Inilah 5 Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas dan Pintar

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas Buah berry via hellosehat.com

Mendambakan yang cerdas dan pintar adalah hal yang wajar bagi setiap ibu di luar sana, mungkin termasuk juga bunda. Ada beragam upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan keinginan itu. Salah satunya ialah dengan mengkonsumsi makan muda agar yang lahir nanti cerdas dan pintar.

Memilah-milah untuk dikonsumsi tentu harus dilakukan sejak dini. Sejak si kecil ada di dalam kandungan, sang ibu hendak menyiapkan segala kebutuhan. Termasuk nutrisi untuk si ibu dan calon bayi di dalam kandungan. Semua itu bisa dipenuhi dengan ibu hamil muda yang pada kesempatan kali ini akan kita bahas bersama-sama.

Kira-kira, makanan apa saja yang termasuk ke dalam makanan ibu hamil muda agar anak-anak yang dilahirkan nanti memiliki yang tinggi? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Makanan ibu hamil muda: Suplemen minyak ikan

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Suplemen minyak ikan via deherba.com

Banyak bunda di luar sana yang mengabaikan jenis makanan yang satu ini. Yakni suplemen minyak ikan. Banyak sekali manfaat yang diberikan dari suplemen minyak ikan. Makanan ini mengandung omega 3 yang sangat bagus untuk kesehatan dan kinerja otak manusia.

Salah satu rekomendasi suplemen yang bisa bunda konsumsi adalah minyak ikan salmon. Kandungan omega-3 DHA/EPA yang cukup akan membantu bunda untuk meningkatkan kinerja otak si kecil sedari kandungan. Saran dokter, konsumsi suplemen ini ketika masa kandungan menginjak trimester akhir.

2. Buah berry

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Buah berry via hellosehat.com

Makanan ibu hamil muda yang berikutnya adalah buah berry. Saran makanan yang boleh dikonsumsi untuk menunjang kecerdasan anak ketika lahir nanti, salah satunya adalah buah beri ini. Memang mengkonsumsi buah-buahan sudah menjadi saran dan rahasia umum para dokter agar ibu hamil tetap terjaga kesehatannya.

Buah beri yang meliputi raspberry, strawberry, blueberry dan sejenisnya sangat bagus untuk meningkatkan kinerja tubuh dalam membentuk sistem syaraf pada janin. Sehingga, calon bayi akan memiliki sistem syaraf yang optimal karena sudah didukung nutrisinya ketika masih di dalam kaandungan. Bunda wajib coba nih!

3. Yoghurt

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Yoghurt via hellosehat.com

Fungsi dan peran yang hampir sama ditunjukkan oleh makanan ibu hamil muda yang ketiga, yakni yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan protein yang cukup tinggi untuk memenuhi energi sang bunda maupun janin yang masih ada di dalam kandungan. Tentu saja akan sangat bermanfaat jika bunda rutin mengkonsumsi.

Pada saat masih dalam kandungan, sang janin memerlukan energi lebih untuk melakukan pembentukan sistem syaraf di dalam embrio. Selain sistem syaraf, janin juga akan memperkuat kematangan sel dalam tubuhnya. Untuk memenuhi hal tersebut, maka perlu kalsium dan yodium yang keduanya ada di dalam yoghurt.

4. Kacang polong

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Kacang polong via merdeka.com

Buat bunda yang suka camilan kacang polong nih, cocok untuk mengkonsumsinya. Makanan yang tak terlalu berat sehingga cukup untuk dimakan selingan ketika sedang melakukan aktivitas-aktivitas ringan seperti membaca buku, menonton televisi, atau sekadar menikmati udara pagi di teras rumah belakang.

Bayi yang masih di dalam kandungan memerlukan nutrisi yang cukup tinggi, terlebih untuk membentuk kinerja otak yang nanti akan sangat vital untuk perkembangan tubuh dan sistem syarafnya. Kacang polong atau biasa disebut polong-polongan mengandung zat besi tinggi yang berguna untuk pertumbuhan fisik janin karena mampu menjaga kelancaran oksigen pada janin.

5. Telur ayam

Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Telur ayam via merdeka.com

Makanan ibu hamil muda kali ini mudah didapat dan tergolong populer, yakni telur ayam. Bunda mungkin kaget karena telur ayam biasanya tidak terlalu direkomendasikan. Tapi kali ini telur ayam memiliki peran yang berguna untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

Telur ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, serta kolin yang cukup tinggi pula. Kolin inilah yang memiliki peran penting membantu mengoptimalkan peran pertumbuhan otak pada janin, serta yang tidak kalah penting adalah menurunkan risiko cacat bawaan lahir pada janin.

Nah, itu dia tadi sederet makanan ibu hamil muda yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar anak-anak yang lahir nanti memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Tentu dengan pengawasan, porsi dan pengolahan yang pas, ya, bunda! Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: