Berikut 5 Larangan untuk Wanita Haid yang Sebaiknya Kamu Hindari

Larangan untuk wanita haid

Rasa sakit saat wanita haid atau menstruasi kerapkali membuat tubuh tidak mau berbuat apa-apa, goler-goleran di kasur, atau ingin diperhatikan lebih. Hal ini sangatlah wajar. Wanita sering mengalami sakit saat menstruasi terutama pada bagian perut. Karenanya, wanita diharapkan tidak melakukan hal yang aneh-aneh. Bahkan harus menaati larangan untuk wanita haid agar tidak terjadi apa-apa.

Ada beragam larangan untuk wanita haid yang sebaiknya dihindari. Hormon estrogen pada tubuh yang berubah menyebabkan suasana hati terasa sangat kacau. Belum lagi sakit pada perut yang begitu menyiksa, serta wajah lesu yang selalu terpasang ketika haid datang. Perasaan ingin lebih disayang oleh orang sekitar pun seketika muncul, akibat penurunan hormon progesteron.

Lalu, apa sajakah larangan untuk wanita haid tersebut?

1. Larangan untuk wanita haid: seharian pakai pembalut

Larangan untuk wanita haid

Larangan yang pertama dan sebaiknya dihindari adalah memakai pembalut selama seharian penuh. Kenapa hal ini tidak boleh? Sebab, bakteri yang ada ketika wanita sedang menstruasi jumlahnya akan lebih banyak ketimbang saat-saat biasa. Tentu jika tidak diganti dan hanya memakai satu pembalut, bakteri akan sangat banyak.

Baca juga:  Inilah 5 Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas dan Pintar

Bakteri yang ada bisa saja menyerang dan mengakibatkan infeksi lho. Karena itu, penting sekali untuk mengganti pembalut setiap 4 jam sekali. Apabila intensias darah yang terluruh semakin banyak, maka durasi pergantian pembalut bisa dipercepat. Pokoknya, pastikan kamu rajin mengganti pembalut ya!

2. Minum susu dan sejenisnya (produk yang mengandung susu)

Larangan untuk wanita haid

Mungkin banyak yang bertanya-tanya juga, kenapa minum susu tidak boleh? Bukannya kalsium baik untuk dapat mengurangi kram saat menstruasi datang? Ya, memang benar. Tapi kalsium bukan hanya didapat dari susu, ya, ini perlu diketahui. Dan kamu tahu? Susu mengandung asam arakidonat yang akan memroduksi hormon prostaglandin, yakni hormon penyebab kram.

Nah kan, niatnya mau meredakan kram justru akan menambah rasa sakit karena kram. Sarannya, coba deh kamu cari makanan lain yang mengandung kalsium untuk membantu meredakan rasa sakit karena kram. Sebisa mungkin tidak mengkonsumsi susu atau produk yang mengandung susu, ya.

3. Hanya berdiam diri dan tidak keluar kamar

Larangan untuk wanita haid

Memang ketika menstruasi, rasa-rasanya tidak ingin berbuat apa-apa. Goleran di kasur dan menahan rasa sakit karena kram menjadi pilihan yang mungkin berat untuk ditinggalkan. Tapi nyatanya, ketika berdiam diri saja, justru rasa sakit akan semakin menjadi-jadi dan membuat pikiran jadi kompleks.

Baca juga:  Kenali Cara Agar Wajah Tidak Kusam Serta Penyebabnya

Karena itu, usahakan untuk tidak berdiam diri dan mengurung diri di kamar. Solusinya adalah berolahraga ringan yang tidak membuat rasa sakit karena kram bisa reda. Karena pada faktanya, olahraga mampu meringankan rasa sakit kram di perut dan menyembuhkannya. Tapi, olahraganya jangan yang berat-berat, ya.

4. Tidak cukup nutrisi

Larangan untuk wanita haid

Satu hal ini tentu sangat dilarang apabila wanita sedang menstruasi. Nutrisi yang cukup akan membantu tubuh tetap prima meski sedang mengalami sakit kram pada perut, misalkan. Nutrisi yang cukup juga membantu mengoptimalkan pikiran sehingga mampu berpikir jernih meskipun sedang menstruasi.

Solusinya tidak dengan makan besar, karena biasanya wanita malas makan. Mereka lebih suka ngemil, dan ini tak apa-apa asal gizi yang didapat sesuai dengan kebutuhan. Saran untuk ngemil ada beberapa camilan yang boleh dicoba. Di antaranya adalah oatmeal dan buah pisang yang kaya kalium.

Baca juga:  Maybelline Volum’ Express Falsies Push Up Drama Mascara Review Indonesia

5. Nonton film drama

Larangan untuk wanita haid

Nah ini salah satu larangan untuk wanita haid yang jarang disoroti. Nonton film drama. Maksud dari film drama adalah film yang menguras emosi wanita. Film yang melibatkan terlalu banyak perasaan di setiap adegannya. Perasaan yang mampu mencabik-cabik emosi sang penontonnya, termasuk wanita sepertimu.

Karena itu, sebaiknya hindari menonton film drama. Sebab hormon progesteron dan estrogen pada tubuh wanita akan mengalami penurunan secara drastis. Hal ini menyebabkan emosi wanita naik turun, mulai dari bahagia, sedih, cemas, kadang juga kesal dan emosi-emosi lainnya. Untuk saat ini, hindari dulu ya.

Wah, ternyata cukup beragam ya, sederet larangan untuk wanita haid di atas tadi. Setiap wanita tetap akan menjalani siklus bulanan tersebut selama dirinya belum menopause. Dan, larangan tersebut sebaiknya dihindari ya. Demi kesehatan tubuh wanita juga agar tidak terjadi apa-apa. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: