Manfaat & Cara Membuat Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Mixer

Virgin Coconut Oil - www.milenio.com

kelapa murni atau virgin coconut oil belakangan ini semakin untuk dikonsumsi karena diyakini memiliki banyak untuk . Tak heran jika mulai banyak orang yang memproduksi VCO dalam kemasan botol yang kemudian dijual bebas di apotik, supermarket, atau . Berikut ini informasi lengkap seputar manfaat dan cara membuat VCO sendiri di rumah dengan memanfaatkan mixer.

Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO)

Mempertajam Fungsi Kognitif Otak
VCO sudah lama dikenal memiliki kandungan asam lemak rantai sedang (MCT) yang lebih mudah diserap oleh hati dibandingkan jenis asam lemak lainnya, dan juga dimetabolisme lebih cepat. Asam lemak sehat tersebut bisa diolah lebih lanjut menjadi keton yang bisa dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utama.

Membunuh Bakteri dan Virus Penyebab Infeksi
Hampir 50% asam lemak dalam VCO adalah asam laurat. Saat dicerna, asam lemak tersebut bisa berubah jadi zat yang disebut monolaurin yang dikenal mampu membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur. VCO juga disebut-sebut mampu mencegah dan mengobati tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

Manfaat Virgin Coconut Oil - a1on.mk

Manfaat Virgin Coconut Oil – a1on.mk

Mengurangi Frekuensi Kejang Anak
Kandungan MCT dalam VCO ternyata bukan hanya baik untuk otak, tetapi juga bisa membantu mengurangi kejadian kejang pada anak yang memiliki epilepsi.

Melancarkan Pencernaan
VCO dapat membantu seseorang memiliki sistem pencernaan yang lebih baik untuk membantu tubuh lebih efektif menyerap jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak seperti magnesium dan kalsium.

Membantu Menurunkan Berat Badan
VCO dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar, sehingga tubuh bisa mengubah lemak untuk dimanfaatkan sebagai energi. Keton sebagai salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak pun diketahui bisa mengurangi nafsu makan.

Metode Pembuatan VCO

Membuat virgin coconut oil (VCO) bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  1. Metode fermentasi, yakni menggunakan mikroba-mikroba penghasil enzim. Minyak kelapa yang dihasilkan tidak benar-benar murni lantaran adanya bahan tambahan yang dimasukkan untuk menghasilkan minyak kelapa.
  2. Metode pemanasan, yakni metode pembuatan virgin coconut oil menggunakan suhu yang tinggi sehingga ada kemungkinan komposisi kimia dari minyak kelapa murni tersebut menjadi berubah. Selain itu, kandungan asam laurat pada VCO juga akan menguap.
  3. Metode pancingan dilakukan dengan menyiapkan minyak kelapa murni terlebih dahulu untuk proses produksinya. Metode pemancingan ini kurang cocok untuk dikembangkan menjadi skala industri.
  4. Metode mixing. Cara ini hanya membutuhkan santan dan alat mixer, tanpa pemanasan, penambahan bahan lain, atau jenis-jenis olahan lanjutan lainnya. Dengan demikian, minyak kelapa yang dihasilkan benar-benar murni. Metode ini pun dinilai sangat efisien karena mixer yang dipakai bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

Pembuatan VCO Menggunakan Mixer

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. Sendok lengkung bila ada
  2. Tissue putih yang tidak berbau
  3. Corong kecil
  4. Saringan teh plastik
  5. Selang kecil 0,5 meter (tersedia di toko bangunan)
  6. Kain putih saringan tahu bila perlu
  7. Toples transparan atau container transparan kapasitas 4,5 liter (misalnya merek Lion Star kode 210) sebagai wadah kanil
  8. Mixer
  9. 5 butir kelapa tua yang sudah diparut (bila perlu, beli yang sudah jadi santan). Parutan kelapa tidak boleh dibiarkan lebih dari 1 jam dan harus sudah diperas supaya nanti VCO yang dihasilkan tidak tengik.

Cara Pembuatan VCO dengan Mixer Tanpa Pemanasan

  1. Peras parutan kelapa yang sudah disiapkan tadi dengan menambahkan air sekitar 2,5 liter untuk memperoleh kanil dan tuangkan dalam wadah transparan. Agar lebih cepat, Anda bisa menggunakan kain untuk proses pemerasan.
  2. Setelah selesai pemerasan, biarkan kanil selama 30 menit supaya kandungan air di dalamnya mengendap.
  3. Endapan air disedot dengan selang kecil. Endapan tersebut biasanya terasa manis seperti air kelapa.
  4. Kemudian kanil dalam wadah transparan tadi dimixer selama 20-25 menit.
  5. Biarkan kanil yang sudah dimixer tersebut selama 8 jam. Dalam rentang waktu 1 jam setelah dimixer juga akan terjadi pengendapan air. Endapan air tersebut bisa disedot menggunakan selang kecil. Air endapan itu juga masih terasa manis. Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan lain daripada dibuang.
  6. Setelah 8 jam, akan terjadi pemisahan. Dengan menggunakan wadah transparan akan memudahkan Anda untuk bisa melihat jelas bagian atas VCO, bagian tengah blondo, dan bagian bawah air yang rasanya masam. Air tersebut boleh disedot lagi dan dibuang supaya ketika Anda mengambil VCO nantinya tekanan air dari bawah bisa berkurang.
  7. VCO yang Anda dapatkan masih tercampur dengan sedikit blondo dan siap disaring dengan saringan teh yang sudah dilapisi dengan tisu. Ambil dengan sendok lengkung, VCO akan menetes sampai akhirnya Anda memperoleh sekitar 500 ml VCO yang jernihnya menyerupai air minum.
  8. VCO yang dihasilkan melalui proses mixing ini bisa Anda simpan dan digunakan seperlunya. Minyak kelapa murni tersebut bila digunakan untuk menggoreng maka akan tercium harum baunya.
  9. Perlu diingat bahwa wadah transparan yang Anda gunakan sebaiknya dilapisi dengan kantung plastik supaya setelah VCO selesai diambil, sisa ampas berupa air dan blondo dapat dibungkus dan dibuang agar wadah tetap bersih serta tak ada kotoran yang tercecer.

Dengan membuat VCO sendiri, Anda bisa memastikan bahwa proses pembuatan VCO tersebut benar-benar bersih, aman, dan asli. Anda dapat memanfaatkan VCO hasil produksi rumahan tersebut untuk pemakaian pribadi atau juga dijual ke tetangga dan rekan-rekan terdekat. Siapa tahu berawal dari usaha rumahan ini Anda bisa mulai mengembangkannya menjadi bisnis yang skalanya lebih besar.

Cara Membuat Virgin Coconut Oil - www.star2.com

Cara Membuat Virgin Coconut Oil – www.star2.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: