Tak Hanya untuk Bayi, Bedak Bayi Simpan Beragam Manfaat untuk Rambut Hingga Wajah

Ilustrasi: meniup bedak bayi (sumber: topclassactions.com)Ilustrasi: meniup bedak bayi (sumber: topclassactions.com)

Bedak bayi biasanya banyak digunakan untuk membuat kondisi pantat bayi tetap kering atau bisa juga untuk mengurangi gejala iritasi atau kemerahan karena terlalu lama mengenakan popok. Menurut Gupte (2004), cara yang benar untuk mengaplikasikan bedak bayi adalah tidak secara langsung, namun usapkan dengan tangan Anda. Ingat, jika bedak dihirup oleh bayi bisa berbahaya. Bahkan bedak terbaik bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada permukaan kulit, khususnya di musim panas.

Nah, selain untuk bayi, rupanya bedak bayi menyimpan banyak manfaat lain yang membuatnya dapat digunakan pula oleh orang dewasa. Manfaat bedak bayi pun beragam, mulai dari untuk rambut, untuk bulu mata, hingga untuk mengurangi minyak di kulit. Berikut ulasan lengkapnya.

Sebagai Pengganti Dry Shampoo

Dry shampo saat ini sedang hits di kalangan wanita. Produk satu ini bisa menjadi ‘pertolongan pertama’ ketika sedang bad hair day atau saat rambut lepek karena belum keramas. Dry shampoo di pasaran memang relatif mahal, untuk alternatif yang lebih murah, banyak yang lebih memilih menggunakan bedak bayi untuk rambut.

Fungsinya pada dasarnya sama saja, untuk menyerap minyak berlebih pada rambut dan membuat rambut terlihat lebih bervolume. Cara pemakaian bedak bayi cukup mudah. Anda tinggal menaburkan bedak bayi yang teksturnya tabur di bagian batang-batang rambut yang terlihat berminyak. Bisa juga Anda taburkan ke telapak tangan terlebih dahulu agar hasilnya lebih rapi. Lalu gunakan jari atau sisir untuk meratakan bedak. Tapi ingat ya, meski bisa menghilangkan minyak di rambut, Anda tetap harus keramas untuk membersihkan rambut secara keseluruhan.

Memanjangkan Bulu Mata

Tak hanya untuk rambut, bedak bayi pun kabarnya bisa bermanfaat untuk membantu memanjangkan bulu mata. Untuk pengaplikasiannya bisa dibantu dengan maskara. Pertama-tama, pulaskan maskara di bulu mata Anda. Kemudian bubuhkan sedikit bedak bayi di bulu mata ketika lapisan pertama maskara Anda masih basah. Selanjutnya, pulaskan lagi maskara untuk menutupi bedak yang menempel di bulu mata. Dengan cara ini, bulu mata Anda akan tampak lebih panjang, lentik, dan tebal. Tapi hati-hati ya saat menaburkan bedak! Jangan sampai bedaknya masuk ke dalam mata.

Ilustrasi: aplikasi bedak bayi untuk perawatan kecantikan (sumber: pubshares.com)

Ilustrasi: aplikasi bedak bayi untuk perawatan kecantikan (sumber: pubshares.com)

Mengurangi Minyak di Kulit Wajah

Bedak bayi memang selama ini lebih banyak dipakai untuk kulit bayi atau anak-anak. Menariknya, kandungan yang ringan dan relatif aman pada bedak bayi ini pun dapat Anda fungsikan sebagai make-up sehari-hari. Bedak bayi disebut-sebut mampu menyerap minyak berlebih di wajah Anda. Formula bedak bayi yang relatif ringan juga diklaim cocok untuk segala jenis kulit wajah. Namun perlu Anda ketahui, bedak bayi yang sifatnya ringan dan lembut ini tidak memiliki ketahanan yang awet layaknya compact powder atau bedak padat. Jadi jangan berharap lebih dari produk satu ini kalau untuk urusan coverage atau daya tahannya.

Mengubah Tampilan Lipstik Jadi Matte

Manfaat menakjubkan lainnya dari bedak bayi adalah dapat membuat tampilan lipstik glossy atau satin-finished Anda menjadi matte dan juga lebih tahan lama. Cara pemakaiannya cukup mudah, Anda tinggal mengaplikasikan lipstik seperti biaya. Kemudian jangan langsung mengoleskan bedak bayi ke bibir. Tetapi, siapkan dulu selembar tisu dan katup-katupkan bibir di tisu. Setelah itu, baru aplikasikan bedak bayi dengan menggunakan brush ke bibir. Selain dapat menyerap minyak dan kilau, lipstik Anda pun akan memiliki hasil akhir bernuansa powdery matte yang kabarnya bisa tahan lebih lama.

Meminimalisir Iritasi Saat Waxing

Menghilangkan bulu di beberapa area tubuh dengan metode waxing memang dikenal cukup menyakitkan. Namun ternyata ada trik supaya waxing tak lagi terasa begitu menyakitkan, yakni dengan menaburkan bedak bayi secukupnya di area yang hendak di-wax. Cara ini ternyata dapat membuat strip wax dapat menempel pada bulu yang hendak dicabut saja, bukan menempel di kulit. Selain untuk waxing, bedak bayi pun bisa dimanfaatkan saat hendak shaving dan Anda sedang kehabisan shaving cream. Setelah mengaplikasikan bedak bayi, proses shaving pun kabarnya akan lebih mudah karena kulit Anda akan jadi lebih halus dan licin.

Referensi:

Baca juga:  Selain Diminum, Bisakah Kapsul Natur E Digunakan Untuk Masker?

Gupte, Suraj. 2004. Panduan Perawatan Anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: