Khasiat Singkong Rebus Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Singkong rebus (sumber: klikdokter.com)Singkong rebus (sumber: klikdokter.com)

Sumber karbohidrat pada tubuh manusia tidak hanya didapatkan melalui beras atau nasi. Kini, singkong bisa menjadi alternatif untuk bahan pangan masyarakat Indonesia. Ubi ini memiliki nama ilmiah Manihot Utilissima. Di Indonesia sendiri, singkong memiliki banyak nama sebutan. Misalnya saja seperti ubi kayu, ketela pohon, dan pohong. Singkong merupakan salah satu jenis tumbuhan perdu tahunan tropika dan subtropika dari Suku Euphorbiaceae. Tanaman singkong tidak hanya umbinya saja yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan, begitu pula daunnya bisa dimanfaatkan sebagai sayur.

Sebelum membahas khasiat singkong rebus, ada baiknya untuk mengetahui ciri-ciri tanaman ubi yang satu ini. Tanaman singkong dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 7 meter dengan daun menjari yang berwarna hijau. Singkong merupakan salah satu jenis tanaman berakar tunggang dengan sejumlah akar bercabang yang nantinya akar ini akan membentuk umbi dan dapat dikonsumsi. Adapun ukuran singkong yang memiliki garis tengah sepanjang 2 cm hingga 3 cm dengan panjang umbi berkisar 50 cm hingga 80 cm.

Singkong memiliki kulit luar agak kasar berwarna coklat, sedangkan untuk daging buahnya berwarna putih hingga kekuning-kuningan. Singkong dapat langsung dikonsumsi dengan cara  direbus terlebih dahulu agar teksturnya lembut dan lunak serta memiliki citarasa yang lezat. Rupanya selain memiliki rasa yang enak, singkong rebus juga memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh Anda.

Kandungan nutrisi singkong rebus antara lain yaitu air, kalori, protein, serat, glukosa, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, selenium, thiamin, riboflavin, vitamin A, B, C dan E, serta folat. Selain memiliki banyak sekali kandungan nutrisi,  singkong rebus juga memiliki segudang manfaat. Berikut kami sajikan manfaat mengonsumsi singkong rebus bagi kesehatan tubuh. manfaatnya.

Manfaat Singkong Rebus

Singkong rebus (sumber: klikdokter.com)

Singkong rebus (sumber: klikdokter.com)

 

  • Melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada singkong rebus sangat baik bagi Anda yang mengalami susah BAB ataupun sembelit. Jika  Anda mengonsumsi singkong rebus, maka pencernaan Anda akan lebih lancar.
  • Menyembuhkan diabetes. Kandungan dalam singkong rebus berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes. Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi singkong rebus secara teratur.
  • Menjaga kesehatan jantung. Singkong rebus sangat baik bagi Anda yang ingin memiliki jantung sehat dan kuat agar tidak mudah terkena penyakit.
  • Mengatasi kecanduan. Bagi Anda yang ingin menghilangkan kebiasaan ataupun kecanduan (misal kecanduan rokok dan alkohol), maka Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi singkong rebus.
  • Menghilangkan mata panda. Memiliki lingkaran hitam di sekitar mata tentu dapat mengganggu penampilan Anda. Namun jangan khawatir karena salah satu khasiat dalam singkong rebus  dapat menghilangkan mata panda. 
  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi. Bagi Anda yang sering mengalami gusi berdarah, sebaiknya konsumsi singkong rebus. Ubi ini juga bermanfaat bagi Anda ingin memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari penyakit gigi.
  • Mencegah peradangan. Singkong rebus sangat efektif untuk mencegah peradangan seperti radang tenggorokan dan lambung.
  • Meredakan asma. Bagi Anda yang memiliki riwayat asma, Anda dapat mengatasi dan meredakannya dengan mengonsumsi singkong rebus setiap pagi.
  • Mengatasi nyeri saat batuk. Selain mengatasi asma, singkong rebus dapat meredakan rasa nyeri yang Anda alami saat batuk.
  • Memulihkan penyakit bronchitis. Singkong rebus juga diklaim sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat penyakit bronchitis.
  • Meningkatkan sistem imun. Bagi Anda yang memiliki imunitas tubuh yang lemah, jangan khawatir. Jika Anda mengonsumsi singkong rebus secara berkala, Anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.
Panen singkong (sumber: Media Indonesia)

Panen singkong (sumber: Media Indonesia)

  • Menjaga kesehatan kulit. Kandungan nutrisi yang ada pada singkong rebus sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda, selain itu juga mampu menutrisi kulit Anda dengan baik.
  • Menjaga kesehatan mata. Singkong rebus memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata Anda, jika dikonsumsi secara teratur.
  • Mengatur kadar kolesterol. Singkong rebus juga dapat mengatur kadar kolesterol Anda agar lebih stabil.
  • Meredakan stress. Singkong rebus sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin merasa sering stress. Aroma serta rasa yang ada pada singkong rebus dapat menenangkan pikiran dan saraf Anda.
  • Menstabilkan gula darah. Memiliki kadar gula darah berlebihan ataupun terlalu rendah tentu sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi singkong rebus secara rutin.
  • Mengatasi anemia. Kandungan zat besi yang ada pada singkong rebus sangat baik bagi penderita anemia. Selain dapat mengatasi anemia, singkong rebus juga sangat baik untuk mencegah terjadinya gejala anemia.
  • Mengatasi lelah. singkong rebus juga dapat mengatasi lelah karena memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang baik.
  • Membantu proses regenerasi sel. Kandungan asam amino esensial yang ada di dalam singkong, berkhasiat untuk meregenerasi sel-sel yang ada di tubuh. Asam amino juga membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sehingga nantinya bisa berfungsi dengan baik lagi.
  • Meningkatkan sistem metabolisme. Di dalam singkong terdapat kandungan vitamin B yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, juga terdapat kandungan asam amino esensial dan serat yang berguna sebagai sumber energi bagi tubuh manusia untuk beraktivitas sehari-hari.

 

Baca juga:  Berbagai Variasi Cemilan Dari Bahan Singkong, Mulai Manisan Sampai Schotel
  • Melancarkan sirkulasi darah. Kandungan antioksidan dan asam amino pada daun singkong juga berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah yang membawa oksigen, yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. 

Itulah manfaat dan khasiat singkong rebus bagi tubuh manusia. Ternyata singkong rebus memiliki banyak peran penting untuk kesehatan dan pencegahan penyakit.  Semoga informasi di atas yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: