5 Kursus yang Bermanfaat Buat Calon Ibu, Patut Dicoba!

Kursus yang bermanfaat buat calon ibu, perawatan bayi Perawatan Bayi

Menjelang kelahiran sang buah hati, bunda menjadi manusia yang paling sibuk dan super berat perjuangannya. Untuk mengantisipasi hal ini, beberapa kursus yang bermanfaat buat calon ibu bisa dicoba lho. Kursus yang bakal mempermudah calon ibu untuk menyiapkan persalinan hingga pascapersalinan.

Ada beberapa fase dimana sang ibu butuh kemampuan khusus dalam menangani kelahiran sang buah hati. Mulai dari persiapan kelahiran saat bayi masih ada di dalam kandungan, sampai ke perawatan bayi dan proses menyusui. Fase-fase seperti ini butuh dipelajari supaya ibu dan buah hati sama-sama aman dan nyaman.

Nah, untuk mempersiapkan hal tersebut, di sini penulis ingin mengulas kursus yang bermanfaat buat calon ibu. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Senam hamil

Senam Hamil

Senam Hamil

Kursus yang bermanfaat buat calon ibu adalah senam hamil. Ini ditujukan agar saat persalinan nanti dapat berjalan dengan lancar. Kursus ini sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan bulan ke-6. Rutinitas senam hamil ini sangat membantu proses persiapan persalinan hingga pasca persalinan.

Baca juga:  Haid Datang Lebih Awal, Apakah Tanda Kehamilan?

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan melakukan senam hamil. Kebugaran tubuh dapat terjaga dan peredaran darah lancar. Mengurangi stress dan merilekskan tubuh. Otot-otot sendi juga bakal diperkuat lewat senam hamil ini, dan ini penting untuk melancarkan proses persalinan.

2. Hypnobirthing

Hypnobirthing

Hypnobitrhing

Yang dimaksud hypnobirthing adalah sebuah metode rileksasi yang dilakukan oleh ibu-ibu hamil untuk menyiapkan kelahiran sang bayi dengan normal dan lancar. Serta untuk mengurangi rasa sakit seminimum mungkin. Caranya dengan memunculkan hormon endorfin yang berguna untuk mengurangi rasa sakit.

Produksi ASI juga bisa ditingkatkan lewat hypnobirthing sehingga sang bayi dapat tercukupi nutrisinya. Kemudian juga meningkatkan kemampuan ibu hamil untuk melakukan persalinan dengan nyaman, lancar, dan juga normal. Hypnobirthing juga bermanfaat untuk mencegah depresi setelah proses persalinan.

3. Perawatan bayi

Kursus yang bermanfaat buat calon ibu, perawatan bayi

Perawatan Bayi

Kursus yang sebaiknya dikuasasi oleh calon ibu lainnya adalah soal merawat bayi. Beberapa perawatan bayi memang perlu dipelajari agar tidak keliru. Untuk calon ibu yang baru pertama kalinya, maka kursus ini sangatlah bermanfaat agar mampu merawat bayi dengan maksimal dan tentu dengan cara yang benar.

Baca juga:  ASI Pumping Diperbolehkan, Asal Jangan Lewatkan Menyusui Secara Langsung

Ada banyak hal yang harus calon ibu ketahui. Yakni peralatan apa saja yang bakal disiapkan, bagaimana cara memandikan bayi, persiapan untuk membedong, dan banyak lagi. Perawatan yang mendasar ini penting untuk diketahui agar tidak tergantung pada orang tua. Belajar soal gizi bayi juga bisa didapat dari kursus ini.

4. Pijat bayi

Pijat Bayi

Pijat Bayi

Memijat bayi bukan perkara mudah, butuh teknik yang benar agar bayi merasa nyaman. Bagaimana cara memijitnya, menekannya, titik yang harus ditekan perlahan, dan banyak lagi. Hal ini agar pemijatan yang dilakukan dapat melancarkan asupan oksigen dan juga peredaran darah.

Persiapan alat untuk memijat bayi juga dipelajari di kursus ini. Selain itu juga karena memang pijat bayi ini sangat lumrah di Indonesia sebagai terapi yang sangat mudah dilakukan. Karenanya, butuh teknik yang tidak boleh keliru, dan bisa dipersiapkan sejak dini dengan ikut kursus pijat bayi.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Dari Garnier Untuk Masalah Jerawat dan Bekas Jerawat

5. Manajemen laktasi

Manajemen Laktasi

Manajemen Laktasi

Setelah mahir untuk merawat bayi, kini ada tahap selanjutnya yakni manajemen laktasi. Ibu yang sudah melahirkan akan secara natural memproduksi ASI. Namun kadang ada saja hambatan yang dialami oleh ibu sesudah melahirkan. Pemberian ASI yang kurang maksimal inilah yang harus diatasi dengan manajemen laktasi.

Manajemen laktasi ini mengajarkan ibu untuk memahami bagaimana langkah yang benar dalam memberikan ASI kepada si bayi. Teknik memijat payudara yang benar untuk menghasilkan ASI yang maksimal. Dan juga, beberapa teknik pemberian ASI untuk ibu yang bekerja sebagai wanita karier.

Itu dia tadi, ulasan tentang kursus yang bermanfaat buat calon ibu. Persiapan ini cukup penting untuk menjaga kesehatan ibu dan buah hati. Mudah-mudahan dapat membantu ibu untuk menyiapkan persalinan dan pascapersalinan, ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: