Khasiat & Cara Mengonsumsi Virgin Coconut Oil

cara, mengkonsumsi, virgin, coconut, oil, kandungan, khasiat, kesehatan, kelapa, rutin, satu, sendok, makan, extra, vco, bau, murni, berkualitas, produksi, ibu, hamil, ASI, baik, bayi Ilustrasi: belahan daging buah kelapa

Kelapa, selain bisa dikonsumsi secara langsung, bisa diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi seperti extra Virgin Coconut Oil (VCO). Salah satu orang yang telah berhasil membuat VCO adalah Ani Setyopratiwi, seorang dosen FMIPA di Universitas Gadjah Mada (UGM). Hal itu tidak lepas dari kebiasaannya membantu orang tua memarut kelapa untuk bahan membuat peyek.

Dari penelitian yang ia lakukan, akhirnya Ani berhasil menemukan cara pembuatan extra virgin coconut oil (VCO) tanpa bau. Ekstra VCO atau kelapa murni hasil penelitian Ani tersebut dinilai kaya akan kandungan protein, tanpa kandungan asam lemak bebas (free fatty acid) dan tidak mengeluarkan bau tengik. Daya tahan kelapa murni bisa hingga tiga tahun.

Cara Virgin Coconut Oil

Cara mengkonsumsi Virgin Coconut Oil yaitu rutin dua sendok sehari ekstra VCO. Dengan rutin konsumsi, maka diklaim mampu meningkatkan daya tahan , memperlancar peredaran darah hingga mampu menjadi antibakteri serta diyakini bisa membunuh virus yang berlemak seperti virus influenza, hepatitis, cacar air, herpes bahkan hingga HIV.

Ekstra VCO itu didapat dengan menggunakan metode spontan tanpa melalui pemanasan maupun penambahan bahan tambahan. Metode spontan ini mampu menghasilkan ekstra VCO yang kaya protein, encer, jernih, dan baunya harum atau tidak tengik.

Metode temuan dosen MIPA UGM itu juga mampu menjaga E dalam kelapa tetap utuh saat diproses menjadi ekstra VCO. Selain itu, dengan kadar asam lemak bebas nol dalam VCO dapat mencuci pembuluh darah yang terkena lemak. Minyak tersebut dianggap aman dikonsumsi setiap hari.

Lebih lanjut, Ani menceritakan telah melakukan penelitian terkait minyak kelapa sejak 28 tahun silam. Saat itu sekitar tahun 1989 awal dirinya masuk menjadi di FMIPA UGM tengah marak berbagai penelitian terkait pembuatan minyak kelapa tanpa pemanasan.

cara, mengkonsumsi, virgin, coconut, oil, kandungan, khasiat, kesehatan, kelapa, rutin, satu, sendok, makan, extra, vco, bau, murni, berkualitas, produksi, ibu, hamil, ASI, baik, bayi

Ilustrasi: kelapa dan minyak yang dihasilkannya (sumber: ipsingredis.com)

Kunci keberhasilan pembuatan ekstrak VCO itu adalah bahan baku kelapa yang tua dan kering di pohon serta metode pemisahan santan dan minyak. Banyak metode yang sebelumnya digunakan seperti pemancingan, pemanasan, pengasaman dan lainnya belum bisa menghasilkan VCO yang berkualitas bagus.

Sedangkan, metode yang dilakukan oleh Ani dimulai dari santan kelapa dibiarkan secara hingga menghasilkan minyak. Sepuluh butir kelapa di Jawa bisa menghasilkan satu liter ekstra VCO sementara jika bahan baku berasal dari kelapa dari Sulawesi maka lima butir kelapa bisa menghasilkan satu liter ekstra VCO.

Dari ekstra VCO ini, ada beberapa produk yang dihasilkan, seperti minyak telon, penyubur rambut, baby lotion, vitamin bibir dan lain sebagainya dengan brand Heltico. Produk Extra Virgin Coconut Oil ini juga bisa ditemukan di sejumlah apotik.

Kasubag Protokol UGM, Haryanto adalah salah satu konsumen VCO. Mas Jack, sapaan akrabnya mengaku sudah 1,5 tahun ini mengonsumsi minyak ekstra VCO. Ia meminum setiap hari sebelum beraktivitas dan malam hari sesudah beraktivitas sebanyak satu sendok extra VCO.

VCO mengandung kurang lebih 92% asam lemak rantai. Dengan kandungan tersebut, menjadikannya mudah diserap melalui dinding usus sesampainya di saluran cerna. Proses ini lebih cepat karena tanpa melalui proses hidrolisis dan enzimatik. Selanjutnya, langsung dipasok masuk ke dalam aliran darah dan langsung dibawa ke dalam organ hati untuk masuk ke dalam proses metabolisme.

Ketika sudah di dalam hati, VCO diproses menjadi energi saja, bukan kolesterol dan timbunan lemak, energi tersebut digunakan untuk meningkatkan semua kelenjar endokrin, organ dan jaringan tubuh. VCO dapat digunakan pada berbagai atau digunakan untuk mempercantik rambut serta kulit.

Kandungan & Khasiat VCO Bagi Kesehatan

Ilustrasi: minyak kelapa murni/virgin coconut oil (sumber: hungryforever.com)

  • Asam Laurat. VCO mengandung hampir 50 persen asam laurat, suatu asam lemak rantai sedang dengan berbagai manfaat kesehatan. ASI merupakan sumber penting lain dari asam laurat. Tubuh mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang bertanggung jawab sebagai penghancur virus.
  • Antimikroba. Karena kandungan asam laurat yang tinggi, VCO memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus. VCO juga dipercaya memperlambat pertumbuhan virus pada pasien HIV/AIDS.
  • Sistem kekebalan tubuh. Asam laurat yang ditemukan dalam ASI membantu bayi untuk melawan infeksi. Asam laurat dalam VCO juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindung terhadap penyakit. Karena diet orang dewasa umumnya rendah dalam asam laurat, VCO merupakan sumber mudah dan ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kolesterol baik. VCO dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sambil mempromosikan peningkatan HDL atau kolesterol baik. Sebuah studi tahun 1980 oleh Dr Hostmark menunjukkan bahwa tikus yang makan 10 persen VCO menghasilkan lebih sedikit kolesterol buruk dan lebih banyak kolesterol baik dibanding tikus yang makanannya terdiri dari 10 persen minyak bunga matahari.
  • Antibiotik super. Efek dari modern adalah munculnya strain bakteri yang tahan terhadap antibiotik. Sebuah studi tahun 2005 oleh Georgetown University menunjukkan bahwa asam laurat dalam VCO mampu mengobati infeksi bakteri pada tikus lebih baik dari antibiotik biasa.
  • Baik untuk ibu hamil dan menyusui. Anjuran orang tua zaman dulu untuk mengonsumsi minyak kelapa, ada benarnya karena minyak kelapa memiliki kandungan yang luar biasa. Selain mematikan berbagai mikroorganisme berbahaya kandungan MCFA (asam laurat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam miristat, asam palmitat) dalam VCO juga memberikan energi yang dibutuhkan saat bayi mau lahir.

Beberapa pengalaman menyebutkan bahwa konsumsi VCO saat ibu hamil memberikan pengaruh yang sangat baik untuk bayi, bukan saja saat di dalam kandungan bayi lebih sehat, namun ketika lahir bayi dalam keadaan bersih dan sehat. Selain itu VCO membuat produksi ASI menjadi lebih banyak dan lebih berkualitas.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: