Manfaat Bubuk Kopi untuk Wajah & Cara Membuatnya

Bubuk Kopi untuk Wajah - www.skincare.comBubuk Kopi untuk Wajah - www.skincare.com

Siapa yang tak kenal dengan kopi? Hampir setiap orang pasti tahu minuman satu ini. Selain dapat diminum, rupanya bubuk kopi pun menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan kulit, khususnya kulit wajah. Tak heran jika kemudian banyak produk perawatan kulit yang memadukan formula kopi ke dalam formulanya.

Sebagai informasi, kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica), demikian seperti dilansir dari Wikipedia.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi pun terus berkembang sampaisekarang menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahun.Selain rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, hingga penyakit jantung (kardiovaskuler).

Baca juga:  Treatment Dermapen di Rumah, Ini Pengalaman Sejumlah Wanita

Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

Kopi merupakan eksfoliator yang bisa mengangkat sel kulit mati secara optimal. Kopi juga bermanfaat sebagai masker yang berfungsi mengembalikan kesegaran rona wajah. Bubuk kopi yang dicampurkan bubuk kakao dan susu bubuk halus juga bermanfaat untuk menyegarkan wajah.

Manfaat Bubuk Kopi untuk Wajah - www.fabhow.com

Manfaat Bubuk Kopi untuk Wajah – www.fabhow.com

Kopi mengandung kafein tinggi yang dapat memacu produksi adrenalin dan menghilangkan kantuk. Selain itu, kopi yang diaplikasikan sebagai body mask berkhasiat menurunkan produksi laktat yang merupakan sisa metabolisme energi otot yang menimbulkan rasa pegal dan linu.

Kopi tidak hanya bisa digunakan sebagai produk perawatan tunggal, tapi juga bisa dikombinasikan dengan produk alami lainnya, seperti perawatan perpaduan kopi robusta dan lemon yang mengandung kafein dan vitamin C. Perawatan ini juga akan meningkatkan kinerja jantung dan membantu membentuk tubuh (body contouring), melarutkan lemak, dan mengurangi selulit.[1]

Kopi mengandung sejumlah besar antioksidan, termasuk polifenol dan asam hidrokinamik. Antioksidan ini dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mengurangi risiko beberapa penyakit. Kondisi lingkungan yang penuh dengan zat-zat radikal bebas dapat mendatangkan malapetaka bagi kulit. Namun, antioksidan dalam kopi melindungi dan memperkuat pertahanan alami kulit.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Kolagen Alami Untuk Wajah Tetap Awet Muda

Selain itu, kopi memainkan peran penting dalam mengatur pertumbuhan kembali sel, meningkatkan kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Kopi juga meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini membuat kulit menjadi sehat dan berenergi, serta mampu mengurangi pembengkakan jaringan kulit secara efektif.[2]

Kopi dikenal sebagai sumber vitamin B3 (niacin). Bagi penderita kanker kulit, asupan vitamin B3 sangat penting. Menurut Skin Cancer Foundation, niacin dapat mencegah pertumbuhan sel kanker kulit. Bahkan bubuk kopi disebut dapat mengatasi masalah peradangan dan jerawat di kulit karena kandungan chlorogenic acid (CGA) dan melanoidins.

Kemudian, apakah Anda memiliki mata panda atau kantong mata hitam? Bubuk kopi pun bisa jadi solusinya. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya bisa membantu mengatasi kantung mata hitam karena dapat melancarkan aliran darah di area bawah mata.

Cara Membuat Bubuk Kopi untuk Wajah - productnation.co

Cara Membuat Bubuk Kopi untuk Wajah – productnation.co

Cara Membuat Masker Kopi

Masker Kopi & Gula untuk Hilangkan Komedo

  1. Masukkan kopi dan gula ke dalam mangkuk kecil.
  2. Tambahkan air secukupnya sampai adonan bertekstur seperti pasta.
  3. Aplikasikan masker ke wajah yang sudah dibersihkan
  4. Diamkan selama 30-40 menit dan bilas sampai bersih.
Baca juga:  Pilihan Produk Jafra Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Masker Kopi &Madu untuk Wajah Kusam/Kering

  1. Masukkan kopi ke dalam mangkuk dan tambahkan madu secukupnya.
  2. Campurkan bahan-bahan itu sampai terbentuk seperti pasta.
  3. Aplikasikan ke wajah yang sudah bersih, lalu diamkan selama 20-30 menit.
  4. Basuh wajah dengan air sampai bersih.

Masker Kopi & Susu untuk Mencerahkan Kulit

  1. Masukkan 2 sendok makan kopi ke dalam sebuah wadah.
  2. Tambahkan 1 sendok makan susu cair (tanpa rasa).
  3. Campurkan kedua bahan itu sampai berbentuk pasta.
  4. Oleskan masker ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit atau sampai kering.
  5. Bilas dengan air bersih.

Karena bubuk kopi termasuk bahan alami, perawatan menggunakan masker bubuk kopi ini membutuhkan kesabaran dan penggunaan rutin sampai Anda merasakan hasilnya.

[1] Olivia, F. 2012. Khasiat Bombastis Kopi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

[2] Go Dok. 2019. Beautyclopedia: 110 Rahasia Cantik Alami. Linda I, editor. Jakarta: PT Grasindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: