Jangan Dibuang! Bonggol Nanas Punya Segudang Manfaat

Buah nanasBuah nanas

Siapa sih yang tidak tergoda dengan rasa asam manis buah nanas? Memang, buah dengan citarasa asam lebih menggoda, karena rasa asam dapat menstimulasi otak untuk memproduksi air liur lebih banyak. Selain daging buahnya, ternyata bonggol atau jantung nanas juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan.

Nanas dengan nama ilmiah Ananas comosus L. merupakan buah tropis dengan daging buah berwarna kuning. Daging nanas sendiri mengandung air, kalium, kalsium, iodium, sulfur, dan klor. Selain buahnya, bonggol nanas juga diperkaya dengan komposisi nutrisi lengkap, khususnya enzim bromelain.[1] Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan enzim pada jantung nanas, tak heran bagian tersebut memiliki beberapa khasiat.

Mengurangi dan Atasi Pembengkakan

Dilansir dari Republika, bonggol nanas memiliki sifat anti-inflamasi dan iritasi yang mampu mengurangi sekaligus mengatasi pembengkakan di luar maupun dalam tubuh. Sifat anti-inflamasi tersebut diperoleh dari adanya enzim bromelain pada jantung nanas. Enzim bromelin merupakan kompleks enzim proteolitik (pencerna protein) yang mampu menghidrolisis berbagai macam protein dalam berbagai lingkungan asam dan basa.

Dengan sifat anti-inflamasi sekaligus anti-iritasinya, bonggol nanas dapat mempercepat proses penyembuhan memar dan mengurangi rasa tidak nyaman setelah operasi atau tindakan medis lainnya. Untuk menyembuhkan memar di dalam tubuh, Anda cukup mengonsumsi bonggol nanas secara rutin. Sementara, untuk mengobati memar di luar atau permukaan kulit, Anda bisa menumbuk jantung nanas dan menempelkannya pada area yang sakit.

Baca juga:  Mengapa Diet Tidak Memiliki Manfaat Jangka Panjang?
Daun bonggol nanas

Daun bonggol nanas

Membantu Proses Penyembuhan Kanker Usus

Dilansir dari Liputan6, bagian tengah nanas yang keras memiliki banyak enzim bromelin yang berfungsi sebagai anti-kanker usus. Bagi pasien dengan riwayat kanker usus, enzim tersebut bisa melunakkan dinding-dinding sel, sehingga obat dapat masuk secara maksimal ke bagian inti sel yang bermasalah.

Selain bisa dipakai untuk membantu mempercepat proses penyembuhan kanker usus, bonggol nanas juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sekaligus mencegah kanker usus. Caranya, Anda hanya perlu mengumpulkan bonggol nanas dan mengubahnya menjadi jus yang sehat untuk diminum.

Turunkan Kadar Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol atau sedang mengalami gejala penyakit kolesterol, bisa minum secangkir jus jantung nanas. Ini karena kandungan nutrisi pada nanas mampu membantu menurunkan serta mengontrol kadar kolesterol atau lemak jahat dalam darah.

Baca juga:  Apakah Berbahaya Jika Ibu Hamil Menggaruk Kulit yang Gatal?

Untuk mengontrol atau mengatasi kadar kolesterol yang tinggi, Anda bisa minum jus bonggol nanas tanpa gula. Perlu Anda ketahui, mengonsumsi atau minum jus bonggol nanas tidak menimbulkan efek samping, selama Anda tidak memiliki alergi terhadap buah tersebut. Jus jantung nanas tersebut juga bisa dijadikan sebagai asupan untuk mencegah gejala kolesterol yang sering menyerang.

Bonggol nanas

Bonggol nanas

Mencerahkan Kulit Tubuh

Bonggol nanas tidak hanya kaya akan enzim bromelin, tetapi juga kaya vitamin, terutama vitamin C. Bagi Anda yang ingin mencerahkan warna kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat, bisa mencoba membuat lulur nanas. Kandungan vitamin C tinggi yang ada pada lulur bonggol nanas mampu mencerahkan sekaligus menutrisi kulit Anda. Apalagi, salah satu ciri kulit kurang sehat adalah kusam dan gelap.

Untuk membuat lulur jantung nanas tidaklah sulit. Anda hanya memerlukan sekitar 4 buah bonggol nanas yang sudah dibersihkan. Setelah itu, potong bonggol nanas dengan pola dadu dan masukkan ke blender. Tambahkan minyak zaitun atau kelapa, dan blender hingga halus. Lulur nanas yang sudah jadi bisa langsung dipakai, seperti lulur pada umumnya.

Baca juga:  Sederet Produk Bedak Padat (Compact Powder) Mustika Ratu

Atasi Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat dan tak kunjung sembuh, bisa mencoba menggunakan masker bonggol nanas. Masker yang diperkaya dengan vitamin C dan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-iritasi tersebut memiliki manfaat membantu menyembuhkan dan merawat kulit yang berjerawat, serta menghilangkan noda bekas jerawat.

Cara membuat masker jerawat dari bonggol nanas tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan satu bonggol nanas yang sudah dicuci bersih dan sedikit air mawar. Blender kedua bahan tersebut hingga teksturnya tidak terlalu kental dan padat. Setelah itu, oleskan secara merata pada wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

[1] Natritasari, Fimma, dkk. 2010. Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Etanol Bonggol Nanas (Ananas comosus (L. Merr) terhadap Apoptosis Karsinoma Sel Skuamosa Lidah Manusia. Majalah Obat Tradisional, Vol. 15(1): 16-25.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: