Bujet Terbatas? Ini 5 Konsep Pernikahan Sederhana Tanpa Resepsi

Pernikahan Live via Internet Streaming - kronologi.idPernikahan Live via Internet Streaming - kronologi.id

Resepsi, bagi banyak pasangan, menjadi salah satu hal wajib ketika melangsungkan pernikahan.Namun, untuk menggelar resepsi ini, memang dibutuhkan sejumlah biaya, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah, terlebih jika konsep yang diidamkan ‘tidak biasa’ dan mewah.Nah, bagi mereka yang tidak memiliki anggaran yang cukup, konsep sederhana tanpa resepsi bisa menjadi alternatif tanpa mengurangi kesakralan sebuah pernikahan.

Menurut Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974, perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami dan istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.[1]Pernikahan bisa dikatakan sebagai salah satu momen penting dalam hidup manusia, dianggap sebagai sesuatu yang sakral atau suci.

Dalam perkawinan sesuai hukum Islam, dikenal suatu prosesi yang disebut dengan walimatul ‘urs.Ini bisa dikatakan sebagai sebuah jamuan (termasuk makan-makan) sebagai ungkapan rasa syukur setelah akad nikah selesai dilangsungkan.Kegiatan ini juga dikenal sebagai pesta pernikahan atau resepsi pernikahan, dilakukan untuk memberitahu khalayak ramai bahwa kedua mempelai telah sah menjadi suami-istri.[2]

Seiring kemajuan zaman, resepsi pernikahan tidak hanya dilakukan secara asal-asalan atau apa adanya. Beragam konsep dimunculkan untuk membuat pesta pernikahan menjadi lebih berkesan, seperti konsep pesta di pinggir pantai, pesta kebun, glamour, klasik, pesta kostum, hingga upacara ala adat dengan sentuhan yang lebih modern.

Baca juga:  Sederet Produk Pelembab Untuk Atasi Kulit Kering Pada Bayi

Namun, untuk melangsungkan pesta pernikahan, terlebih dengan konsep mewah dan tamu undangan ratusan orang, biaya yang dibutuhkan tentu saja tidak kecil.Ini mungkin bukan apa-apa jika Anda dan pasangan termasuk orang yang mampu.Namun, bagaimana jika kebetulan bujet tidak cukup?Nah, ini sederet konsep pernikahan sederhana tanpa resepsi yang dapat Anda tiru, tanpa harus menghilangkan kesakralan janji suci Anda dan pasangan.

Makan Malam dengan Keluarga Dekat

Setelah akad nikah dinyatakan rampung oleh Kantor Urusan Agama (KUA), Anda dan pasangan sebenarnya sudah sah sebagai suami-istri.Resepsi digunakan sebagai ‘pembawa kabar’ bahwa Anda kini telah memiliki pasangan resmi.Namun, jika bujet tidak mencukupi, Anda tidak perlu memaksakan menggelar pesta dengan mengundang banyak orang.

Anda bisa mengundang keluarga Anda dan keluarga pasangan untuk makan malam bersama.Namun, tidak seperti makan malam biasanya, dinner sebaiknya juga harus istimewa mengingat ini adalah momen penting dalam hidup Anda.Jika masih ada sisa anggaran, itu bisa Anda gunakan untuk acara jalan-jalan atau bulan madu bersama pasangan.

Makan Malam dengan Keluarga Dekat

Makan Malam dengan Keluarga Dekat

Membagikan Nasi Kotak ke Tetangga

Konsep pernikahan sederhana tanpa resepsi lainnya yang juga telah dilakukan banyak pengantin adalah membagikan makanan kepada kerabat dan tetangga dekat.Setelah akad nikah selesai, Anda bisa mengirimkan makanan kepada tetangga terdekat dan saudara sebagai pemberitahuan bahwa Anda dan pasangan sudah sah menjadi suami-istri.

Baca juga:  Manfaat & Cara Membuat Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Mixer

Konsumsi pernikahan ini bisa Anda pesan melalui jasa catering.Namun, apabila Anda memiliki banyak tenaga yang terampil dalam urusan dapur, entah itu dari saudara sendiri atau tetangga dekat, memasak sendiri adalah pilihan yang lebih bijak. Pasalnya, biaya yang akan Anda keluarkan akan jauh lebih minim dibandingkan pesan ke jasa catering, dengan pilihan jenis makanan yang lebih beragam.

Makanan Nasi Kotak Pernikahan - dikatama.com

Makanan Nasi Kotak Pernikahan – dikatama.com

Menikah Tamasya

Mungkin istilah ini masih belum begitu familiar di telinga Anda.Namun, konsep menikah tamasya ini semakin diminati oleh mereka yang hendak mengakhiri masa kesendirian.Pasangan yang akanmenikah akan mengajak keluarga mereka untuk menyelenggarakan pernikahan di suatu daerah. Daerah yang dipilih biasanya daerah yang memiliki kenangan bagi pasangan tersebut.

Sambil menikah, Anda bisa merasakan suasana tamasya atau bulan madu ke sebuah tempat yang memang Anda dan pasangan sukai. Pengalaman menikah tentunya akan lebih berkesan dan lebih bermakna. Pernikahan Anda pun akanmenjadi lebih menyenangkan karena diselenggarakan bersama keluarga terdekat.Lagipula, siapa sih yang menolak diajak liburan?

Menikah Tamasya - amp.oppo.baca.co.id

Menikah Tamasya – amp.oppo.baca.co.id

Berbagi dengan Anak Yatim

Menikah saja sudah merupakan salah satu anjuran agama, apalagi jika kebahagiaan tersebut dibagikan bersama anak-anak yang membutuhkan. Sudah terbayang bukan, berapa ganjaran yang akan Anda peroleh di kemudian hari? Nah, apabila Anda tidak berniat menyelenggarakan resepsi, Anda bisa membagikan kebahagiaan Anda bersama anak-anak yatim.

Baca juga:  Cara Membuat Salad Buah Tanpa Yogurt, Praktis dan Menyehatkan

Anda bisa berbagi di suatu yayasan anak yatim atau, jika memungkinkan, undang mereka ke rumah Anda.Anda dan pasangan bisa makan siang bersama keluarga, teman dekat, dan anak-anak tersebut.Biaya yang diperlukan untuk acara seperti ini berkisar Rp5 jutaan, tergantung jumlah undangan dan jenis sajian.Sangat murah jika dibandingkan resepsi pernikahan dengan menyewa gedung.

Berbagi dengan Anak Yatim - blog.kitabisa.com

Berbagi dengan Anak Yatim – blog.kitabisa.com

Live via Internet Streaming

Internet memang bisa mempermudah urusan banyak orang, tidak terkecuali untuk mereka yang melakukan pernikahan. Untuk menghemat dana, atau kebetulan bujet pernikahan Anda sangat terbatas, Anda bisa memberitahukan bahwa Anda sekarang sudah tidak single lagi kepada saudara jauh dan teman-teman via live streaming.

Sekarang, sudah banyak aplikasi atau media sosial yang dapat Anda pakai untuk menyiarkan acara pernikahan Anda via internet streaming. Jika ada teman, sahabat, dan kerabat yang tidak bisa hadir ke rumah Anda, mereka tetap masih bisa melihat Anda dan pasangan mengucapkan janji suci di depan penghulu. Yang perlu diingat, pastikan hal teknis, seperti kuota internet, mencukupi.

Pernikahan Live via Internet Streaming - kronologi.id

Pernikahan Live via Internet Streaming – kronologi.id

[1] Saleh, K. Wantjik. 1976. Hukum Perkawinan Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

[2]Dahlan, Abdul Aziz et al. 1999. Ensiklopedi Hukum Islam Cet. III. Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, hlm. 1917.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: