Kandungan Nutrisi dan Khasiat Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan

Memanen Rebung di Ladang - (YouTube: Polin Lifestyle)Memanen Rebung di Ladang - (YouTube: Polin Lifestyle)

Bagi ibu rumah tangga, pastinya sudah tidak asing dengan rebung. Selain rebung hijau yang banyak ditemui di pasaran, ada juga rebung kuning yang sedikit langka. Meskipun sudah dicari, anak bambu tersebut memiliki citarasa yang lezat saat diolah. Selain itu, rebung kuning juga dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Rebung sendiri merupakan tunas muda dari pohon bambu yang tumbuh dari akar pohon tersebut. Rebung tumbuh di bagian pangkal rumpun bambu dan biasanya dipenuhi oleh glugut (rambut bambu) yang gatal. Secara morfologi, tunas bambu tersebut berbentuk kerucut. Setiap anak bambu dilapisi dengan glugut yang memiliki bagian seperti ujung daun bambu berwarna kecokelatan.[1]

Senyawa utama dalam rebung mentah adalah air dengan kadar 85%. Selain itu, rebung kuning juga mengandung serat yang tinggi, protein, lemak, glukosa, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Banyaknya kandungan nutrisi pada rebung kuning membuat bahan makanan tersebut kaya khasiat.

Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Liputan 6, rebung kuning bisa dijadikan sebagai makanan pendamping program diet. Makanan yang kaya serat tinggi sekaligus mengandung gula ini, dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Bisa dibilang, bahan makanan ini cocok bagi Anda yang memiliki keluhan sembelit atau BAB kurang lancar selama diet.

Baca juga:  Apa Itu Irritable Bowel Syndrome dan Bagaimana Cara Mengobatinya?
Khasiat Rebung Bambu Kuning - katalog.or.id

Khasiat Rebung Bambu Kuning – katalog.or.id

Untuk mengonsumsi tunas bambu kuning sebagai makanan asupan diet, tidaklah susah. Anda hanya perlu merebusnya atau mengukusnya dan menambahkan sedikit bumbu. Sebaiknya, Anda tidak menambahkan bahan lain, seperti santan, saat memasak bahan tersebut. Ini karena santan yang mengandung banyak lemak jenuh tidak baik untuk program diet Anda.

Menurunkan Kolesterol

Selain bisa menjadi makanan pendamping diet, konon rebung kuning memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, atau biasa disebut dengan LDL. Ini karena tunas bambu kuning juga diperkaya oleh fitonutrien dan fito kolesterol. Selain mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh, dua kandungan tersebut juga berfungsi untuk mencegah gejala penyakit kolesterol.

Anda bisa memasak berbagai macam hidangan tanpa lemak dan minyak, menggunakan rebung kuning untuk menurunkan kolesterol. Salah satu resep sederhana yang bisa Anda coba adalah rebung bumbu kuning tanpa santan. Selain enak rasanya, juga menyehatkan.

Baca juga:  Varian Vitamin Blackmores untuk Kulit Putih dan Merona

Sebagai Obat Liver

Dilansir dari Balipuspanews, konon rebung kuning bisa dijadikan sebagai obat liver. Sudah sejak lama orang menggunakan tunas bambu tersebut sebagai obat tradisional dan untuk mengatasi gangguan hati dan penyakit kuning secara turun-temurun.

Selain itu, rebung kuning juga dipercaya dapat menjadi makanan anti-racun di hati. Ini karena tunas bambu kuning mengandung senyawa hidroksi bemsadelhid. Hidroksi benzaldehid merupakan salah satu fenol yang memiliki senyawa yang sama dengan gugusan silimarin dan kurkumin. Senyawa ini memiliki sifat anti-toksin hati yang berfungsi untuk mengatasi penyakit hepatitis A.

Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, terutama makanan yang mengandung MSG atau pengawet, sebaiknya waspada. Jajanan seperti itu tak jarang membuat orang sakit perut dan berisiko menurunkan kesehatan sistem pencernaan. Apabila kondisi kesehatan sistem pencernaan semakin menurun, ini dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kanker usus.

Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan - www.olx.co.id

Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan – www.olx.co.id

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit tersebut, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan teratur. Anda juga bisa mengonsumsi rebung kuning untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Ini karena rebung kuning memiliki senyawa fenolik yang termasuk antioksidan. Antioksidan tersebut dipercaya dapat menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker pada sistem pencernaan lainnya.

Baca juga:  Penasaran Dengan Ladoo? Manisan Sederhana Khas India

Menurunkan Risiko Stroke

Stroke bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, khususnya bagi pasien yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi makanan bergizi dengan kadar lemak jenuh rendah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi rebung kuning secara berkala. Rebung kuning diperkaya oleh kalium yang efektif mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Tekanan darah yang terkontrol dan stabil, tentunya memiliki risiko rendah terhadap penyakit stroke.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika rutin mengonsumsi rebung kuning. Sebagai tips, agar rebung kuning tidak memiliki aroma menusuk, Anda bisa merendamnya dalam larutan garam dan kapur dapur sebelum diolah. Selain itu, Anda juga bisa merendamnya pada larutan jahe atau jeruk nipis.

[1] Wahanani, Dhiyah Estu. 2014. Pemanfaatan Rebung (Tunas Bambu) Menjadi Nugget dengan Penambahan Kunyit sebagai Pengawet Alami (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: