Amankah Menggunakan Produk Lotion untuk Memutihkan Kulit Bayi?

Menggunakan Lotion untuk Kulit Bayi - www.thebump.comMenggunakan Lotion untuk Kulit Bayi - www.thebump.com

Setiap orang tua pasti mendambakan memiliki keturunan yang rupawan. Namun sayang, masih banyak orang tua yang menganggap bahwa kecantikan atau ketampanan ditunjukkan lewat kulit yang putih atau sebagainya. Alhasil banyak orang tua yang resah dan berusaha memutihkan kulit bayi mereka sejak kecil demi mengejar kesan tampan atau cantik tadi. Padahal faktor utama yang penting bagi bayi baru lahir adalah kesehatan sang buah hati sendiri.

Selain itu, kulit seseorang biasanya lebih banyak dipengaruhi oleh faktor genetik atau bawaan dari ayah atau ibunya. Jadi apabila ayah atau ibunya berkulit cenderung gelap, maka anak mereka pun memiliki kecenderungan berkulit gelap pula. Ibu dan ayah pun sebaiknya tak perlu resah, karena kulit bayi juga akan terus berkembang sampai usia 6-12 bulan hingga warna kulit asli mereka terlihat. Selain faktor genetik, asupan nutrisi juga sangat memengaruhi.

Nah, produk-produk lotion untuk bayi umumnya hanya mengedepankan fungsi atau manfaat untuk melembapkan kulit bayi, anti iritasi, dan menyembuhkan kulit bayi yang kemerahan akibat ruam popok atau bahkan bekas gigitan nyamuk. Jarang ada lotion bayi yang memiliki fungsi whitening atau untuk memutihkan. Meski demikian, setidaknya ada beberapa produk lotion bayi yang dikenal bagus kualitasnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Produk Lotion untuk Memutihkan Kulit Bayi

Pigeon Baby Milky Lotion
Pigeon Baby Milky Lotion adalah produk lotion bayi yang dibanderol dengan harga sekitar Rp152 ribuan di pasaran. Formulanya diklaim menyerupai fungsi Vernix, yaitu Pigeon Baby Lipid (Isostearate Cholesteryl) untuk menjaga kelembapan kulit bayi. Selain itu, produk satu ini diklaim bebas dari SLS, tidak berwarna, tanpa alkohol, dan bebas paraben. Formula Ceramide di dalamnya berguna untuk melembapkan kulit bayi serta memiliki tingkat pH yang sesuai dengan kadar pH kulit bayi Anda.

Lotion untuk Memutihkan Kulit Bayi - www.momjunction.com

Lotion untuk Memutihkan Kulit Bayi – www.momjunction.com

Johnson’s Baby Milk & Rice
Johnson’s Baby Milk & Rice diklaim mengandung susu dan beras yang bermanfaat untuk bantu menyehatkan kulit bayi dengan kelembapan 24 jam. Tak hanya itu, susu dan beras juga dikenal sebagai bahan yang dapat mencerahkan atau memutihkan kulit secara alami. Formula Johnson’s Baby Milk & Rice baby lotion pun disebut-sebut memiliki pH seimbang yang dapat memperbaiki kulit bayi agar menjadi lembut, halus, dan terlihat sehat. Dilengkapi pula dengan multivitamin dan mineral yang telah teruji oleh dermatologi. Johnson’s Baby Milk & Rice dijual dengan harga yang cukup murah, hanya Rp24 ribuan per botol isi 200 ml.

Sebamed Baby Lotion
Sebamed Baby Lotion adalah rangkaian merk produk kebersihan khusus bayi yang digunakan untuk menyegarkan kulit bayi setelah mandi. Sebamed Baby Lotion mengandung chamomile dengan Ph 5,5 dan bebas dari senyawa nitro-mochus, formaldehida, nitrosamin, dioxan sehingga diklaim cocok untuk kulit bayi yang sensitif. Di dalam Sebamed Baby Lotion mengandung pelembab yang dapat menyeimbangkan kelembapan kulit, chamomile untuk meredakan iritasi, dan allantoin untuk membuat kulit lembut dan mulus. Produk satu ini dibanderol dengan harga Rp136 ribu per botol isi 200 ml.

Pure Baby Lotion
Pure Baby Lotion adalah produk lotion khusus bayi yang diklaim mengandung bahan-bahan alami seperti sunflower seed oil, extract cocoa butter, extract aloe vera, dan vitamin E yang bermanfaat untuk melembutkan dan melembapkan kulit bayi Anda. Produk seharga mulai Rp32.900 ini juga diklaim aman untuk kulit bayi yang sensitif karena memiliki kadar pH 5.5 dan formulanya pun hypoallergenic.

Menggunakan Lotion pada Bayi - parenting.firstcry.com

Menggunakan Lotion pada Bayi – parenting.firstcry.com

Perlukah Menggunakan Lotion pada Bayi?

Menurut Susanti (2013), setelah mandi sebenarnya bayi belum perlu memakai yang macam-macam. Bayi yang sehat dan tidak memiliki masalah dengan kulitnya memiliki kemampuan sendiri untuk menjaga kebersihan dan kelembapan kulitnya, seperti kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan kulit dan kelenjar keringat untuk menurunkan suhu tubuh jika kepanasan. Fungsi kelenjar-kelenjar tersebut bisa terganggu dengan pemakaian minyak seperti baby lotion atau baby oil.

Masih menurut sumber yang sama, untuk bayi yang memiliki kulit sensitif, penggunaan minyak telon atau minyak kayu putih bisa menyebabkan kulit bayi iritasi bahkan terbakar, kering, dan mengelupas. Baby cream bisa dipakai pada daerah-daerah lipatan untuk menjaga dari gesekan-gesekan sehingga tidak lecet, seperti daerah lipat paha, lipat leher, dan ketiak.

Referensi:

Baca juga:  Menjaga Kesuburan Selama Perawatan Kanker, Apakah Penting?

Susanti, Fransiska S. 2013. 132 Jawaban Dokter Untuk Perawatan & Perkembangan Bayi: 0 – 12 Bulan. Juliagar RN, editor. Jakarta (ID): AnakKita.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: