Kosmetik dan Skincare Apa yang Cocok untuk Ibu Hamil?

Skincare untuk Ibu Hamil - www.romper.comSkincare untuk Ibu Hamil - www.romper.com

Bagi seorang wanita, kosmetik dan skincare adalah benda-benda wajib yang harus ada di atas meja rias mereka. Tidak hanya remaja, bahkan wanita hamil juga tetap ingin menggunakan skincare dan kosmetik. Bisa dibilang, meskipun dalam keadaan hamil, para wanita pun ingin tampil menawan. Sayangnya, tidak semua skincare maupun kosmetik cocok dipakai oleh ibu hamil.

Cara Memilih Kosmetik dan Skincare untuk Ibu Hamil

Penggunaan kosmetik atau skincare yang kurang tepat pada ibu hamil bisa menjadi sebuah permasalahan yang serius. Perlu diketahui, tidak semua kosmetik dan skincare terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak memiliki efek samping. Justru, kebanyakan skincare maupun kosmetik saat ini mengandung setidaknya 2 hingga 3 bahan kimia yang membahayakan bagi wanita hamil.

Fenomena penggunaan kosmetik pemutih non-BPOM juga masih marak di kalangan ibu hamil. Tak jarang ibu hamil membeli kosmetik maupun skincare dari luar negeri yang ilegal, atau membeli kosmetik dan skincare dengan embel-embel herbal tetapi tidak ada bukti yang jelas mengenai komposisinya.

Fenomena yang terus berlanjut tersebut diakibatkan oleh rendahnya pengetahuan akan dampak kandungan kosmetik dan skincare, serta motivasi mempercantik diri yang tinggi. Selain itu, saat ini, masih banyak ibu hamil yang enggan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai kosmetik serta skincare apa yang cocok untuk mereka gunakan sehari-hari[1]

Baca juga:  Efek Samping Pil KB Andalan dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari allure, jika Anda sedang hamil, sebaiknya Anda menghentikan berbagai macam kosmetik maupun skincare yang mengandung bahan kimia berbahaya, apalagi yang memiliki embel-embel dapat memutihkan kulit dalam waktu kurang dari satu bulan. Beberapa jenis bahan kimia berbahaya untuk ibu hamil yang sering ditemukan dalam kosmetik dan skincare, termasuk merkuri, timbal, dan salicylic acid.

Ibu Hamil Memakai Kosmetik - www.momjunction.com

Ibu Hamil Memakai Kosmetik – www.momjunction.com

Bahan-bahan kimia di atas, tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil, tetapi juga bagi janinnya. Bisa saja zat kimia tersebut masuk ke dalam pori-pori kulit dan terbawa oleh darah hingga menuju saluran penghubung antara ibu dan janin. Selain itu, Anda juga perlu menghindari kosmetik maupun skincare yang mengandung retinol dan penggunaan tabir surya berbahan dasar kimia. Ada juga beberapa treatment yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, yaitu microneedling dan laser.

Baca juga:  Manfaat & Cara Pakai Moreskin Anti Acne untuk Menghilangkan Jerawat

Anda bisa menggunakan kosmetik dan skincare dengan bahan vitamin C sebagai alternatif untuk mencerahkan kulit, asam hialuronat untuk melembapkan kulit, dan berbagai macam skincare dengan bahan herbal yang aman. Jika Anda masih bingung dengan skincare maupun kosmetik yang tepat, Anda bisa segera berkonsultasi kepada dokter kandungan Anda. Tanyakan berbagai macam kosmetik serta skincare yang aman. Jika Anda sudah terlanjur membeli sebuah produk skincare maupun kosmetik, cobalah untuk bertanya apakah komposisi pada produk tersebut aman atau tidak.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan sejumlah produk perawatan kulit serta mak eup yang baik untuk Anda. Dokter akan mempertimbangkan berbagai macam bahan yang ada pada produk dan mencocokkan dengan kondisi tubuh Anda. Perlu Anda ketahui, bahwa ibu hamil memiliki kulit yang cenderung lebih sensitif. Ini pentingnya memilih kosmetik serta skincare yang tepat. Selain itu, pemilihan kosmetik yang kurang tepat dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Efek Samping Kosmetik dan Skincare untuk Ibu Hamil

Ada banyak efek samping yang bisa timbul, ketika Anda tanpa sengaja menggunakan kosmetik maupun skincare yang kurang tepat. Karena kulit ibu hamil sensitif, bisa jadi Anda mengalami jerawat dan kulit kering. Jerawat dan kulit kering dapat timbul akibat zat kimia berbahaya pada produk. Kulit yang sensitif akan lebih cepat menanggapi reaksi zat tersebut pada kulit Anda.

Ibu Hamil Memakai Skincare - globalnews.ca

Ibu Hamil Memakai Skincare – globalnews.ca

Efek samping lainnya, yaitu keracunan pada janin. Zat berbahaya pada produk dapat meracuni janin Anda, sehingga janin menjadi sulit berkembang, cacat lahir, hingga kematian. Kebanyakan kasus keguguran atau bayi cacat lahir saat ini, salah satunya disebabkan oleh keracunan produk skincare atau kosmetik yang dipakai oleh ibu hamil.

Baca juga:  Dari Mana Sumber DHA dan Apa Saja Manfaat DHA yang Belum Diketahui Orang?

Efek samping berikutnya adalah alergi pada ibu hamil. Bisa jadi, ketika kulit Anda semakin sensitif, kulit tidak bisa menerima zat-zat yang berbahaya. Sehingga, terjadi reaksi alergi yang berdampak pada tubuh Anda. Biasanya, gejala alergi yang ditimbulkan karena kosmetik atau skincare adalah mual berlebihan, demam, dan bengkak di wajah.

[1] Wijayanti, Irfana Tri & Siti Marfu’ah. 2019. Hubungan Pengetahuan dan Motivasi dengan Perilaku Ibu Hamil Menggunakan Kosmetik Pemutih. Jurnal Ilmiah Permas STIKES Kendal, Vol. 9(3): 211-240.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: