Apa Saja Manfaat Coklat Hitam untuk Ibu Hamil?

Manfaat, Coklat, Hitam, untuk, Ibu, Hamil, Mencegah, Preeklampsia, Mengatur, Tekanan, Darah, Mengurangi, Risiko, Penyakit, Jantung, Kadar, Kolesterol, Stress, dark, jual, beli, camilan, sehat, harga, terjangkau, resep, cara, membuat, jajanan, ringanCoklat sangat bermanfaat bagi ibu hamil

Apakah Anda termasuk ibu hamil yang suka ngemil? Jika iya, sebaiknya Anda tidak ngemil sembarangan. Apalagi, saat ini sudah ada banyak jenis camilan sehat khusus untuk ibu hamil. Nah, salah satu makanan ringan yang diklaim cocok untuk ibu hamil adalah coklat hitam. Ini karena coklat hitam dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Coklat Hitam Cegah Preeklampsia pada Kehamilan

Coklat hitam adalah jenis coklat yang memiliki efek baik untuk kardiovaskular, karena kaya akan kandungan flavonoid dan theobromine. Kedua kandungan tersebut berperan dalam peningkatan fungsi endotel dan penurunan tekanan sistolik dan diastolik. Sehingga, dengan mengonsumsi coklat hitam, ibu hamil bisa mencegah terjadinya preeklampsia di masa kehamilannya.

Preeklampsia sendiri merupakan hipertensi yang timbul setelah usia kehamilan memasuki 20 minggu pertama disertai dengan proteinuria. Gangguan pada wanita hamil tersebut merupakan salah satu keluhan yang dapat mempersulit masa kehamilan dan dapat menyebabkan ante, intra, dan postpartum. Selain itu, preeklampsia pada masa kehamilan dapat menyebabkan nyeri kepala, gangguan penglihatan, dan nyeri epigastrium. [1]

Baca juga:  Bagaimana Cara Tepat Menyisir Rambut Berminyak?

Coklat Hitam Mengatur Tekanan Darah

Dilansir dari kumparan, coklat hitam mengandung teobromin yang berperan penting untuk mengatur tekanan darah ibu hamil. Seringkali ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi atau darah rendah secara mendadak. Untuk mencegah serta mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi coklat hitam. Ini akan mengembalikan tekanan darah Anda menjadi normal kembali.

Selain itu, ibu hamil juga sering mengalami pelebaran pembuluh darah. Tentunya ini juga berbahaya bagi kesehatan ibu dan janinnya. Pelebaran pembuluh darah inilah yang menyebabkan tekanan darah tidak stabil. Untuk mengembalikan ukuran pembuluh darah seperti semula, Anda bisa mengonsumsi coklat hitam sebagai camilan harian.

Manfaat, Coklat, Hitam, untuk, Ibu, Hamil, Mencegah, Preeklampsia, Mengatur, Tekanan, Darah, Mengurangi, Risiko, Penyakit, Jantung, Kadar, Kolesterol, Stress, dark, jual, beli, camilan, sehat, harga, terjangkau, resep, cara, membuat, jajanan, ringan

Milk Chocolate, Dark Chocolate, dan White Chocolate

Coklat Hitam Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Coklat hitam juga mengandung zat antioksidan yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Ini karena zat antioksidan dapat mencegah dan mengurangi risiko wanita hamil terkena penyakit jantung. Kebanyakan kasus yang ada, banyak wanita hamil yang mengalami serangan jantung mendadak setelah melahirkan atau saat melahirkan.

Hal itu disebabkan oleh tekanan darah yang tidak stabil, serta jantung yang melemah saat akan melahirkan. Antioksidan pada coklat akan membantu meningkatkan ketahanan jantung dan membuat ibu hamil merasa lebih tenang selama proses kehamilan. Sehingga, detak jantung akan lebih normal dan tidak mengalami gangguan yang dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.

Baca juga:  Manfaat Mammografi Sebagai Pendeteksi Sel Kanker Payudara

Coklat Hitam Mengurangi Kadar Kolesterol

Selain menjaga tekanan darah agar tetap stabil, ibu hamil juga harus pandai menjaga kadar kolesterolnya. Peningkatan kadar kolesterol pada ibu hamil dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti hipertensi dan jantung koroner. Selain itu, kolesterol juga bisa membuat badan menjadi lebih bengkak setelah masa kehamilan selesai.

Untuk menjaga agar kadar kolesterol Anda selalu seimbang selama masa kehamilan, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi coklat hitam. Hal ini karena dark coklat memiliki kandungan flavonoid yang tinggi.

Manfaat, Coklat, Hitam, untuk, Ibu, Hamil, Mencegah, Preeklampsia, Mengatur, Tekanan, Darah, Mengurangi, Risiko, Penyakit, Jantung, Kadar, Kolesterol, Stress, dark, jual, beli, camilan, sehat, harga, terjangkau, resep, cara, membuat, jajanan, ringan

Kreasi camilan coklat dan biji-bijian sehat

Coklat Hitam Mengurangi Stres

Bagi Anda yang mudah stres, sebaiknya waspada. Apalagi jika Anda dalam kondisi hamil dan akan segera melahirkan. Seorang ibu hamil tidak boleh terlalu stres, karena dapat membahayakan janin sekaligus kesehatannya sendiri. Dalam beberapa kasus, stres pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi cacat lahir, keguguran, gejala hipertensi pada ibu hamil, dan sakit kepala.

Baca juga:  Manfaat Masker Putih Telur dan Madu Untuk Wajah dan Rambut

Salah satu cara mudah dan praktis untuk menurunkan tingkat stres pada ibu hamil, yaitu dengan mengonsumsi coklat hitam. Dark coklat dikatakan dapat membantu menenangkan pikiran Anda selama kehamilan, serta menghilangkan rasa cemas berlebihan.

Coklat Hitam Mencegah Kanker

Selain dapat mengurangi serta mencegah risiko penyakit jantung pada ibu hamil, kandungan antioksidan pada coklat hitam juga mampu mencegah kanker. Zat antioksidan yang tinggi pada dark coklat akan melindungi sel-sel tubuh ibu hamil dari paparan zat karsinogenik yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh selama kehamilan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengonsumsi dark coklat secara rutin selama masa kehamilan. Untuk takaran dark coklat yang bisa dikonsumsi setiap wanita hamil, akan berbeda-beda, sehingga Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

[1] Carolia, Novita & Lug Gde Indrani Ayuning. Coklat Hitam untuk Mencegah Preeklampsia pada Kehamilan. Majority Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, Vol. 5(1): 59-62.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: