Info Seputar Makanan yang Mengandung Glucosamine untuk Meredakan Masalah Persendian

Ilustrasi: nyeri sendi kaki (sumber: telegraph.co.uk)Ilustrasi: nyeri sendi kaki (sumber: telegraph.co.uk)

Tak dapat dimungkiri nyeri persendian juga dirasakan oleh sebagian orang di usia muda. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari obesitas, merokok, hingga riwayat cedera yang pernah dialami. Meski bukan masalah besar, nyeri pada bagian persendian cukup mengganggu aktivitas Anda apabila tidak segera ditangani. Salah satu langkah awal yang tepat untuk menekan rasa nyeri tersebut yakni dengan memperhatikan asupan makanan pada tubuh. Anda dapat mencoba makanan yang mengandung glucosamine karena memiliki manfaat baik bagi kesehatan sendi.

Sebelum mengulas beragam makanan yang mengandung glucosamine, perlu Anda ketahui penyebab nyeri sendi. Umumnya, penyebab nyeri sendi berasal dari radang sendi, infeksi virus, serta gangguan sendi kronis yang sudah ada (seperti rheumatoid arthritis atau psoriatic arthritis), gout atau arthritis kalsium pirofosfat (pseudogout). Anda juga akan merasakan nyeri sendi karena penyakit lyme, infeksi bakteri gonore dan streptokokus, artritis reaktif (arthritis yang berkembang setelah infeksi saluran pencernaan atau saluran kemih), hingga asam urat. 

Banyak sekali penyebab gangguan sendi yang dapat dirasakan dengan gejala rasa nyeri berlebihan pada area persendian setelah melakukan kegiatan tertentu, hingga pembengkakan. Jika tidak diatasi dengan segera, bukan tidak mungkin akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya sehingga Anda tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Berikut jenis makanan yang mengandung glucosamine atau glukosamin yang berkhasiat menyembuhkan nyeri persendian.

Jenis Makanan yang Mengandung Glucosamine

Salmon

Ternyata ikan yang satu ini tak hanya baik untuk perkembangan otak, tetapi juga bermanfaat menjaga kesehatan persendian Anda. Ikan salmon termasuk makanan yang memiliki kandungan glukosamin tinggi dan ampuh dalam mengatasi persoalan persendian. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi yang dimiliki salmon juga berkhasiat sebagai anti peradangan. Belum lagi kandungan vitamin D yang mampu menjaga kesehatan tulang.

Sumsum Tulang Hewan

Bagian dari sumsum ini juga dikenal memiliki kandungan glukosamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian Anda. Anda dapat mengonsumsi sumsum tulang hewan dalam berbagai olahan masakan meliputi, sop, bakso, soto, hingga rawon.

Bahan makanan sumber glucosamine

Bahan makanan sumber glucosamine

Teripang Laut

Teripang laut juga menjadi salah satu jenis hewan laut yang mungkin saja tidak banyak diketahui manfaatnya bagi sebagian orang. Namun, karena kandungan glucosamine di dalamnya mampu menjaga kesehatan persendian Anda. Selain itu, kandungan proteinnya yang tinggi lebih baik dari telur akan semakin maksimal meningkatkan kesehatan tubuh.

Buah Ceri

Buah ceri telah dikenal sebagian orang mampu mengatasi encok, sehingga tak heran jika buah ceri dapat meredakan nyeri sendi Anda. Kandungan glucosamine di dalamnya serta zat baik lainnya menjadi kombinasi yang ampuh. Bahkan, Para peneliti dari Oregon Health and Science University menemukan bahwa, buah ceri mengandung zat anti-inflamasi. Zat ini juga dapat mengurangi nyeri pada orang yang menderita radang sendi pada tulang.

Selain dari makanan, sebagian orang juga mengonsumsi suplemen untuk memperoleh zat glukosamin lebih efektif. Anda dapat menemukan berbagai merek suplemen yang mengandung glukosamin sesuai kebutuhan, berikut rincian jenis suplemen dan harga di pasaran. 

Jenis Suplemen Glucosamine di Pasaran

Varian SuplemenKandunganHarga (Rp)
GNC TriflexKondroitin sulfat, MSM, hyaluronic acid1,2 juta 
Blackmores Joint Formula AdvancedKondroitin sulfat, mangan, boron505 ribu 
Bioglan Glucosamine Chondroitin + TurmericKondroitin sulfat, kunyit345 ribu 
Dynamic Health Liquid Joint Elixir GlucosamineMSM, kondroitin, likopen, hyaluronic acid, vitamin D, dan mineral480 ribu 
Puritan’s Pride Triple Strength Glucosamine, Chondroitin & MSM Joint SootherMSM, kondroitin sulfat, kolagen (hydrolyzed gelatin)720 ribu 
Suplemen glucosamine (sumber: iheartdogs.com)

Suplemen glucosamine (sumber: iheartdogs.com)

Harga di atas kami rangkum dari beberapa situs online, dengan kemasan per botolnya isi 120 tablet. Anda dapat membeli langsung di apotek atau toko obat terdekat, karena masih banyak lagi merek suplemen glukosamin yang beredar di pasaran. Bagi Anda penderita osteoarthritis perlu memperhatikan dosis mengonsumsi glucosamine berbagai bentuk sesuai petunjuk dokter.

Dosis Mengonsumsi Glucosamine bagi Penderita Osteoarthritis

Glucosamine oral (suplemen herbal)

Kandungan suplemen glukosamin yang disarankan yakni 1500 miligram (mg), diminum sekali sehari atau 500 mg diminum tiga kali sehari. Beberapa resep dokter juga menambahkan suplemen 400 mg chondroitin sulfate yang dapat diminum bersamaan sebanyak 2-3 kali sehari, dan bisa digunakan selama 3 tahun. Anda juga dapat mengonsumsinya bersama dengan glucosamine sulfate yang dapat diminum dengan takaran 750 mg sebanyak dua kali sehari. Dosis ini diminum bersama dengan ekstrak akar kunyit 500 mg diminum dua kali sehari dan digunakan selama 6 minggu.

Glucosamine injeksi

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter jika memutuskan memilih glukosamin dengan cara injeksi. Dosis yang biasa digunakan oleh dokter yakni 400 mg glucosamine sulfate akan disuntikkan pada pasien sebanyak dua kali seminggu dan dilakukan selama 6 minggu atau sesuai kebutuhan.

Ilustrasi: suntikan obat (sumber: nypost.com)

Ilustrasi: suntikan obat (sumber: nypost.com)

Glucosamine oles

Anda dapat menggunakan krim glukosamin yang dioleskan secara rutin selama enam minggu. Kandungan krim glukosamin meliputi 30 mg/gram glucosamine sulfate, 50 mg/gram chondroitin sulfate, 140 mg/gram chondroitin sulfate, 32 mg/gram kapur barus (kamper), dan 9 mg/gram minyak peppermint.

Berbeda dengan anak-anak, obat atau suplemen yang mengandung glucosamine tidak disarankan dikonsumsi sembarangan, sebab dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko glukosamin bagi anak-anak.

Efek Samping Mengonsumsi Glucosamine

Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan atau suplemen bagi tubuh. Beberapa orang harus berhati-hati atau berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini. Reaksi alergi dapat muncul meliputi kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, dan tenggorokan, dan ruam kulit. 

Efek samping yang dapat terjadi yakni diare, sembelit, sakit kepala, mengantuk, hingga sensasi terbakar di dada. Penderita tekanan darah tinggi, diabetes, mengalami penyakit ginjal, gangguan perdarahan, penyakit jantung, serta ibu hamil, dan ibu menyusui disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika ingin mengonsumsi suplemen glukosamin. 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: