Manfaat & Cara Pakai Bedak Saripohatji

cara, pakai, bedak, saripohatji, aman, air, mawar, wadah, masker, jenis, kulit, wajah, dingin, pola, hidup, berjerawat, jerawat, tips, sayur, buah, temugiring, uap, hangat, panas, pagi, pori-pori, manfaat, bahan Ilustrasi: aplikasi bedak cair

Mengatasi jerawat tidak harus dengan melakukan treatment di klinik kecantikan yang biayanya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Apabila ternyata kulit Anda lebih cocok menggunakan cara tradisional untuk menangani jerawat, kenapa tidak?

Salah satu cara yang terbilang tradisional adalah menggunakan produk yang dirancang khusus untuk jerawat. Apabila Anda menemukan bedak Saripohatji di pasaran, mungkin bisa mencobanya. Mungkin sebagian besar orang masih asing dengan bedak tersebut.

Bahan Bedak Saripohatji

Produk itu adalah bedak dingin yang sudah diproduksi sejak tahun 1927. Bedak ini ditujukan untuk menyembuhkan beragam masalah kulit, dari jerawat, bruntusan, dan lainnya. Bedak ini dianggap terbuat dari bahan-bahan alami. Beberapa bahan tersebut antara lain:

  • Tepung beras menjadi bahan dasar dari pembuatan bedak.
  • Dedaunan seperti daun suji, daun jambu, daun mangkokan, daun teklan, dan daun beungbeureuman.
  • Buah-buahan, seperti tomat dan jeruk nipis.
  • Bahan tambahan, seperti temulawak dan kunyit.

Manfaat Bedak Saripohatji

  • Menghaluskan kulit wajah dan mengembalikan kekenyalan kulit.
  • Menghilangkan segala jenis jerawat, baik jerawat batu, jerawat ringan, hingga jerawat meradang.
  • Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah.
  • Membuat wajah tampak segar.
  • Mengecilkan pori-pori wajah.
  • Menghilangkan jerawat atau bruntusan di punggung dan tubuh.

Bedak Saripohatji dinilai aman digunakan karena telah mendapatkan sertifikat aman dan tidak mengandung bahan yang berbahaya dari Dr. H. Heerdjan dan Dr. Tjoen Haij. Selain itu, juga telah terdaftar di Dep.Kes No. PO.02.05.3.1.924 Gedep. No. 27688 – 61774.

Cara Pakai Bedak Saripohatji

cara, pakai, bedak, saripohatji, aman, air, mawar, wadah, masker, jenis, kulit, wajah, dingin, pola, hidup, berjerawat, jerawat, tips, sayur, buah, temugiring, uap, hangat, panas, pagi, pori-pori, manfaat, bahan

Kemasan bedak Saripothaji (sumber: Tokopedia)

Pertama

Bedak Saripohatji berbentuk seperti bulat berukuran kecil, seperti bedak halus yang dulunya dijual di pasaran. Untuk mengaplikasikan di wajah, ambil satu, dua, atau beberapa butir bedak. Letakkan di wadah. Kemudian, haluskan butir bedak hingga halus. Setelah butiran halus, campurkan dengan air biasa atau bisa juga memakai air mawar. Lalu, silakan gunakan seperti bedak biasa yaitu dioleskan ke seluruh area wajah.

Baca juga:  Haruskah Anda Menggunakan Masker Wajah?

Kedua

Selain cara di atas, ada cara lain yang bisa Anda tiru, yaitu menggunakan bedak selayaknya masker wajah. Caranya yaitu:

  • Ambil 1 atau dua butir bedak. Anda juga bisa mengambil bedak seperlunya.
  • Remahkan atau bubuhkan 2-3 butiran bedak yang telah diambil, lalu campur/aduk dengan air mineral biasa pada wadah.
  • Untuk jenis kulit normal, bisa menggunakan air mineral/matang. Namun, boleh juga menggunakan air mawar, air perasan jeruk nipis/lemon, air sirih. Apabila Anda memilih air perasan jeruk nipis, disarankan tidak untuk dibawa tidur, karena dikhawatirkan kandungan asam dari nipis yang cukup kuat, malah memicu jerawat. Sehingga, cukup didiamkan 30 menit, kemudian bilas wajah).
  • Tingkat kekentalan teksturnya tidak ada aturan khusus. Sehingga, Anda bisa mengaturnya sendiri. Jika ingin agak kental, tinggal mencampurkan air dalam jumlah tidak terlalu banyak, begitu pula sebaliknya.
  • Setelah menjadi adonan masker, balurkan ke wajah/kulit yang bermasalah. Diamkan selama 2/3 jam (bisa juga dipakai sebelum tidur). Bahkan, pemakaian masker bedak lebih dari 3 jam dianggap tidak masalah.
  • Kemudian, setelah didiamkan beberapa lama, Anda bisa bilas/basuh wajah dengan menggunakan air bersih. Anda juga bisa memakai masker ini sebagai sleeping mask atau masker yang dipakai semalaman. Sehingga, waktu pembilasan adalah keesokan harinya.
Baca juga:  Cara Pakai BB Cream Pixy Agar Hasil Merata dan Tahan Lama

Untuk aturan pakai masker, boleh 2x sehari atau 1x sehari. Salah satu kelebihan dari bedak dingin Saripohatji ini adalah cara bedak ini bekerja untuk menghilangkan jerawat adalah dengan bertahap mengempeskannya.

Ketiga

Sama dengan cara sebelumnya, kali ini Anda bisa mengambil 2-3 butir bedak (atau seperlunya), lalu dihaluskan, dan dicampur dengan air mineral. Setelah jadi adonan, oleskan ke wajah. Kemudian tunggu dulu sampai kering. Jika sudah kering, Anda bisa menggosok-gosok masker yang ada di wajah sampai bagian masker yang kering terlepas atau meluruh dan meninggalkan bagian yang halusnya. Kemudian, Anda bisa memakai masker sambil tidur/beristirahat. Bilas/basuh wajah dengan menggunakan air bersih pada pagi esok hari.

Keempat

cara, pakai, bedak, saripohatji, aman, air, mawar, wadah, masker, jenis, kulit, wajah, dingin, pola, hidup, berjerawat, jerawat, tips, sayur, buah, temugiring, uap, hangat, panas, pagi, pori-pori, manfaat, bahan

Temu giring (sumber: Tokopedia)

Cara kali ini mungkin sedikit berbeda dari cara sebelumnya, yaitu mencampurkan bedak dengan temugiring. Temugiring adalah sejenis tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional (jamu).

  • Sebagai campuran masker, pertama-tama, Anda bisa menghaluskan beberapa butir Saripohatji. Lalu, tambahkan bubuk temugiring, dan tambahkan air hangat-hangat kuku. Pastikan jangan terlalu encer atau kental.
  • Bersihkan muka kemudian implementasikan Saripohatji yang sudah dicampurkan tadi. Penambahan temugiring ini dimaksudkan untuk membantu penyembuhan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat lebih cepat, dan juga kulit menjadi kuning langsat.
  • Setelah digunakan, diamkan masker hingga mengering kurang lebih 30 menit sampai dengan 1 jam. Ketika menggunakan masker, Anda mungkin akan merasa sedikit gatal, namun itu hanya sementara.
  • Kemudian, sehabis didiamkan di wajah, bersihkan masker dengan air hangat.
Baca juga:  Review & Harga Lipstik Maybelline Powder Mattes

Untuk aturan pakai harus berapa kali, tidak ada petunjuk khusus. Namun, Anda bisa menggunakannya setiap hari (bagi Anda yang mempunyai permasalahan jerawat). Namun, bagi Anda yang hanya untuk perawatan, bisa digunakan 1-3 kali seminggu.

Tips Memakai Masker Bagi Wajah Berjerawat

  • Sebelum memakai masker bedak Saripohatji, sebaiknya jepit terlebih dahulu poni atau rambut yang mengganggu daerah yang berjerawat (biasanya di area dahi).
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Lakukan penguapan wajah dengan cara sediakan baskom berisi air hangat/panas lalu hadapkan wajah kepada baskom. Agar uap tidak terbawa keluar bisa tutup kepala Anda menggunakan handuk sambil menghadapkan wajah ke uap baskom. Lakukan kira-kira 5 menit hingga wajah mengeluarkan keringat.
  • Lap wajah dengan handuk bersih hingga kering. Lalu, buatlah adonan masker Saripohatji dan bubuhkan pada wajah.
  • Pada pagi hari, bilas wajah dengan air hangat. Lanjutkan dengan bilas kembali menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori.

Selain tips penggunaan masker, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk menjaga pola hidup. Dimulai dari menjaga asupan air yang cukup (paling tidak 8 gelas per hari). Jangan lupa juga lebih banyak konsumsi sayur dan buah daripada makanan berminyak atau fast food. Usahakan juga Anda melakukan olahraga rutin minimal 20 menit setiap hari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: