Kreasi Kain Flanel Untuk Pemula yang Mudah dan Praktis

Kreasi, kain, flanel, untuk, pemula, kerajinan, tangan, hiasan, toples, tekstur, warna, bahan, alat, cara, lem, benang, sepatu bayi, tas flanel, bunga bross, tempat hp, handphone, langkah, pita, mudah, kreatif, boneka, tempat pensil, saku, aksesoris, pola, sisi, bagian, unik, menarikIlustrasi: berkreasi membuat barang berguna dari bahan kain

Kreasi kain flanel yang terus berkembang akhir-akhir ini pada prinsipnya membuka peluang kita untuk turut andil menggeluti usaha tersebut. Karena selain mudah dan minim biaya, juga bisa dilakukan oleh semua orang.

Untuk Anda yang hobi berkreasi, pastikan Anda mencoba kreasi dari kain flanel. Kain flanel merupakan kain yang sangat populer digunakan untuk membuat beragam kerajinan tangan yang unik dan kreatif. Tekstur kain flanel yang lembut dengan warnanya yang cantik menjadikannya sangat diminati oleh banyak orang. Anda pun bisa membuat beraneka kerajinan tangan yang unik dan menarik dengan menggunakan kain flanel ini. Untuk membantu Anda, saat ini ada banyak kreasi kain flanel untuk pemula yang bisa Anda praktikkan.

Kreasi Kain Flanel Untuk Pemula

Meski pemula, Anda tetap memiliki peluang besar dalam menciptakan aneka kerajinan tangan yang lucu dan unik. Nah, berikut beberapa kreasi kain flanel untuk pemula selengkapnya.

Boneka

Salah satu kreasi kain flanel untuk pemula ialah boneka. Anda mungkin sudah sangat sering menemukan kerajinan tangan berupa boneka dari kain flanel. Pada umumnya, boneka dari kain flanel ini dibentuk menjadi berbagai macam dan ukuran.

Tempat Pensil Berbentuk Saku

Cara membuat kreasi tempat pensil ini cukup mudah. Hal ini dikarenakan Anda hanya menerapkan teknik menjahit yang sederhana. Bahkan, anak-anak juga dapat melakukan cara ini. Cara membuat kreasi tempat pensil berbentuk saku ini sangat sesuai untuk para pemula yang belum mahir menjahit. Kreasi tempat pensil flanel ini bisa Anda jadikan sebagai ide untuk mengisi sela waktu yang Anda miliki, bisa untuk orang dewasa maupun anak-anak. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan kain flanel dengan warna yang Anda inginkan. Tambahkan pula hiasan favorit untuk membuat tempat pensil saku ini terlihat semakin cantik.

Aneka kreasi tempat pensil dari kain flanel (sumber: Tokopedia)

Nah, berikut ini panduan untuk membuatnya. Namun, sebelumnya Anda harus mempersiapkan bahan seperti berikut:

  • Segulung kain flanel dengan warna pilihan Anda
  • Kancing berukuran besar
  • Gunting
  • Kain pita 30 cm
  • Benang warna senada dengan kain flanel (atau warna pilihan Anda)
  • Jarum

Langkah-langkah membuat kain flanel tempat pensil

  1. Gunting kain flanel yang sudah Anda sediakan menjadi dua ukuran berbeda. Ukuran pertama disesuaikan dengan peralatan tulis Anda yang paling panjang plus penambahan beberapa sentimeter. Untuk yang kedua, guntinglah dengan ukuran lebih panjang sekitar 10-15 cm dari kain flanel yang pertama. Untuk lebarnya, Anda cukup mengguntingnya dengan ukuran sekitar 10-12 cm.
  2. Setelah memiliki dua ukuran kain yang berbeda, saatnya menggabungkan keduanya dengan cara menjahitnya. Jahit keseluruhan pinggiran kedua kain dengan teknik jelujur agar mudah, tapi tetap kuat. Ingat, bagian atas kain jangan dijahit karena akan menjadi tempat keluar-masuk peralatan tulis Anda kelak.
  3. Jika jahitan di sepanjang sisi kedua kain sudah sempurna, saatnya Anda memasang pengait di bagian tertentu untuk mengunci tempat pensil ini kalau sudah terisi. Pasangkan kancing yang sudah Anda siapkan di kain yang lebih pendek. Sesuaikan posisinya di bagian atas tengah agar mudah dijangkau oleh sisa kain yang lebih panjang nantinya. Anda bisa memasang kancing tersebut dengan teknik menjahit yang mudah, asal kencang.
  4. Sebagai pasangan pengait kancing yang telah terpasang, Anda bisa menggunakan pita. Nantinya, tempat pensil tersebut bisa dibuka dan ditutup dengan hanya melingkarkan pita di sekeliling kancing. Untuk menjahitnya, pilihlah tempat di bagian atas belakang kain flanel yang lebih panjang. Kalau malas, Anda pun bisa menggunakan lem kuat untuk memasangkan pita tersebut di bagian kain flanel yang telah ditentukan.
  5. Tempat pensil sederhana Anda bisa langsung dipakai.

Bunga Bros

Anda bisa membuat bros sebagus mungkin sesuai daya kreativitas Anda. Bunga bros ini biasa diminta untuk perayaan pernikahan dalam memorial. Bunga bros ini seringkali dijadikan suatu undangan pernikahan yang begitu indah. Cara membuat bunga bros ini pun cukup mudah dilakukan.

Tempat Handphone

Apabila anda memiliki hp, akan tetapi tidak mempunyai tempat ponsel, maka Anda bisa membuat tempat hp dengan menggunakan kain flanel ini. Cara membuat tempat hp ini cukup mudah dilakukan. Anda bisa membuatnya dengan model persegi maupun kreasi bentuk lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Sepatu Bayi

Dengan bahan yang lembut, kain flanel bisa Anda kreasikan menjadi sepatu bayi. Dijamin bayi Anda akan merasa nyaman menggunakannya.

Toples Flanel

Toples hias berbahan kain flanel (sumber: facesiana.com)

Bosan dengan tampilan toples yang begitu-begitu saja? Anda bisa mempercantik tampilan toples dengan kain flanel. Untuk membuatnya Anda perlu menyiapkan bahan seperti berikut:

  • Kain flanel aneka warna (bisa juga memakai kain sisa konveksi)
  • Manik-manik
  • Toples plastik (ukuran sesuai selera)
  • Gunting
  • Benang dan Jarum
  • Lem (glue gun)

Cara membuat toples hias dari kain flanel

  1. Potong kain flanel dengan gunting membentuk pola. Toples yang dipakai berbentuk harus bulat. Gunting kain flanel membentuk lingkaran untuk menutupi dasar penutup toples, dan membentuk persegi panjang untuk menutupi sisi toples
  2. Gunting kain flanel membentuk lembaran-lembaran kecil panjang. Lalu tempel pada sisi-sisi toples kue
  3. Lalu hias sisi bawah toples dan pinggiran sisi tutup flanel dengan menggabungkan potongan panjang flanel berbeda warna kemudian dipelintir dan ditempelkan maka akan kelihatan seperti cream lembut pada sisi kue
  4. Untuk hiasan silahkan berkreasi sendiri. Bisa dibentuk bunga, buah, kue, dan lain-lain. Dapat pula ditambahkan manik-manik dan payet di atasnya
  5. Terakhir, lem semua hiasan tadi di atas permukaan flanel (yang ditempel di tutup toples)
  6. Toples hias yang cantik, unik, lucu, imut, murah, dan meriah dari kain flanel sudah jadi! Sekarang toples ini siap diisi dengan kue-kue khas lebaran atau natal, kancing dan benang, dan tempat lainnya.

Tas Flanel

Kain flanel bisa anda kreasikan menjadi tas cantik dan unik. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan kain flanel berbentuk lembaran. Anda hanya perlu membuat polanya. Setelah itu, Anda jahit untuk menggabungkan kain menjadi satu tas. Pakai mesin jahit supaya lebih kuat dan rapi. Kemudian Anda bisa tambahkan aksesoris atau hiasan di bagian luarnya untuk mempercantik tampilan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: