Manfaat & Cara Melakukan Diet dengan Puasa Senin Kamis

Manfaat Melakukan Diet dengan Puasa Manfaat Melakukan Diet dengan Puasa

Memiliki yang langsing dengan tinggi dan berat badan ideal tentunya menjadi impian semua orang, baik pria maupun wanita. Mendapatkan yang langsing bisa dilakukan dengan berbagai cara, entah dengan melakukan berbagai bentuk , meminum pelangsing, hingga menjalankan .

Program diet yang bisa Anda lakukan untuk melangsingkan badan ada banyak macamnya, mulai dari diet intermittent, diet Atkins, diet mayo, hingga diet dengan puasa. Sudah sejak lama puasa dikenal sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan umat muslim di seluruh dunia untuk melangsingkan badannya.

Para pemeluk agama Islam biasanya diwajibkan melaksanakan ibadah puasa setahun sekali selama 30 hari pada bulan Ramadan, kemudian ada pula yang menjalankan puasa sunah seperti puasa Nabi Daud dengan pola sehari berpuasa dan sehari tidak, atau puasa Senin Kamis yang dilakukan dengan pola 2 hari puasa dalam seminggu. Lalu bagaimana kira-kira cara diet dengan puasa Senin Kamis? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Diet Puasa Senin Kamis

Cara melakukan diet sambil puasa Senin Kamis pada dasarnya cukup mudah dan hampir sama seperti puasa Ramadan atau puasa sunnah pada umumnya. Tata caranya, Anda cukup melafalkan niat untuk berpuasa Senin Kamis, kemudian bersantap sahur secukupnya. Mulailah menghentikan aktivitas makan dan minum sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Saat sahur, usahakan untuk tetap meminum air dalam jumlah cukup agar Anda tidak dehidrasi selama berpuasa.

Cara Melakukan Diet dengan Puasa

Cara Melakukan Diet dengan Puasa

Lalu saat buka puasa, sebaiknya juga jangan makan terlalu berlebihan. Pastikan Anda makan dalam jumlah gizi yang seimbang. Selama berpuasa, Anda juga bisa sekaligus mengisi waktu menjelang berbuka dengan olahraga ringan, entah dengan jogging selama 30 menit, bersepeda, atau olahraga ringan lainnya.

Tetapi jika Anda ingin melaksanakan diet mirip puasa Senin Kamis yang banyak diadaptasi di luar negeri seperti diet 5:2, maka caranya pun tidak jauh berbeda. Pasalnya pola diet 5:2 ini memiliki pola yang sama dengan puasa Senin Kamis, yakni Anda bisa makan normal selama 5 hari dalam 1 minggu dan membatasi kalori pada 2 hari saat melakukan puasa, yakni hanya mengonsumsi sekitar 600 kalori saja, sedangkan pada 5 hari tanpa puasa Anda bisa mengonsumsi sekitar 1.400-1.900 kalori. Bedanya, pada pola diet 5:2 ini Anda tidak harus berpuasa pada hari Senin atau Kamis saja, tetapi bisa memilih hari-hari lainnya yang lebih pas dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Surrey, Inggris, diet dengan pola 5:2 mirip puasa Senin Kamis ini didapatkan hasil bahwa kelompok partisipan yang melakukan diet 5:2 bisa menurunkan 5% berat badan dalam 59 hari, sedangkan kelompok yang setiap hari rutin membatasi konsumsi 600 kalori justru menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang lebih lama, yakni 73 hari.

Dari hasil penelitian tersebut juga dilaporkan bahwa efek puasa sangat berdampak pada kemampuan metabolisme lemak dan glukosa setelah makan. Kelompok yang menjalani diet 5:2 mengalami pembersihan lemak (trigliserida) dalam darah serta penurunan tekanan darah sistolik (tekanan darah atas) sebesar 9%. Sebagai informasi, penurunan tekanan darah sistolik mengurangi tekanan pada arteri serta berpotensi mengurangi kejadian serangan jantung dan stroke.

Dalam pola diet dengan puasa, yang dibakar adalah kadar lemak dalam tubuh, bukan massa otot. Sebagai contoh, seseorang yang pernah pengalaman diet sambil puasa Senin Kamis menjelaskan bahwa sebelum sahur kadar lemak dalam tubuhnya 32,5%. Menjelang berbuka kadar lemaknya sudah turun 0,7% menjadi 31,8%. Jika rutin melakukan puasa Senin Kamis selama 1 bulan maka total kadar lemak yang berhasil dihilangkan bisa mencapai 5,6% atau setara dengan bobot turun 10 kg.

Akan tetapi, dalam diet puasa Senin Kamis ada hal-hal yang harus diperhatikan, terutama soal asupan cairan. Seseorang setidaknya membutuhkan cairan sekitar 70% dari berat badannya. Jadi misalnya untuk berat badan 60 kg dikalikan dengan 70% sama dengan 4.200 ml atau 4,2 liter kebutuhan air hariannya. Meskipun seharian sejak terbit matahari sampai terbenam matahari Anda tak bisa makan dan minum, Anda tetap bisa mencukup kebutuhan cairan harian Anda pada saat sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur. Kemudian ketika berpuasa sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, tujuannya agar massa otot Anda tidak ikut ‘terbakar’ selama puasa. Protein yang dapat Anda konsumsi bisa berasal dari protein nabati seperti soya atau protein hewani seperti putih telur dan sebagainya.

Diet dengan Puasa

Diet dengan Puasa

Puasa sendiri, entah itu puasa Senin Kamis, puasa Daud, atau puasa Ramadan, pada dasarnya akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan atau membuat badan lebih kurus. Tetapi bagi Anda yang muslim, sebaiknya niatkan menjalani puasa sebagai bagian dari ibadah Anda. Sebab memperoleh tubuh langsing sebenarnya hanyalah bonus yang Anda dapatkan dari rutin berpuasa Senin Kamis.

Manfaat Diet Puasa Senin Kamis

  • Meremajakan sel kulit
  • Mengencangkan kulit
  • Detoksifikasi racun dalam tubuh
  • Menurunkan kadar lemak (kolesterol)
  • Memberi waktu bagi organ pencernaan untuk beristirahat
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menghambat proses penuaan
  • Menenangkan jiwa dan perasaan
  • Melangsingkan tubuh
  • Meningkatkan kemampuan sel-sel saraf otak
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Walaupun puasa Senin Kamis menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, Anda yang memiliki kondisi medis atau riwayat penyakit tertentu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menemukan pola diet atau puasa yang seimbang bagi Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: