Jenis Makanan yang Ideal untuk Hamster Winter White

Hamster winter white (sumber: artofit.org)Hamster winter white (sumber: artofit.org)

Hamster merupakan sejenis binatang pengerat yang cukup mudah untuk dipelihara. Karakternya yang cenderung jinak, lincah, dan lucu membuat hampir semua orang tertarik untuk memilikinya. Terlebih karena ada banyak jenis hamster yang beredar di pasaran Indonesia, mulai dari jenis Campbell, Roborovski, Syrian, hingga Winter White. Jenis makanan hewan menggemaskan ini umumnya adalah biji-bijian dan sayur-sayuran.

Dari seluruh jenis hamster yang beredar, Winter White bisa dibilang sebagai salah satu jenis hamster yang cukup populer untuk dipelihara. Hewan ini terutama hidup di wilayah Siberia serta dapat pula ditemukan di Dzungaria, Kazakhstan, Mongolia, dan Manchuria. Usia hewan ini berkisar antara 1,5-2 tahun atau bahkan lebih.

Hamster Winter White terdiri dari berbagai jenis, mulai dari Winter White Normal, Sapphire, Pearl, Golden, Blue Argente, hingga Violet. Di pasaran rupanya harga hamster Winter White cukup murah, berkisar dari belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah saja per ekor.

Hamster Winter White mempunyainamaLatin PhodopusSungorusserta ditemukan pada tahun 1770. Hamster satu ini sangat unik, karena kabarnya dapat mengubah warna bulu sesuai dengan perubahan suhu. Ketika musim dingin, hamster Winter White cenderung berbulu putih dan akan berubah sesuai warna aslinya pada musim panas. Ukuran tubuh hamster Winter White sekitar 7-9 cm.

Baca juga:  Ini Dia 5 Vitamin Penambah Stamina untuk Wanita

Apabila dibandingkan dengan jenis hamster lain, kabarnya hamster Winter White cenderung lebih pemalas. Akan tetapi, hewan imut ini mudah jinak dan tenang, sehingga cocok untuk dipelihara oleh para pemula. Kebanyakan waktunya digunakan untuk tidur, sehingga hamster Winter White tampak kurang aktif bermain. Namun demikian, hamster Winter White suka memanjat ke tangan manusia dan tidak menggigit. Berikut pakan yang cocok untuk hamster Winter White.

Makanan Hamster Winter White

Hamster pada dasarnya sangat menyukai biji bunga matahari. Di habitatnya, binatang ini memakan biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan sebagai makanan favoritnya. Namun, pakan berupa sayuran saja tidak cukup membuat hamster kenyang. Sayuran banyak mengandung air, tetapi rendah karbohidrat, sehingga hamster cepat lapar dan sering buang air kecil. Sayuran juga cepat dicerna, sehingga urine yang keluar lebih banyak daripada kotoran padatnya.[1]

Baca juga:  Cara dan Takaran Membuat Gula Cair Sendiri, Bahannya Gampang Banget!
Pakan hamster winter white (sumber: pinterest)

Pakan hamster winter white (sumber: pinterest)

Pemberian pakan berupa biji bunga matahari saja dapat menyebabkan hamster kegemukan, karena biji bunga matahari, terutama yang berjenis kecil dan berkulit putih, banyak mengandung lemak, walaupun sisi positifnya kandungan lemak biji bunga matahari bisa membuat bulu hamster sehat dan berkilau. Karena itu, pakan harus diberikan secara bervariasi.

Pakan yang baik berupa pakan yang terdiri atas campuran biji-bijian seperti kacang-kacangan, jagung, dan pelet dengan kandungan vitamin yang lengkap. Umumnya, hamster membutuhkan 18-20% protein, lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan protein kelinci yang hanya 14%.[2]

Sementara itu, makanan selingan yang dapat diberikan kepada hamster adalah apel, wortel, kol, tomat, dan jagung. Makanan tersebut diberikan dalam jumlah tertentu. Hamster juga bisa diberikan salad yang berupa campuran tahu, brokoli, dan biskuit. Ketiga bahan tersebut dihancurkan, dicampur menjadi satu, dan disajikan dalam keadaan segar.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi hamster, yakni makanan yang sudah diberi bumbu, makanan manis seperti cokelat dan permen, makanan anjing atau kucing yang berkadar protein tinggi, serta segala jenis jeruk atau lemon.[3]

Baca juga:  Cara Menghangatkan Bubur Ayam, Praktis & Bisa Dicoba di Rumah

Penyakit dan gangguan kesehatan pada hamster sering disebabkan kurangnya kebersihan pakan. Karena itu, pakan untuk hamster sebaiknya disimpan di dalam wadah tertutup, serta terhindar dari suhu yang panas dan sinar matahari langsung.

Pakan hendaknya diletakkan di dalam wadah berupa mangkuk kecil yang bermulut tidak terlalu sempit dan berpermukaan agak tinggi. Pakan bisa diberikan dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Biasakan pula memeriksa kondisi pakan. Jika pakan sudah habis, hendaknya diisi kembali. Demikian pula jika pakan sudah terlihat kotor, harus segera diganti dengan pakan yang baru. Sebab, jika terlambat diberi pakan, hamster akan kelaparan dan menjadi pemarah.[4]

[1] Redaksi Agromedia. 2008. Buku Pintar Merawat Hewan Kesayangan. Purwadaksi R, editor. Jakarta: Agromedia Pustaka, hlm 91.

[2]Ibid., hlm 92.

[3]Ibid., hlm 93.

[4]Ibid., hlm 94.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: