Jangan Bingung Saat Beli, Ini Lho Letak Kondom di Indomaret

Minimarket Indomaret (sumber: blokmsquare.co.id)Minimarket Indomaret (sumber: blokmsquare.co.id)

Kondom atau jaswadi merupakan salah satu alat kontrasepsi yang murah dan mudah didapatkan di mana saja. Selain di apotik, toko obat, atau toko jamu, kondom untuk pria pun bisa dibeli dengan mudah di swalayan atau minimarket layaknya Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Sayangnya, tak semua orang tau di mana letak kondom dipajang ketika berbelanja ke minimarket.

Secara etimologi kata “kondom” diakui berasal dari Bahasa Latin condon yang berarti wadah. Seorang penulis menyebut condom berasal dari Bahasa Latin condomina yang berarti rumah. Kondom juga diduga berasal dari Bahasa Italia guantone, dari kata guanto yang berarti sarung.

Kondom adalah alat kontrasepsi atau alat untuk mencegah kehamilan atau penyakit kelamin pada saat bersenggama, kondom biasanya dibuat dari bahan karet lateks, berbentuk tabung tidak tembus cairan di mana salah satu ujungnya tertutup rapat dan dilengkapi kantung untuk menampung sperma. Kondom dipakai pada alat kelamin pria pada keadaan ereksi sebelum bersenggama atau hubungan seksual.

Kondom adalah pilihan terbaik nomor dua untuk melindungi diri dari penularan IMS, HIV dan risiko terjadinya kehamilan. Pilihan nomor satu adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan seksual dan setia pada satu pasangan saja. Untuk memaksimalkan penggunaan kondom dan mengurangi risiko penularan IMS dan HIV serta risiko kehamilan, dianjurkan memilih dan menggunakan kondom dengan benar dan konsisten.[1]

Baca juga:  Ini Dia, 5 Parfum Wanita Terlaris dan Harganya Dibawah 100 Ribu Saja!

Walaupun bukan alat kontrasepsi baru tetapi selama ini sosialisasi penggunaan kondom di Indonesia belum terlalu berhasil, sehingga masih banyak masyarakat yang tidak tahu dan tidak tertarik, padahal secara fungsional penggunaan kondom lebih menguntungkan. Kondom telah direkomendasikan secara luas untuk mencegah IMS dan terbukti efektif menurunkan tingkat infeksi, baik pada pria maupun wanita.

Walaupun tidak sepenuhnya, kondom efektif menurunkan penularan infeksi HIV, herpes genitalis, genital warts, sifilis, gonorrhoeae, chlamydia dan infeksi lainnya. Sesuai dengan laporan kasus pada tahun 2000 dari National Institute of Health (NIH), penggunaan kondom secara benar dan konsisten menurunkan penularan infeksi HIV sampai 85%. Pengalaman di banyak negara menunjukkan dengan semakin tinggi penggunaan kondom pada kegiatan seksual berisiko mampu mencegah penularan IMS dan infeksi HIV.[2]

Kondom

Kondom

Sebelum memakai kondom, pastikan kondom tersebut masih jauh dari tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasannya. Selain itu, pastikan pula kondom yang hendak Anda pakai itu tidak dalam keadaan rusak. Sebaiknya simpan kondom di tempat yang sejuk dan kering. Jangan simpan kondom dalam dompet, karena tekanan dan gesekan dalam dompet serta suhu panas bisa mengakibatkan kondom cepat rusak.

Baca juga:  Jangan Dibuang! Bonggol Nanas Punya Segudang Manfaat

Letak Kondom di Minimarket

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondom bisa dibeli di beberapa minimarket terdekat seperti Indomaret, Alfamart, maupun Alfamidi. Minimarket tersebut biasanya menyediakan kondom dari beberapa merek terkenal, seperti Durex, Fiesta, Sutra, hingga Okamoto. Namun, setiap gerai Indomaret memiliki pengaturan lokasi barang yang berbeda-beda, jadi tidak selalu sama antar gerai yang satu dengan yang lain.

Beberapa gerai Indomaret biasanya meletakkan aneka merk kondom di rak paling atas (ditata satu rak dengan baterai yang berada di bagian rak bawah) yang posisinya dekat dengan meja kasir. Ada juga gerai yang memajang kondom di rak yang sama dengan rak obat-obatan over the counter atau produk kebersihan pria. Jika posisinya demikian, Anda bisa dengan bebas memilih merek dan varian kondom mana yang paling sesuai dengan selera.

Baca juga:  Dipercaya Dapat Membantu Mengatasi Pori-Pori Besar, Sariayu Masker Ketan Hitam Dijual Dengan Harga Terjangkau

Sayangnya, ada pula beberapa gerai Indomaret yang meletakkan kondom di balik meja kasir, tepatnya di rak belakang petugas kasir, bersebelahan dengan rak rokok. Apabila posisinya seperti itu, beberapa dari Anda mungkin akan merasa canggung karena harus menyampaikan pada pihak kasir,kondom apa yang hendak dibeli. Hal ini sebenarnya bukan tanpa alasan. Produk-produk kondom umumnya memang diletakkan di posisi yang tidak terlihat atau tidak terjangkau oleh anak-anak.

Namun perlu diingat, kondom yang dijual di Indomaret dan Alfamart biasanya terbatas pada jenis kondom khusus pria saja. Apabila mencari produk kondom untuk wanita umumnya lebih banyak dijual di apotek terdekat. Sebagai informasi, harga kondom di Indomaret berkisar mulai dari Rp7.600 hingga Rp30 ribuan per pack.

[1]Nareswari, PAD. 2015. Efektivitas Kondom Dalam Pencegahan Infeksi Menular Seksual Dan Infeksi Human Immunodeficiency Virus [Tesis] (hlm v). Denpasar (ID): Universitas Udayana.

[2] Ibid, hlm iv.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: