Manfaat Bunga Rosella Kering, Mulai dari untuk Diet Hingga Kaya Antioksidan

Jenis Bunga Rosella - steemit.comJenis Bunga Rosella - steemit.com

Jenis tanaman herbal yang kini kerap dimanfaatkan sebagai minuman layaknya teh sudah semakin banyak. Selain chamomile, bunga rosella yang sudah kering pun bisa diminum sebagai teh yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Rosella (Hibiscus Sabdariffa) adalah tumbuhan yang berasal dari daerah tropis Afrika, dengan spesies Hibiscus dan Family Malvaceae. Tanaman perdu dari keluarga sejenis kembang sepatu ini bisa mencapai 3-5 meter tingginya.[1]

Ciri-ciri tanaman ini bercabang banyak, bersemak-semak, dan mempunyai siklus hidup tahunan. Pohon rosella merah tumbuh dari biji atau benih serta mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunga rosella berwarna cerah, kelopak bunga atau kaliksnya biasanya berwarna merah dan lebih tebal jika dibandingkan dengan bunga sepatu. Bagian bunga rosella yang bisa diproses menjadi makanan ialah kelopak bunganya (kaliks) yang mempunyai rasa amat masam.

Kelopak bunga ini bisa diproses menjadi berbagai jenis makanan seperti minuman, jelly, saus, serbuk (teh), atau manisan rosella. Daun muda rosella bisa juga dimakan sebagai ulam atau salad. Di Afrika, biji rosella dimakan karena dipercaya mengandung minyak tertentu. Di Sudan, rosella diproses menjadi minuman tradisional yang dinamakan karkadeh dan merupakan minuman kebangsaan orang Sudan.

Baca juga:  Resep & Cara Membuat Cuanki Basah Mirip Jualan Abang-abang

Saat ini terdapat lebih dari 100 varietas rosella yang tersebar di seluruh dunia. Tetapi rosella yang sering dijumpai orang adalah rosella merah.[2]

Rosella merupakan tanaman semusim yang tumbuh tegak bercabang. Batangnya bulat, tegak, berkayu, dan berwarna kemerah-merahan. Daunnya tunggal, berbentuk bulat telur, pertulangan menjari dan letaknya berseling dan pinggiran daun bergerigi. Panjang daun 6-15 cm dan lebarnya 5-8 cm.[3]

Ada dikenal bermacam-macam rosella. Secara umum orang mengenal rosella berdasarkan warna bunganya. Berdasarkan warna bunganya, terdapat 3 jenis rosella yang banyak ditemui di lapangan.

Bunga Rosella Kering - www.lazada.co.id

Bunga Rosella Kering – www.lazada.co.id

Jenis Rosella

  • Rosella merah: kaliks berwarna merah menyala, panjang, batang kuat tidak mudah patah, daun menjari. Kaliks kering berwarna merah cerah dan beraroma kuat.
  • Rosella ungu: ada yang menyebut burgundy, rosella Sudan, rosella hitam, maupun rosella ungu. Kaliks berwarna merah gelap, agak bulat, berbulu lebih banyak dibanding yang merah, daun menjari tebal dan agak membulat, batang gampang patah. Kaliks kering berwarna merah kehitaman, aromanya kuat.
  • Rosella putih: kaliks berwarna putih kekuningan dengan kapsul biji hijau segar, daun menjari bulat, pertumbuhan lambat, batang kuat.[4]
Baca juga:  Asal Tiongkok, Apa Saja Manfaat Bawang Putih Kating?

Bunga rosella sering dikaitkan sebagai obat herbal yang dapat dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Di beberapa negara bunga rosela yang sudah kering dikonsumsi sebagai minuman hangat pada musim dingin dan sebagai minuman dingin pada musim panas.

Banyak manfaat yang terdapat dalam kelopak bunga rosela ini, antara lain menurunkan kadar asam urat, hipertensi, diabetes melitus, memperbaiki metabolisme tubuh, menghambat sel kanker, mencegah panas dalam, mencegah flu, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL + lemak), melancarkan peredaran darah, berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, antihipertensi, antidepresi, antibiotik, sebagai afrodisiak, diuretik (peluruh kencing), tonik, sedatif (penenang).

Kandungan kimia yang ada pada tanaman ini adalah antosianin, asam protosatekuat, asam akrobat, glikosida, cardiac, flavonoid, saponin, alkaloid, sardenoleda. Pigmen warna merah dari bunga ini diidentifikasikan sebagai daphniphyline, myrtillin, chrysanthenin, dan delphinidin.

Zat-zat penting lainnya yang diperlukan tubuh dalam kelopak bunga tersebut ialah vitamin C, vitamin A, proteinesensial, kalsium, asam amino, orginina dan legnin yang berperan dalam proses meremajakan sel tubuh.[5]

Baca juga:  Resep & Cara Membuat Selai Nanas untuk Nastar NCC

Manfaat Bunga Rosella Kering

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bunga rosella kering kerap dimanfaatkan sebagai minuman dengan cara diseduh layaknya teh. Bunga rosella kering yang telah diseduh memiliki cita rasa asam yang segar dengan aromanya yang khas.

Manfaat Bunga Rosella - redflower-rs.web.app

Manfaat Bunga Rosella – redflower-rs.web.app

Manfaat dari minum teh bunga rosella cukup banyak, mulai dari membantu menurunkan berat badan atau diet, memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, mendukung kesehatan pencernaan, mempunyai sifat anti-kanker, menurunkan tekanan darah, melindungi organ hati, menyembuhkan penyakit batuk dan pilek, mempunyai sifat antidepresan, meredakan nyeri haid, hingga menjaga kesehatan gigi dan gusi.

[1] Haidar, Z. 2016. Si Cantik Rosella: Bunga Cantik Berjuta Khasiat. Jakarta: Edumania, hlm 7.

[2] Ibid., hlm 8.

[3] Ibid., hlm 9.

[4] Ibid., hlm 11.

[5] Jusup, L. 2015. 100 Resep Sehat Lezat dari Tanaman Herbal & Bumbu Dapur. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 18.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: