Manajemen Yang Sudah Terbentuk, Menjadi Keuntungan Bisnis Waralaba Alfamart

Waralaba Alfamart - (Sumber: kreasitekno.co)Waralaba Alfamart - (Sumber: kreasitekno.co)

Berbisnis waralaba memang membutuhkan modal yang besar. Dengan modal yang besar, juga dapat mendatangkan keuntungan berlipat. Salah satu bisnis waralaba yang sedang menjamur adalah minimarket seperti alfamart.

Alfamart menjadi salah satu tempat berbelanja bagi masyarakat yang mudah ditemukan di mana saja. Biasanya tidak jauh dari Alfamart, terdapat minimarket serupa seperti Indomaret atau Alfamidi. Hal ini mungkin merupakan salah satu strategi pemasaran dari pihak yang berkepentingan.

Bisnis waralaba ini tentunya mendatangkan keuntungan. Beberapa keuntungan dari bisnis franchise Alfamart antara lain, Pertama, manajemen bisnis telah terbangun. Hal ini dikarenakan bisnis Alfamart merupakan bisnis yang profesional. Manajemen bisnis telah dikelola oleh PT Sumber ALfaria Trijaya Tbk. Hal tersebut termasuk dalam hal perekrutan dan pelatihan karyawan. Kedua hal itu akan dilakukan perusahaan tersebut selaku pemegang saham dari bisnis Alfamart.

Baca juga:  Miliki Banyak Konsumen dan Tak Perlu Modal Besar, Bisnis Es Mambo Dianggap Menguntungkan

Kedua, manajemen finansial sudah terbentuk. Bisnis Alfamart membuat rekan bisnis waralabanya menerima hasil bersih, karena untuk urusan manajemen finansial (keuangan) diurus oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Karena kemudahan di bidang keuangan, jenis waralaba ini dapat dicoba bagi pemula di bidang bisnis.

Ketiga, pasokan barang yang selalu terjaga. Rekan bisnis waralaba tidak perlu khawatir dengan pasokan barang, karena manajerial dalam Alfamart menjamin ketersediaan pasokan barang pada setiap cabang.

Keempat, sudah familiar di masyarakat. Reputasi yang cukup baik dan keberadaannya yang telah ada di banyak tempat umum, membuat nama Alfamart sudah dikenal oleh masyarakat. Keuntungan dari dikenal oleh masyarakat adalah terbantunya proses promosi, sehingga menjadikan kegiatan promosi menjadi tidak terlalu berat.

Keuntungan berbisnis waralaba Alfamart tidak saja mendatangkan keuntungan di bidang manajerial, tetapi juga dari sisi materiil. Keuntungan dari sisi materiil dipandang sebagai sesuatu yang menjanjikan dari bisnis ini. Sehingga, tidak heran bisnis ini digemari oleh masyarakat.

Transaksi di Alfamart - (Sumber: id.linkedin.com)

Transaksi di Alfamart – (Sumber: id.linkedin.com)

Sebagai langkah awal memulai bisnis ini adalah dengan menyiapkan gedung (bangunan) yang dirasa strategis. Hal ini merupakan syarat utama untuk masuk di bisnis waralaba Alfamart. Kemudian, nanti pihak perusahaan akan meninjau lokasi untuk melihat potensi serta pemenuhan syarat untuk dijadikan toko. Jika disetujui, rekan bisnis akan diberikan proposal yang berisi gambaran prospek keuangan ketika toko itu mulai dijalankan.

Ketika bisnis berjalan, rekanan akan dibagi keuntungan sekitar tiga atau empat persen. Sementara untuk nilai investasi, pihak Alfamart mematok di sekitar angka Rp 400 juta.

Sebagai bisnis yang memiliki banyak pesaing, kenyamanan dalam berbelanja merupakan satu hal yang tidak boleh diabaikan. Untuk memberikan kenyamanan konsumen ketika berbelanja, standar pelayanan sebaiknya diperhatikan.

Menurut beberapa orang yang sudah berkecimpung di bisnis waralaba Alfamart, pelayanan yang ditawarkan oleh pihak retail tersebut selalu membawa nuansa pelayanan yang baik. Beberapa faktor pelayanan yang sebaiknya diperhatikan meliputi pelayanan yang ramah, produk berkualitas, harga terjangkau, promo menarik dan banyak hadiah, ditambah dengan tampilan outlet yang menarik.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: