3 Khasiat Singkong Untuk Lambung yang Belum Banyak Diketahui

Khasiat Singkong Untuk Lambung - www.yoso.ca

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang juga digunakan sebagai bahan pengganti makanan pokok beras. Tidak hanya terdapat di Indonesia, tampaknya hampir di seluruh negara bagian Asia mengenal singkong. Singkong sendiri selain sebagai pengganti bahan pangan pokok juga memiliki banyak sekali khasiat, seperti untuk lambung dan masih banyak lagi.

Berkaitan dengan khasiat singkong untuk lambung, tampaknya ada banyak sekali kandungan singkong selain karbohidrat, yaitu serat, vitamin C, E, folat, dan sianida. Dan seperti yang Anda ketahui, sianida sendiri merupakan salah satu zat beracun dengan efek samping membahayakan bagi tubuh.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kandungan sianida nabati pada singkong dapat dihilangkan dengan mencucinya hingga bersih ataupun merendamnya dalam air selama berjam-jam. Dan untuk Anda yang penasaran dengan apa saja khasiat Singkong untuk lambung, berikut kami sampaikan lengkap beserta ulasannya.

Mencegah Gejala Maag

Salah satu khasiat dari singkong yaitu mencegah timbulnya gejala maag. Menurut dokter, gejala maag biasanya ditandai dengan rasa mual dan sedikit nyeri pada bagian lambung, selain itu beberapa orang juga akan mengalami pusing ketika mengalami gejala maag. Dan gejala maag ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu banyak minum minuman berkadar asam tinggi dan makan tidak teratur. 

Ketika seseorang sudah memiliki penyakit maag maka ada baiknya untuk tidak minum minuman berkadar asam tinggi dan harus makan secara teratur. Namun, apabila dirasa ingin minum minuman dengan kadar asam tinggi dan tidak ingin terkena gejala maag ada baiknya untuk mencoba cara ini. 

Caranya sangat mudah dan sederhana, jika Anda ingin mencegah gejala maag yaitu Anda bisa mengonsumsi rebusan air singkong. Pertama, siapkan terlebih dahulu singkong yang telah dikupas, dicuci bersih dan direndam selama 3 jam untuk menghilangkan getah serta kandungan sianida di dalamnya. Kemudian potong-potong menjadi bagian lebih kecil dan masukkan dalam blender ataupun alat penumbuk. 

Tambahkan air sebanyak 500 ml atau setara dengan 2 gelas air matang ketika Anda menghaluskan singkong. Langkah terakhir yaitu saring air singkong dan hangatkan sebentar, lalu Anda bisa meminumnya sebelum atau sesudah minum minuman dengan kadar asam tinggi ataupun ketika Anda telat makan.

Gejala Sakit Maag - www.rd.com

Gejala Sakit Maag – www.rd.com

Mengatasi Nyeri Lambung dan Mual 

Ketika seseorang mengalami gejala maag, pastinya lambung akan terasa nyeri dan dalam kondisi parahnya adalah rasa mual. Jika Anda sudah pada tahapan merasakan nyeri lambung dan mual, ada baiknya Anda segera mengonsumsi obat maag. 

Namun mengonsumsi obat maag dengan kandungan bahan kimia terlalu banyak terkadang juga tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama ginjal. Oleh karena itu, dokter selalu menganjurkan untuk minum air mineral yang banyak setelah minum obat termasuk obat maag. Selain mengkonsumsi obat maag, adapun cara alami untuk mengatasi nyeri lambung dan mual karena gejala maag yang Anda alami.

Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi air saripati singkong. Cara membuatnya sangatlah mudah dan pastinya lebih hemat. Langkah pertama, siapkan singkong yang telah dikupas kulitnya dan dicuci bersih. Setelah itu, potong singkong menjadi 3 bagian dan rendamlah terlebih dahulu selama 3 jam. Berikutnya, siapkan alat parut yang bersih dan usahakan akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan alat parut yang terbuat dari besi. Langkah berikutnya, parutlah singkong hingga lembut dan beri air sebanyak 250 ml atau setara dengan 1 gelas air mineral bersih dan matang. Setelah itu peras air parutan singkong seperti ketika Anda memeras santan kelapa. 

Tuangkan air perasan ke dalam gelas dan minumlah ketika gejala maag Anda sedang kambuh terutama jika Anda merasakan nyeri pada lambung dan mual. Setelah Anda minum air saripati singkong, biasanya dalam hitungan 5 hingga 10 menit rasa nyeri dan mual karena maag akan hilang dengan sendirinya.

Sakit Nyeri Lambung - www.medicalnewstoday.com

Sakit Nyeri Lambung – www.medicalnewstoday.com

Terapi Maag/Meminimalisir Gejala Maag

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag dan sering kambuh, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk meminta resep obat maupun terapi agar penyakit maag Anda jarang kambuh. Namun, bagi Anda yang ingin meminimalisir gejala maag maka Anda bisa mencoba cara alami yang lebih hemat.

Pada dasarnya penyakit maag tidak bisa disembuhkan, namun gejalanya dapat diminimalisir dengan cara terapi atau mengonsumsi obat tertentu dan menghindari makanan ataupun minuman dengan kadar asam tinggi ataupun makanan pedas. Namun, terkadang semua itu belum cukup. Untuk itu, khasiat dari singkong untuk lambung berikutnya yaitu sebagai salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk terapi maag.

Caranya sangat mudah yaitu sama dengan cara ketika Anda mengatasi gejala maag menggunakan air saripati singkong. Namun berbeda dengan sebelumnya, jika untuk mengatasi gejala maag Anda hanya perlu minum disaat gejala itu kambuh saja maka untuk meminimalisir gejala Anda harus minum sesering mungkin. 

Adapun dosis yang dianjurkan jika Anda ingin menjalani terapi maag menggunakan air saripati singkong yaitu minumlah 2-3 kali sebanyak 1-2 gelas dengan takaran 250 ml setiap pagi dan malam. Dengan begini maka Anda akan jarang sekali terkena gejala maag dan bisa juga Anda tidak akan terkena gejala maag lagi dalam kurun waktu sangat lama.

Selain berkhasiat bagi lambung, tampaknya masih banyak sekali khasiat dari singkong seperti membantu Anda mengatasi diabetes dan lain sebagainya. Dan itulah berbagai khasiat singkong untuk lambung yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas bermanfaat.

Melakukan Terapi Maag - (Youtube: MTA - MASSAGE Therapy)

Melakukan Terapi Maag – (Youtube: MTA – MASSAGE Therapy)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: