Manfaat Cuci Muka Tanpa Menggunakan Sabun

manfaat, cuci, muka, tanpa, sabun, suhu, air, handuk, hangat, pelembap, masker, wajah, kulit, jenis, tipe, kondisi, berminyak, cara, bakteri, debu, di, dalam, rumah, luar, dua, satu, tahap Ilustrasi: membasuh muka dengan air tanpa sabun (sumber: steemit.com)

Beraktivitas, baik ketika di dalam rumah atau di luar rumah bisa saja membuat wajah menjadi kotor. Anda mungkin tidak bisa melihat bentuk dari debu yang menempel, apalagi jika seharian Anda hanya di dalam rumah. Mungkin Anda akan mengira jika udara di dalam rumah bisa dianggap bersih, sehingga muka juga tidak perlu dibersihkan.

Akan tetapi, hal itu tidak benar. Baik di dalam atau di luar rumah, Anda perlu membersihkan wajah, walaupun minimal dengan satu tahap. Satu tahap pembersihan itu bisa dimulai dengan menggunakan sabun pembersih wajah.

Sabun pembersih wajah sudah banyak dijual di pasaran. Merek dan kegunaannya bermacam-macam. Ada yang ditujukan untuk mengatasi jerawat pada berminyak, ada pula yang diproduksi khusus untuk sensitif dengan kandungan yang sudah disesuaikan masing-masing jenis .

Untuk menemukan produk pembersih wajah yang sesuai, Anda harus mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Misalnya untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan pembersih yang water based, tekstur tidak begitu kasar, tidak berbahan minyak, alkohol, dan lainnya.

Namun ternyata, membersihkan wajah itu tidak selalu dengan menggunakan sabun cuci muka. Bahkan, ada beberapa orang yang membersihkan wajahnya tanpa sabun, hanya menggunakan air. Mungkin Anda adalah salah satunya? Agar lebih jelasnya, lihat uraian berikut ini.

Selama ini, dalam urusan membersihkan wajah, setidaknya ada satu, dua, hingga tiga produk yang dipakai. Banyaknya produk bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya Anda termasuk orang yang sering memakai makeup dalam keseharian, membersihkan wajah hanya dengan sekali tahapan saja mungkin tidak cukup. Sehingga, setelah memakai micellar water, Anda tetap harus mencuci wajah dengan sabun.

Setelah selesai dibersihkan dengan sabun, ada beberapa orang yang melakukan tahap pembersihan lagi dengan produk berbeda. Misalnya pada saat pertama membersihkan muka, produk yang dipakai adalah sabun muka bertekstur gel, baru kemudian dilanjut dengan tekstur scrub lembut.

Pilihan produk tentu disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Tetapi, ternyata ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan cuci muka tanpa sabun. Hal tersebut dianggap membawa manfaat bagi .

Manfaat Mencuci Muka Tanpa Sabun

manfaat, cuci, muka, tanpa, sabun, suhu, air, handuk, hangat, pelembap, masker, wajah, kulit, jenis, tipe, kondisi, berminyak, cara, bakteri, debu, di, dalam, rumah, luar, dua, satu, tahap

Ilustrasi: kulit wajah

  • Meningkatkan kekebalan kulit wajah.
  • Mencegah kulit menjadi kering.
  • Menjaga pH kulit tetap netral.
  • Mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegahnya muncul lagi.
  • Mencegah kerusakan kulit yang mungkin ditimbulkan sabun cuci muka.

Meskipun bagi beberapa orang, kebiasaan mencuci muka tanpa sabun itu masih asing atau Anda baru saja mengetahuinya, namun ada yang sudah yang membuktikan manfaatnya. Contohnya adalah seorang bernama Dana Dovey. Ia memiliki jenis kulit berminyak. Awalnya ia rutin membersihkan wajah dengan sabun dan memakai . Namun, kebiasaan tersebut tidak membawa hasil baik bagi wajahnya.

Hingga pada akhirnya, Dovey memutuskan untuk mencoba membersihkan wajah dengan air hangat, kemudian mengeringkannya dengan handuk. Tidak disangka, ternyata dengan kebiasaan barunya itu, minyak dan jerawat pada kulit wajahnya menjadi berkurang. Pada saat ia diharuskan memakai makeup, ia menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan sisa makeup pada wajahnya.

Pada saat melakukan kebiasaan mencuci muka hanya dengan air itu, minggu-minggu pertama adalah masa yang sulit, karena Anda membiasakan diri untuk tidak menggunakan sabun wajah. Memasuki hari ketujuh, mungkin akan mulai terlihat hasil, seperti wajah terlihat lebih cerah meskipun tidak memakai makeup. Lalu, dalam waktu 31 hari, kulit bisa terlihat lebih cerah, minyak berkurang, serta jerawat dan noda pada wajah mulai memudar.

Selain Dovey, ada pula Laelyn. Ia mengaku sudah menjalani pola hidup sehat, mulai dari rutin berolahraga, tidak merokok, membatasi konsumsi alkohol, mengonsumsi suplemen, dan menjauhi stres. Dengan pola hidup seperti itu, kulit wajahnya tetap saja kering, kemerahan, kusam, dan berminyak. Padahal, ia juga telah merawat kulitnya secara rutin dengan menggunakan pembersih, toner, dan pelembap.

Untuk merawat kulit wajahnya, Laelyn mencoba cara lain seperti membeli kosmetik mahal, menggunakan bahan-bahan seperti cuka apel, minyak kelapa, hingga masker dan facial. Namun, tetap saja kulitnya tidak kunjung membaik.

Dikarenakan rasa ingin tahunya dalam mencari yang tepat bagi kulitnya, Laelyn akhirnya membaca sebuah artikel di internet. Dari situlah, ia memutuskan untuk tidak mencuci wajahnya dengan sabun.

Dalam beberapa hari, kemerahan di wajahnya mulai memudar, begitu pula dengan minyak di wajahnya. Walaupun minyak di wajahnya berkurang, namun tidak membuat wajah menjadi kering. Kini, perawatan wajah Laelyn hanya mencuci wajah dengan air, dan memakai sunscreen. Ia sudah menghindari pembersih muka terlebih sabun, pelembap, toner, dan lainnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

manfaat, cuci, muka, tanpa, sabun, suhu, air, handuk, hangat, pelembap, masker, wajah, kulit, jenis, tipe, kondisi, berminyak, cara, bakteri, debu, di, dalam, rumah, luar, dua, satu, tahap

Ilustrasi: cuci muka dengan air sebelum mandi

Anda tertarik ingin mengikuti kebiasaan cuci muka tanpa sabun? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Perhatikan Suhu Air

Tidak semua air cocok digunakan untuk mencuci muka. Air yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat kulit wajah kering. Untuk itu, Anda hanya dapat menggunakan air yang hangat untuk mencuci muka dengan hanya menggunakan air. Cara terbaik adalah dengan merebus air hingga matang, lalu diamkan beberapa saat hingga suhu air menjadi suam-suam kuku dan terasa nyaman untuk digunakan.

Menambahkan Garam ke Dalam Air

Garam merupakan antibakteri alami, sehingga segala macam kotoran dan bakteri penyebab jerawat akan hilang jika Anda menambahkannya pada air untuk mencuci muka. Cukup aduk garam pada air, lalu basuh wajah Anda menggunakan itu. Hal ini juga dapat membantu dalam pengelupasan dan pengencangan kulit.

Namun, cara tersebut mungkin tidak bekerja dengan baik pada semua jenis kulit. Mungkin hanya pada tipe kulit tertentu, cara tersebut akan membawa hasil baik di kulit wajah. Untuk itu, Anda perlu banyak membaca referensi supaya lebih memantapkan lagi pilihan Anda, jika memang ingin mencuci wajah tanpa sabun.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: