapat merangsang kontraksi uterus, yang berisiko menimbulkan keguguran.[2]

Meningkatkan Kadar Gula dalam Darah
Buah nanas yang telah masak ternyata mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Para penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

Baca juga:  Benarkah Operasi Plastik Bisa Membantu Seseorang Berhenti Merokok?

Menimbulkan Rematik
Menurut beberapa penelitian, di dalam proses pencernaan, buah nanas mengalami fermentasi menjadi alkohol yang dapat memicu rematik. Untuk penderita rematik dan radang sendi sebaiknya membatasi konsumsi nanas.

Menimbulkan Rasa Gatal
Terkadang setelah makan nanas segar, mulut dan lidah menjadi terasa gatal. Untuk menghindari hal itu, sebelum nanas dimakan, maka cara yang dapat dilakukan ialah merendam terlebih dahulu potongan-potongan buah nanas tersebut dengan air garam.[3]

[1]Santoso, HB. 1998. Teknologi Tepat Guna Sari Buah Nanas. Yogyakarta: Kanisius.

[2]Muaris, H. Bahaya Buah dan Sayuran + Panduan Konsumsi yang Benar. Intarina H dkk, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[3]Ardiansyah, R. 2010. Budidaya Nanas. Nova, editor. Surabaya: JP Books.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: