Langkah Sederhana Membuat Asinan Nanas Khas Bogor

Asinan Nanas - (Sumber: my-dapurorens.blogspot.com)Asinan Nanas - (Sumber: my-dapurorens.blogspot.com)

Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan air yang tinggi dengan rasa yang lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu, buah berwarna kuning cerah ini juga kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan enzim yang bersifat melancarkan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan dan lain- lain.

Buah nanas sangat mudah ditemukan di pasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun. Harganya yang sangat terjangkau, sekaligus menjadi pilihan buah terbaik terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tropis. Walaupun buah ini banyak khasiat dan manfaatnya, namun perlu berhati-hati bagi wanita yang sedang hamil.

Asinan Nanas - (Sumber: my-dapurorens.blogspot.com)

Asinan Nanas – (Sumber: my-dapurorens.blogspot.com)

Buah nanas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Rasanya yang manis dan segar, membuatnya langsung bisa disantap. Namun beberapa orang mengolahnya hingga dijadikan sebagai asinan nanas.
Asinan nanas kerap dijajakan oleh para pedangang di pinggir jalan hingga di toko-toko asinan lainnya. Kebanyakan orang membeli asinan nanas pada saat cuaca panas, karena rasanya yang segar berpadu dengan rasa pedas pada kuah asinan. Asinan merupakan makanan yang dibuat dengan cara diasinkan dengan garam atau diasamkan dengan cuka. Asinan ini identik dengan oleh-oleh khas Bogor.

Selain dapat ditemukan di toko-toko asinan, asinan nanas juga dapat dibuat sendiri di rumah karena proses pembuatannya yang mudah. Cukup dengan mempersiapkan satu buah nanas dan bumbu asinan yang terdiri dari, cabe merah keriting, cabe merah, ebi atau udang kering, gula merah, gula pasir, garam secukupnya dan cuka secukupnya.

Cara membuatnya juga sederhana, langkah awalnya adalah dengan merebus cabe merah dan rawit sampai empuk kemudian di blender hingga halus bersama ebi. Kemudian masukkan ke dalam air mendidih, masukkan garam dan gula. Tunggu air hingga dingin dan masukkan cuka sesuai selera. Masukkan kuah ke dalam irisan buah nanas dan simpan dalam wadah atau Tupperware berbahan plastik atau kaca.

Agar hasil asinan nanas menjadi lezat, langkah yang harus diperhatikan adalah dengan memilih buah nanas yang sudah matang tepat. Buah nanas yang memiliki aroma sangat menyengat, berarti nanas tersebut sudah terlalu matang. Jika Anda menekan buah nanas dan sedikit penyok, maka isinya sudah matang. Kulit nanas yang berwarna hijau bukan berarti nanas belum matang, tapi bisa jadi sebagai varian nanas yang berbeda-beda. Nanas yang matang memiliki daun yang berwarna hijau dengan ujung yang sedikit layu. Sedangkan daun nanas yang berwarna hijau utuh, tandanya buah belum matang.

Selain nanas, terdapat macam-macam buah lain yang biasanya digunakan sebagai asinan. Dalam asinan buah khas Bogor umumnya menggunakan buah mangga muda, jambu air, kedondong, bengkoang, dan timun. Untuk menghasilkan rasa asinan buah yang lebih gurih dan segar, Anda dapat merendam buah ini selama semalaman sebelum dikonsumsi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: