Kumpulan Jamu Tradisional Khusus Wanita, Kamu Mau Coba?

Kumpulan jamu tradisional khusus wanita

Jika berbicara soal kumpulan jamu tradisional khusus wanita, maka kita akan melihat tren masyarakat untuk mengkonsumsi obat tradisional, makin membaik. Kesadaran masyarakat untuk melestarikan rempah-rempah yang menjadi salah satu kekayaan negara kita, perlahan mulai memunculkan sisi positifnya.

Sekarang ini, banyak para dokter dan ahli herbal yang merumuskan resep kumpulan jamu tradisional khusus wanita yang aman dikonsumsi. Tentu saja, tidak berlebihan dalam mengkonsumsi, semua tetap harus menggunakan takaran dan resep dari dokter lho. Mentang-mentang herbal, kita malah terabaikan soal dosisnya.

Nah, buatmu yang lagi cari-cari inspirasi kumpulan jamu tradisional khusus wanita, berikut ini telah kami siapkan beberapa jamu yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Cek yuk!

1. Kumpulan jamu tradisional khusus wanita: atasi keputihan dengan kunci sirih

Kumpulan jamu tradisional khusus wanita

Jamu kunci sirih dinilai mampu mengatasi keputihan secara alami, lho. Tentu saja, wanita tentu tak akan nyaman jika sedang mengalami keputihan. Gangguan reproduksi bisa terjadi dan tentunya, bakal mempengaruhi kesuburan wanita. Wah, kalau dibiarkan bisa gawat dan sulit untuk mengobati.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Kolagen Alami Untuk Wajah Tetap Awet Muda

Nah, kamu bisa andalkan jamu kunci sirih. Bahan-bahannya cukup menggunakan jeruk nipis, gula merah, asam jawa, serai, kayu manis, kapulaga, kencur, jahe, kunyit, daun beluntas, daun sirih, dan temu kuni. Semuanya ditumbuk halus, kemudian direbus, dan dinginkan. Jamu siap diminum.

2. Lancarkan haid dengan jamu bersih darah

Kumpulan jamu tradisional khusus wanita

Melancarkan haid juga bisa ditempuh dengan bantuan minum jamu, ladies. Jamu ini bernama jamu bersih darah. Jamu ini juga berfungsi untuk membantu detoksifikasi tubuh. Bahan-bahan yang dipakai pun tidak terlalu sulit dicari. Mulai dari akar alang-alang, kunyit, daun bidara, temu hitam, daun pegagan, daun sambiloto, dan temulawak.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama, cuci terlebih dahulu semua bahan jamu, kemudian ditumbuk hingga halus, ya. Barulah, nanti direbus dengan air cukup satu gelas saja. Kalau sudah mendidih, saringlah bahan tadi hingga tersisa ampas. Dan dinginkan, minumlah air sari pati yang telah disaring.

3. Atasi bau badan dengan temulawak asam

Kumpulan jamu tradisional khusus wanita

Bukan hanya menggunakan parfum dan deodoran, ternyata bau badan dapat diatasi dengan jamu juga, lho. Jamu yang mampu membantu menghilangkan bau tidak sedap dari tubuh ini bernama jamu temulawak asam. Bahannya cukup gula merah, asam jawa, dan 1 ruas temulawak. Tidak banyak, ya?

Baca juga:  Rekomendasi Produk Toner yang Punya Fungsi Untuk Atasi Masalah Jerawat

Sedangkan untuk cara membuatnya cukup mudah. Tentu pertama-tama adalah dengan mencuci bersih temulawak dan memotongnya halus. Direbus dengan air bersih, lalu ditambah asam jawa dan gula merah. Tunggu sampai jamu menjadi hanya setengah gelas, dan siap disajikan untuk diminum.

4. Lancarkan ASI? Minum jamu gepyokan

Kumpulan jamu tradisional khusus wanita

Buatmu yang sudah melahirkan dan ingin supaya ASI lancar, maka bisa lho mengkonsumsi jamu gepyokan. Jamu ini bisa jadi alternatif buatmu yang tidak menyukai daun beluntas sebagai alternatif untuk melancarkan ASI. Jamu gepyokan memiliki rasa yang tidak pahit, kok. Jadi, tenang saja.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah gula merah, temugiring, puyang, temulawak, kunyit, lengkuas, bangle, jahe, dan kencur. Cara membuatnya juga cukup mudah. Bersihkan semua bahan, lalu tumbuk dan sedikit demi sedikit tambahkan air. Direbus menggunakan gula merah, lalu dinginkan, diminum deh. Mduah, kan?

Baca juga:  Sama-Sama Perawatan Tubuh, Apa Perbedaan Spa dan Lulur?

5. Ingin tubuh langsing? Gunakan jamu kunyit asam

Kumpulan jamu tradisional khusus wanita

Ini dia yang paling dicari, jamu untuk melangsingkan tubuh secara alami. Apa itu? Jamu kunyit asam. Jamu ini cocok untuk dikonsumsi buat kamu yang sedang diet. Jamu ini memberikan manfat untuk menstabilkan metabolisme tubuh. Bahan utamanya ada kunyit, garam dapur, gula merah, dan asam jawa.

Cuci semua bahan. Siapkan kunyit untuk diparut hingga halus, atau juga bisa diblender. Kemudian campur kunyit yang dihaluskan dengan garam dapur, asam jawa dan gula merah, lalu direbus hingga mendidih. Sebelum diminum, dinginkan terlebih dahulu. Bisa disimpan di kulkas bila ingin lebih nikmat.

Bagaimana, kira-kira kamu tertarik bikin jamu yang mana? Dari sekian kumpulan jamu tradisional khusus wanita di atas, mana yang cocok untuk masalah kewanitaan yang kamu alami saat ini? Boleh kok mencobanya, asal tetap dalam dosis yang wajar ya. Karena semua hal yang berlebihan, tentu berefek negatif. Good luck!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: