Lupa Minum Pil KB, Apa yang Harus Anda Lakukan Agar Tidak ‘Kebobolan’?

Ilustrasi: pil KB (sumber: hellosehat.com) Ilustrasi: pil KB (sumber: hellosehat.com)

Salah satu kelemahan metode kontrasepsi oral (pil KB) adalah kita sering lupa mengonsumsinya secara teratur. Jika itu yang terjadi, jangan panik. Ketahui apa yang harus dilakukan agar tidak ‘kebobolan’.

Saat kemarin Anda lupa mengonsumsi pil KB, segeralah minum begitu Anda ingat. Bila Anda baru mengingatnya dua hari kemudian, minumlah dua pil. Jika Anda lupa untuk minum pil KB selama dua hari, minumlah dua pil saat Anda mengingatnya dan 2 pil lagi keesokan harinya. Dengan demikian Anda akan kembali pada jadwal.

Tetapi terkadang karena kesibukan bukan tak mungkin kita lupa minum lebih dari dua kali. Jika ini yang terjadi, tanyakan pada dokter atau bidan apa yang harus dilakukan. Biasanya mereka akan menyarankan untuk minum satu pil setiap hari hingga minggu dan mulai satu kemasan, atau membuang satu pak dan mulai lagi dengan satu pak baru. Untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, kapanpun Anda lupa minum pil, gunakan metode kontrasepsi lainnya sampai Anda menghabiskan satu pak pil.

Tidak teratur minum pil KB bisa meningkatkan kemungkinan dilepaskannya sel telur dari ovarium. Namun jika Anda lupa minum 7 pil terakhir (atau 4 pil atau 4 pil plasebo atau 2 pil terakhir dari 2 pil plasebo) dalam 28 hari pak pil, risiko kehamilan tak meningkat karena pil seperti ini biasanya memiliki kandungan tak aktif.

Tetapi ada juga pil yang tidak memiliki pil plasebo, karenanya Anda harus minum secara teratur. Jika haid terlambat dan Anda lupa minum satu atau lebih pil, lakukan pemeriksaan kehamilan. Cukup banyak wanita yang tidak menstruasi saat mengonsumsi pil KB dosis rendah meski secara teratur minum pil. Hal ini termasuk normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Bisakah saya hamil jika saya kehilangan pil KB?

Ilustrasi: wanita melakukan tes kehamilan (sumber: romper.com)

Ilustrasi: wanita melakukan tes kehamilan (sumber: romper.com)

“Pil ini hanya akan efektifnya jika kita rutin dan patuh meminumnya,” kata pakar kesehatan wanita Sherry A. Ross, MD, penulis She-ology: The Definitive Guide to Women’s Intimate Health. Period. Sehingga hal “99 persen efektif” hanya sah jika pil itu diminum dengan benar, dan ini berarti meminum pil Anda pada waktu yang sama setiap satu hari.

Efektivitas pil terpercaya Anda merosot lebih jauh lagi jika Anda secara tidak sengaja melewatkan dosis. Ini meningkatkan risiko kehamilan dengan jumlah yang bervariasi, tergantung pada dua hal:

  • Sedang di mana siklus Anda?
  • Apa jenis pil yang Anda minum?

Jika titik peluru terakhir itu membuat Anda menggaruk-garuk kepala, lihat bungkusan itu. Jika semua pil itu sama, kemungkinan besar pil itu hanya progestin, kata Lauren Owens, MD, MPH, profesor kebidanan dan kandungan di University of Michigan. Jika satu minggu memiliki pil berwarna berbeda, Anda kemungkinan akan menggunakan kombinasi KB.

Jika Anda masih tidak yakin pil jenis apa yang Anda miliki, bicarakan dengan dokter Anda. Jika Anda memang tahu tipe yang Anda pakai, teruslah membaca untuk info spesifik yang berkaitan dengan Anda.

Jika Anda menggunakan pil kontrasepsi kombinasi

Jika pil Anda adalah jenis yang mengandung progestin dan estrogen (yang kebanyakan wanita pakai), “Anda berisiko paling tinggi [kehamilan yang tidak diinginkan] jika Anda melewatkan pil di minggu pertama paket baru dan berhubungan seks dalam lima hari terakhir,” Dr. Owens menjelaskan.

Ilustrasi: pil kontrasepsi alternatif (sumber: honestdocs.id)

Ilustrasi: pil kontrasepsi alternatif (sumber: honestdocs.id)

Namun, jika Anda melewatkan plasebo atau pil gula, jangan khawatir. Ini tidak mengandung hormon, sehingga tidak memengaruhi peluang Anda untuk menghindari kehamilan.

Jika Anda minum pil progestin saja

Jika Anda memiliki alat kontrasepsi khusus progestin dan Anda lebih dari tiga jam terlambat menggunakannya, Anda bisa hamil. Biasanya, paket pil yang hanya mengandung progestin tidak mengandung pil gula, jadi ikuti tindakan pencegahan jika Anda melewatkan pil apapun yang menuntun Anda ke peluang kehamilan.

Apakah saya perlu menggunakan kontrasepsi cadangan atau darurat?

Jika Anda menggunakan pil kontrasepsi kombinasi, “karena kontrasepsi oral kombinasi mencegah ovulasi, Anda tidak perlu kontrasepsi cadangan atau kontrasepsi darurat kecuali Anda melewatkan lebih dari satu pil,” kata Dr. Owens.

Jika Anda melewatkan pil lain selama siklus terakhir Anda atau sebelumnya dalam siklus Anda saat ini dan Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom, Anda mungkin ingin mengambil kontrasepsi darurat (seperti Rencana B) jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom, ia menjelaskan.

Jika Anda belum pernah berhubungan seks tetapi melewatkan lebih dari satu pil (sekali lagi, selama siklus ini atau antara siklus ini dan yang terakhir), gunakan kondom ketika Anda berhubungan seks.

Lanjutkan menggunakan perlindungan tambahan sampai Anda meminum tujuh hormon (baca: bukan pil gula) berturut-turut. Atau jangan berhubungan seks sampai saat itu, Dr. Owens menyarankan.

Ilustrasi: mengonsumsi pil (sumber: oncozine.com)

Ilustrasi: mengonsumsi pil (sumber: oncozine.com)

Akan tetapi, jika Anda meminum pil KB khusus progestin dan Anda lebih dari tiga jam meminumnya, gunakan cadangan kelahiran sampai Anda meminum pil tepat waktu selama dua hari berturut-turut, Dr. Owens merekomendasikan.

Jika Anda pernah berhubungan seks setelah lupa minum pil, pertimbangkan untuk mengambil kontrasepsi darurat.

Bagaimana cara ‘menggandakan’ dan apakah ada efek samping?

Setelah Anda menyadari Anda melewatkan pil yang dijadwalkan secara rutin, segera ambil, Drs. Owens dan Ross berkata. Kemudian, minumlah pil Anda berikutnya seperti biasanya.

Efek samping paling umum dari menggandakan adalah mual, karena tingginya tingkat hormon. Beberapa wanita menemukan bahwa meminum pil mereka dengan camilan atau makan mengurangi risiko ini, menurut catatan Dr.Owens dan Ross.

Bagaimana saya bisa ingat untuk minum pil saya secara teratur?

Owens dan Dr. Ross merekomendasikan Anda untuk minum pil saat Anda menyelesaikan tugas sehari-hari seperti menyikat gigi di malam hari. Kebiasaan pertama itu akan membuat Anda mengingat, “Oh ya, waktunya minum pil!” Anda juga dapat mengatur pengingat di ponsel Anda, atau Dr. Owens menyarankan aplikasi seperti BedSider, yang mengirim pesan teks lucu ketika tiba saatnya untuk mengonsumsi pil.

Dan jika Anda berulang kali lupa meminum pil (dan panik saat hamil), Anda mungkin ingin mempertimbangkan bentuk kontrasepsi lain seperti IUD atau cincin. “Ini dapat menyebabkan banyak ketidakseimbangan hormon jika Anda meminum pil dan tidak meminumnya setiap hari,” kata Dr. Ross. “Ada pilihan lain yang sama baiknya dengan pengendalian kelahiran.” Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menentukan apa yang terbaik untuk Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: