Langkah Sederhana Rekomendasi Dokter dalam Merawat Kulit Setiap Hari

sederhana, kulit, wajah, membersihkan, tabir, surya, sinar, matahari, jenis, kering, jerawat, kerutan, garis, halus, harian, perawatan, SPF, sunscreen, tinggi, wanita, penting, perlindungan Ilustrasi: merawat kulit dan wajah

Mungkin ada beberapa perusahaan yang berusaha mengiklankan produk pelembap wajah secara luas, dan bisa jadi produk itu dianggap sebagai produk terbaik dalam urusan memberi kelembapan pada wajah.

Di lain sisi, ada perusahaan yang menjual produk dengan rangkaian produknya yang lengkap, misalnya dalam kemasan botol, dan rangkaian itu disarankan untuk dipakai setiap hari. Produk mana yang akan Anda pilih? Apakah produk yang dipilih itu nantinya akan sepadan dengan waktu yang telah Anda luangkan bagi perawatan wajah?

Meskipun ada klaim dari produsen, banyak produk kosmetik mungkin dapat membuat Anda membuang-buang uang daripada memberi manfaat bagi kulit Anda. Anda tidak perlu rutin melakukan perawatan kulit yang mahal, atau memakai serangkaian produk.

Untuk perawatan kulit harian, Anda dapat membatasi rutinitas dengan tiga langkah sederhana, yaitu dimulai dengan membersihkan kulit, memberi perlindungan dari sinar matahari, dan merawat masalah kulit tertentu yang mungkin Anda miliki, seperti kulit kering, jerawat, atau garis halus dan kerutan. Produk untuk ketiga langkah ini tersedia dengan biaya yang cukup terjangkau di apotek atau toko terdekat.

Perawatan Kulit Harian

sederhana, kulit, wajah, membersihkan, tabir, surya, sinar, matahari, jenis, kering, jerawat, kerutan, garis, halus, harian, perawatan, SPF, sunscreen, tinggi, wanita, penting, perlindungan

Ilustrasi: membersihkan muka secara rutin

Bersihkan Kulit Anda

Pilih pembersih kulit berdasarkan jenis kulit Anda, apakah kering, berminyak, normal, atau sensitif. Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah bahan pembersih ringan (seperti sabun Dove, Cetaphil, atau Aveeno). Sebaiknya hindari produk seperti toner yang mengandung alkohol. Untuk kulit berminyak, disarankan untuk  memilih sabun yang mengurangi minyak wajah (sebum), dan membersihkan kulit Anda sehingga terasa segar sepanjang hari.

Memberi Perlindungan Kulit Dari Sinar Matahari

Baca juga:  Wardah White Secret, Rangkaian Produk Perawatan Wajah Yang Bagus dan Halal

Pilih tabir surya berspektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan kenakan setiap hari. SPF yang lebih tinggi berguna jika Anda berencana untuk menghabiskan berjam-jam di luar ruangan, tetapi jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di dalam ruangan, SPF 30 umumnya cukup. Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilih produk tabir surya yang dirancang untuk kulit sensitif.

Perlakukan Kebutuhan Khusus Kulit Anda

Untuk kulit kering, ada banyak pelembab yang efektif dan terjangkau. Ada juga banyak produk over-the-counter yang terjangkau yang dapat mengurangi garis dan kerutan, memudarkan bintik-bintik coklat, atau memerangi jerawat.

Mengapa Membersihkan Wajah Itu Penting?

sederhana, kulit, wajah, membersihkan, tabir, surya, sinar, matahari, jenis, kering, jerawat, kerutan, garis, halus, harian, perawatan, SPF, sunscreen, tinggi, wanita, penting, perlindungan

Membasuh muka dengan air

Perawatan wajah itu dimulai dari kulit yang bersih. Mengapa membersihkan wajah itu penting? Menurut dr. Lili Legiawati, SpKK (K), Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), kulit wajah memiliki karakteristik yang berbeda mulai dari tipe normal, kering, berminyak ataupun sensitif sehingga perlu diperhatikan secara khusus. Terutama untuk menjaga kulit tetap dapat ‘bernapas’, kondisi di mana pori-pori tidak tersumbat oleh makeup dan kotoran.

Kulit normal beregenerasi 27-28 hari sekali. Salah satu cara merawat yang baik adalah dengan membersihkan wajah secara teratur agar proses regenerasi bisa berjalan dengan baik. Membersihkan wajah juga menjadi hal yang dirasa wajib bagi para wanita Indonesia yang hidup di tengah hiruk pikuk ibu kota berpolusi dan iklim yang tropis.

Di negara yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia, membersihkan wajah disarankan untuk dilakukan sebanyak 3 kali sehari untuk kulit normal, sedangkan untuk kulit berminyak dan berjerawat disarankan sebanyak 2 sampai 4 kali sehari.

Setelah Membersihkan Wajah, Mengapa Perlu Memakai Sunscreen/Tabir Surya?

Sinar matahari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh termasuk memperkuat pernapasan, aliran darah, stimulasi vitamin D, metabolisme tubuh, dan sistem kekebalan tubuh. Namun paparan sinar matahari berlebih dapat memberikan efek negatif pada kulit yang tidak terlindungi seperti kulit terbakar, terasa kasar, penuaan dini, hingga kanker kulit.

sederhana, kulit, wajah, membersihkan, tabir, surya, sinar, matahari, jenis, kering, jerawat, kerutan, garis, halus, harian, perawatan, SPF, sunscreen, tinggi, wanita, penting, perlindungan

Ilustrasi: aplikasi krim tabir surya

Dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, Sekretaris Umum dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) menyampaikan, seiring bertambahnya usia, kulit pun akan mengalami penuaan. Kondisi kulit akan lebih buruk lagi jika terpapar sinar matahari berlebih tanpa proteksi tabir surya.

Sebagian besar wanita hanya fokus pada perlindungan kulit wajah, padahal kulit tubuh juga perlu perlindungan karena mencakup area yang lebih luas. Perlindungan kulit tubuh secara rutin dengan dosis yang tepat penting untuk meminimalisasi kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari tersebut.

Tanpa sun protection, kulit berisiko mengalami kanker kulit. Penggunaan tabir surya adalah basic skincare yang harus diaplikasikan setiap hari dengan dosis yang tepat. Dokter Sri menyebutkan, rangkaian perawatan yang umumnya dilakukan dimulai dari pertama adalah cleansing atau membersihkan kulit, kedua melembabkan kulit, ketiga adalah proteksi terutama saat mau keluar rumah dan kegiatan di luar rumah. Untuk proteksi, haruslah dipilih sesuai untuk sehari-hari dan direkomendasikan menggunakan sun protection minimum SPF 30.

Semakin tinggi SPF-nya maka akan semakin melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. SPF 15 sebenarnya sudah mengcover sekitar 90 persen, hanya saja reaplikasi harus sering dilakukan. Sedangkan, lotion dengan kandungan SPF 30 harus diaplikasikan ulang per 2 jam. Meskipun di pasaran sudah banyak produk mengklaim bahwa mengandung SPF 75++, namun kemampuan melindunginya tidak jauh berbeda dengan SPF 30 dan tetap saja tidak mampu melindungi 24 jam.

Mengapa reaplikasi harus dilakukan? Secara prinsip, lebih tinggi SPF-nya bisa reaplikasi waktu yang lebih panjang dengan catatan jika digunakan sesuai dosisnya. Negara tropis seperti Indonesia banyak yang memakai sun protection hanya 30 persen dari dosis yang dianjurkan, karena jika hanya 1/2 atau 1/3 dari dosis yang seharusnya maka fungsinya berkurang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: