Makanan Bergizi untuk Otak, Tambah Daya Fokus dan Konsentrasi

Ilustrasi: aktivitas yang membutuhkan konsentrasiIlustrasi: aktivitas yang membutuhkan konsentrasi

Seringkali kita merasa sulit untuk fokus dan kurang konsentrasi. Ini sebenarnya adalah salah satu gangguan yang terjadi pada otak. Untuk meningkatkan daya fokus serta konsentrasi, tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan bergizi yang terbilang baik untuk otak Anda.

Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Makanan yang baik untuk otak haruslah bergizi dan mudah dicerna, karena akan membantu otak menjadi lebih kuat dan tidak mudah goyah saat digunakan untuk berpikir. Agar daya konsentrasi dan fokus makin meningkat, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan gizi lengkap di pagi hari atau biasa disebut dengan sarapan.

Makanan mengandung karbohidrat kompleks (sumber: shapeoandyou.com)

Makanan mengandung karbohidrat kompleks (sumber: shapeoandyou.com)

Sarapan adalah hal paling penting dan wajib dilakukan sebelum melakukan aktivitas harian. Kandungan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi saat sarapan, bisa dicerna dengan mudah oleh tubuh dan langsung berimbas di otak, sehingga Anda bisa lebih fokus dan konsentrasi saat melakukan aktivitas harian, termasuk belajar atau bekerja.[1]

Agar otak lebih terpacu lagi dan tidak mudah goyah saat berpikir, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks. Dilansir dari HuffPost, karbohidrat merupakan sumber bahan bakar utama otak. Anda bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari sayuran dan biji-bijian, yang lebih baik daripada karbohidrat yang diperoleh dari ubi dan nasi.

Baca juga:  Jangan Malas Cuci Muka, Ini Bahayanya Jika Tidur Masih Pakai Makeup!

Makanan Berlemak Nabati

Makanan dengan kandungan lemak, ada yang sehat dan tidak. Pilihlah makanan dengan banyak kandungan lemak tidak jenuh dan sedikit lemak jenuh, seperti lemak nabati. Ada banyak tumbuhan atau makanan nabati yang bisa dikonsumsi, di antaranya alpukat, biji kenari, tempe kedelai, dan tahu.

Minyak zaitun

Minyak zaitun

Lemak nabati juga bisa didapatkan dengan mudah dari berbagai macam minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, canola oil, minyak kelapa, dan masih banyak lagi. Minyak nabati seperti ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu bahan tambahan dengan kadar secukupnya saat memasak.

Selain tidak mengandung lemak jahat, makanan tersebut juga mengandung lemak omega-3 yang mendukung proses penyampaian pesan dari panca indera agar bisa langsung menuju otak dengan cepat. Sehingga, Anda bisa cepat tanggap dengan segala informasi yang Anda lihat. Selain itu, Anda juga bisa lebih fokus dan konsentrasi dengan hal yang Anda lihat.

Makanan Berprotein Tinggi

Ilustrasi: bahan makanan berprotein tinggi (sumber: drinkiconic.com)

Ilustrasi: bahan makanan berprotein tinggi (sumber: drinkiconic.com)

Bagi Anda yang masih dalam usia pertumbuhan, protein sangat baik untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan otak. Tidak hanya itu, protein juga baik bagi orang dewasa yang sering mengalami penurunan daya fokus, daya ingat, dan daya konsentrasi. Protein yang Anda dapatkan bisa berasal dari protein hewani atau nabati.

Baca juga:  Update Varian dan Harga La Tulipe Whiteness Series, Rangkaian Produk untuk Memutihkan Wajah

Jika Anda masih dalam usia anak-anak atau remaja, akan lebih baik mendapatkan protein dari makanan seperti daging, ikan, telur, dan jenis makanan hewani lainnya. Sementara itu, jika Anda sudah memasuki usia dewasa atau 20 tahun ke atas, sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan protein nabati, di antaranya tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Makanan Berserat Tinggi

Ilustrasi: makanan sehat berserat (sumber: healthination.com)

Ilustrasi: makanan sehat berserat (sumber: healthination.com)

Selain membutuhkan protein, otak juga memerlukan makanan yang berserat. Makanan dengan kandungan serat tinggi memiliki daya serap yang lebih cepat dalam tubuh. Sehingga, nutrisi pada makanan juga bisa diserap oleh otak dengan cepat. Ini akan membantu kinerja otak dalam proses fokus dan konsentrasi terhadap sebuah objek.

Serat tidak hanya baik untuk otak, tetapi juga sistem pencernaan. Makanan berserat tinggi akan membantu kinerja sistem pencernaan menjadi lebih mudah. Sehingga, Anda bisa menghindari gejala sakit perut, seperti sembelit atau susah BAB. Contoh makanan berserat tinggi yang baik untuk otak sekaligus sistem pencernaan, antara lain pisang, apel, jeruk, gandum, kentang, jagung, dan wortel.

Baca juga:  Rimpang Kaya Khasiat, Begini Cara Mengkonsumsi Kunyit Putih untuk Kesehatan

Makanan Vitamin C dan E

Makanan sumber vitamin c (sumber: healthination.com)

Makanan sumber vitamin c (sumber: healthination.com)

Supaya otak bisa berkonsentrasi dan fokus dengan baik, setidaknya Anda harus mengonsumsi makanan bervitamin setiap hari sebanyak seporsi dalam sehari. Pilihlah makanan dengan kandungan vitamin C dan E yang tinggi. Vitamin tersebut juga berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Makanan dengan kandungan vitamin dan antioksidan, dipercaya dapat meningkatkan daya imun, membantu memperbaiki jaringan yang rusak, meremajakan kulit, menangkal radikal bebas, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai menu sarapan harian, agar otak menjadi lebih fokus dan daya konsentrasi lebih meningkat. Untuk mendapatkan nutrisi berupa vitamin C dan E, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau suplemen.

[1] Yunita, Wida Ratna & Triska Susila Nindya. 2017. Hubungan Kebiasaan Sarapan, Kecukupan Zat Gizi dan Cairan dengan Daya Konsentrasi Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia UNAIR, Vol. 12(2): 123-128.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: