Lebih Sehat Mana, Tidur Tanpa Atau Pakai Bantal?

tidur, pakai, bantal, nyaman, kualitas, istirahat, alasan, menggunakan, posisi, kepala, leher, tulang, belakang, bagian, tubuh, wajah, otot, rasa, sakit, punggung, fungsi, pertumbuhan, Harvard, Ilustrasi: bantal di atas tempat tidur

dengan bantal adalah hal yang nyaman untuk menambah istirahat. Beberapa orang bahkan menambahkan guling di bawah bantal mereka. Namun sebenarnya, tidur yang baik itu dengan bantal atau tanpa bantal? Alasan utama Anda menggunakan bantal kemungkinan besar adalah untuk menjaga posisi kepala, leher, dan belakang selaras dan nyaman.

Ketika Anda berjalan tegak, kepala dan leher dalam posisi vertikal di atas tulang belakang, ditopang oleh otot-otot yang rumit. Namun, saat tidur, otot-otot yang menopang Anda saat berjalan dalam keadaan dapat menyebabkan kepala jatuh ke belakang atau ke depan. Disitulah fungsi bantal untuk meletakkan kepala dan leher Anda sejajar dengan tulang belakang.

Namun tidur dengan bantal tidak selalu menjamin anda bangun tanpa sakit leher. Terkadang, anda mengalami sakit di bagian leher padahal sudah tidur dengan bantal di bawah kepala. Ternyata, ada banyak alasan mengapa Anda harus tidur tanpa bantal

Bantal dan rasa sakit

“Jika leher Anda ditekuk dengan cara apapun untuk jangka waktu yang panjang, Anda akan merasa tidak nyaman,” jelas Matthew O’Rourke, ahli terapi fisik di Spaulding Rehabilitation Hospital. Dia mengatakan bantal yang terlalu lembut atau terlalu keras sering menyebabkan sakit leher.

Misalnya, jika Anda tidur di sisi Anda dengan bantal lembut yang tidak memberikan dukungan yang cukup di bawah leher Anda, kepala Anda harus melebar ke samping untuk memenuhi bantal. Jika Anda tidur tengkurap — posisi yang menghipnotis leher ke belakang — kemudian menggunakan bantal yang kuat mendorong kepala ke belakang lebih jauh. “Jika Anda tengkurap dengan kepala ke samping, Anda tidur dalam posisi rotasi penuh, dan itu bisa menjadi menyakitkan,” kata O’Rourke. Demikian juga, tidur telentang dengan dukungan yang terlalu keras mendorong leher terlalu jauh ke depan.

tidur, pakai, bantal, nyaman, kualitas, istirahat, alasan, menggunakan, posisi, kepala, leher, tulang, belakang, bagian, tubuh, wajah, otot, rasa, sakit, punggung, fungsi, pertumbuhan, Harvard,

Ilustrasi: nyeri leher dan

Bantal dapat menggagalkan CPAP

Bagi orang-orang yang mengalami sleep apnea – suatu kondisi di mana Anda berhenti bernapas secara berkala selama tidur – bantal dapat mengganggu pengobatan continuous positive airway pressure (CPAP). CPAP menjaga jalan napas Anda tetap terbuka melalui alat samping tempat tidur yang mendorong udara melalui masker yang Anda pakai saat Anda tidur. “Jika Anda tidur menghadap samping, bantal bisa membuat masker CPAP terlepas,” kata Dr. Epstein.

Kurang tidur

Kehilangan tidur karena tidak nyaman di malam hari memiliki konsekuensi. Anda memiliki sedikit waktu untuk pertumbuhan otot, perbaikan jaringan, dan fungsi penting lainnya yang terjadi selama tidur.

Kurang tidur dapat mempengaruhi suasana hati, kemampuan berpikir, dan nafsu makan. Kurang tidur kronis meningkatkan risiko Anda untuk jatuh, kegemukan, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Memperpanjang punggung

Tidur tanpa bantal akan membantu memperpanjang kesehatan punggung Anda. Tidur tanpa bantal membuat Anda akan beristirahat dalam posisi alami tanpa rasa sakit atau konsekuensi kesehatan.

Menggunakan bantal yang lembut dapat menyaring otot-otot leher Anda dan bahkan menurunkan aliran darah ke kepala Anda. Jika kepala Anda miring ke bawah di atas namun bantal tidak memberikan dukungan yang cukup untuk kepala Anda, maka aliran udara melalui sistem pernapasan akan berkurang secara signifikan. Hal itulah yang membuat Anda kemungkinan besar akan bangun pagi berikutnya dengan perasaan pusing atau dengan sakit kepala yang parah.

tidur, pakai, bantal, nyaman, kualitas, istirahat, alasan, menggunakan, posisi, kepala, leher, tulang, belakang, bagian, tubuh, wajah, otot, rasa, sakit, punggung, fungsi, pertumbuhan, Harvard,

Ilustrasi: merebahkan diri di atas ranjang dengan bantal

Di sisi lain, menggunakan bantal tebal atau menumpuk dua hingga tiga bantal di bawah kepala dan leher akan merusak posisi tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit di punggung Anda. Tidur dalam posisi ini untuk waktu yang lebih lama hanya akan menyebabkan sakit punggung kronis dan sering terjadinya ketegangan otot.

Kondisi optimal

Tidak menggunakan bantal saat tidur akan memungkinkan tubuh untuk menemukan posisi optimal untuk beristirahat. Ketika Anda menggunakan bantal yang tidak memberikan dukungan yang tepat, tubuh harus mengimbanginya dengan menarik leher atau otot punggung.

Ini menyebabkan lebih banyak tekanan pada saat tubuh Anda seharusnya pulih dari sehari-hari. Otot dan tendon Anda akan bekerja lembur, dan tekanan tambahan akan menumpuk dan meningkatkan rasa sakit.

Baik untuk wajah

Saat tidur di atas bantal, kedua sisi wajah Anda akan tertekan, hal ini berdampak menghentikan sirkulasi darah. Kondisi tersebut tidak baik bagi kulit wajah, apalagi jika wajah tertekan selama berjam-jam.

Ketika wajah tertekan di atas bantal, hal itu membuat wajah anda sulit bernapas. Hal ini juga membuat akses udara ke pori-pori terhambat. Lebih dari itu, kondisi tersebut akan mendorong dihasilkannya keringat dari semua minyak dan lemak pada wajah. Dampaknya, debu dan kotoran yang ada di bantal bisa bersentuhan dengan wajah Anda. Karena itu, tidur tanpa bantal bisa memberikan wajah Anda kondisi yang lebih baik dibandingkan jika Anda menggunakan bantal.

Terhindar dari nyeri punggung

tidur, pakai, bantal, nyaman, kualitas, istirahat, alasan, menggunakan, posisi, kepala, leher, tulang, belakang, bagian, tubuh, wajah, otot, rasa, sakit, punggung, fungsi, pertumbuhan, Harvard,

Ilustrasi: tidur tanpa bantal (sumber: eightsleep.com)

Ketika Anda tidur dengan bantal tebal, tulang punggung mengubah lokasi dan Anda mungkin mengalami sakit punggung keesokan harinya. Tidur tanpa bantal adalah obat terbaik untuk mencegah dan mengobati sakit punggung.

Juga, tidur tanpa bantal akan memungkinkan tulang belakang untuk sepenuhnya beristirahat dengan kurva alami tubuh di tempat. Ini juga akan mengurangi rasa sakit di leher. Para ahli kesehatan setuju bahwa tidur di tempat tidur tanpa bantal secara alami baik untuk tubuh. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa ini meningkatkan kualitas tidur dan membuat tubuh Anda nyaman

Namun, di sisi positifnya, bantal khusus dapat membantu mencegah beberapa masalah, seperti gejala sakit maag. “Di antara perubahan gaya hidup, mengangkat kepala hingga 30 derajat bisa efektif. Saya telah berhasil dengan pasien yang menggunakan bantal wedge,” kata Dr James Mojica, direktur laboratorium tidur di Rumah Sakit Rehabilitasi Spaulding yang berafiliasi Harvard.

Tidur dengan tubuh bagian atas Anda meningkat pada suatu sudut juga dapat mengurangi gejala masalah sinus dan dapat mencegah kambuhnya vertigo posisional paroksismal jinak – suatu kondisi di mana kristal kecil di telinga bagian dalam menjadi copot dan menyebabkan pusing yang ekstrem.

Bantal yang dirancang khusus dapat membantu orang-orang mempertahankan masker CPAP mereka. “Mereka memiliki potongan yang cocok dengan masker sehingga tidak akan terlepas,” Dr. Epstein menjelaskan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: