Keuntungan Dinilai Besar, Inilah Prospek dan Proyeksi Bisnis Rental Mobil

Bisnis Rental Mobil - (Sumber: avismauritius.com) Bisnis Rental Mobil - (Sumber: avismauritius.com)

Prospek dan proyeksi rental mobil tetap prospektif selama masyarakat membutuhkan kendaraan untuk bepergian. Rental mobil dipilih karena dengan menggunakan jasa ini, Anda dapat lebih leluasa, terutama ketika musim mudik Lebaran.

Dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum, rental mobil dinilai lebih murah. sewa rental mobil dengan tarif kendaraan umum seperti bus, kereta api, kapal dianggap sebanding. Dengan rental mobil, dapat menggunakannya dengan lebih bebas apabila harus bepergian dengan .

Berbicara mengenai prospek bisnis ini, banyak yang menganggap bisnis ini memiliki prospek yang bagus. Salah satu sebabnya karena masih banyaknya permintaan konsumen terhadap kendaraan. Permintaan meningkat ketika mendekati bulan Ramadan.

Jauh-jauh hari sebelum Lebaran biasanya jasa rental mobil sudah full booked. rental mobil biasanya menetapkan sewanya secara harian. Bisa per 6 jam, 8 jam, 12 jam atau bahkan 24 jam.

Penyewa Mobil - (Sumber: Saint-Petersburg.com)

Penyewa Mobil – (Sumber: Saint-Petersburg.com)

Beberapa jenis produk yang dapat ditawarkan dalam bisnis rental mobil, seperti:

  • Sewa kendaraan (lepas setir). Penyewa hanya menyewa unit mobil saja. Keuntungannya, Anda sebagai pengusaha tidak perlu menyediakan driver dan tidak dibebani dengan biaya overhead gaji driver tiap bulannya. Sisi negatifnya adalah kendaraan rawan hilang dibawa lari penyewa. Untuk itu, Anda harus menetapkan syarat sewa kendaraan yang lebih ketat untuk meminimalisir risiko tersebut.
  • Carter kendaraan. Jenis produk ini meliputi sewa mobil, driver, termasuk BBM. Sisi negatifnya adalah Anda harus menyediakan driver dan gaji tiap bulannya. Tetapi, hal ini bisa disiasati dengan menggunakan driver panggilan, sehingga Anda hanya membayar driver pada saat dipanggil saja. Keuntungan jenis ini adalah lebih aman, risiko mobil dibawa kabur penyewa menjadi lebih kecil. Dari segi marketing, driver ini dapat merangkap menjadi penunjuk jalan atau guide untuk di daerah wisata. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi Anda di hadapan calon konsumen.
  • Pick up atau antar jemput. Anda dapat menyediakan layanan antar jemput dari bandara, stasiun, terminal atau tempat lain.

Pada dasarnya, usaha rental mobil ini cocok untuk dijalankan siapa saja, baik individu maupun kelompok. Namun, ada beberapa entitas yang cocok untuk membangun usaha ini. Berikut daftar entitas tersebut:

  • Tour and travel. Apabila Anda memiliki bisnis di bidang ini, cocok berhubungan dengan rental mobil. Hal ini dapat memudahkan Anda supaya bisnis dapat berjalan lancar.
  • Hotel. Tamu hotel membutuhkan jasa rental mobil untuk mengantar atau menjemput dari dan ke bandara, stasiun, terminal maupun keperluan mobilitas rental tersebut.
  • Event Organizer. Bisnis ini membutuhkan kendaraan sebagai sarana mobilitas tamu dan tim. Bisnis rental mobil dapat mempermudah keperluan event organizer.
  • Pemilik kendaraan. Jika Anda memiliki kendaraan (mobil) yang tidak dipakai, atau jarang dipakai, bisa mencoba untuk merentalkan mobil Anda. Anda dapat menitipkannya kepada rental mobil yang dapat dipercaya.

Langkah Memulai Bisnis Rental Mobil

  • Menentukan spesialisasi jenis produk. Anda dapat berkonsentrasi di salah satu jenis produk terlebih dahulu, seperti carter kendaraan.
  • Menentukan spesialisasi kendaraan. Kendaraan yang Anda gunakan apakah kendaraan rental mobil keluarga, mini bis atau bus besar.
  • Mendapatkan kendaraan. Cara pertama untuk mendapatkan kendaraan adalah dengan membeli secara tunai ataupun kredit. Cara kedua adalah dengan menggandeng investor, atau orang yang memiliki kendaraan dan bersedia menitipkan kendaraannya untuk dikelola oleh rental mobil Anda.
  • Menentukan standar harga. Sebelum menentukan harga, sebaiknya lakukan survey di sekitar Anda untuk mendapatkan harga sesuai dengan pasaran.
  • Menyiapkan tempat (kantor). Anda dapat memulai bisnis ini dari rumah Anda, atau menyewa tempat di pinggir jalan yang strategis.
  • Menyiapkan SDM. Anda tidak harus menjalankan bisnis ini sendirian, tentunya membutuhkan bantuan orang lain. Rancanglah tugas-tugas yang harus dijalankan, kemudian cari karyawan.
  • Menyiapkan SOP (Standard Operating Procedure) dan pendukungnya. SOP gunanya untuk memudahkan karyawan. SOP ini berguna untuk menjaga kualitas produk dan layanan Anda. Hal-hal yang berkaitan dengan administrasi, seperti nota-nota, stempel, tempat yang aman untuk menyimpan jaminan penyewa.
  • Menyiapkan alat tempur marketing. Alat tempur marketing misalnya spanduk, papan nama, brosur, website maupun proposal kerja sama. Karena banyaknya pesaing di bidang yang sama, maka penting bagi Anda menyiapkan strategi marketing yang jitu.

Sebagai permulaan, di sini akan disajikan Analisa Usaha Rental Mobil

Awal:

Uang muka 3 unit mobil SUV @Rp 20.000.000: Rp 60.000.000

Meja kursi dan ATK: Ro 2.000.000

website: Rp 1.500.000

Jumlah: Rp 63.500.000

Biaya Operasional:

Angsuran 3 unit mobil @Rp 3.000.000: Rp 9.000.000

Gaji karyawan: Rp 1.000.000

Perawatan 3 unit mobil: Rp 1.500.000

Jumlah: Rp 11.500.000

Omzet:

20 (hari) x Rp 300.000 (per hari) x 3 (unit) : Rp 18.000.000

Keuntungan:

Rp 18.000.000 – Rp 11.500.000: Rp 6.500.000

BEP:

Rp 63.500.000/Rp 6.500.000 : 9,77 bulan= 293 hari

Untuk Anda yang berminat membuka bisnis rental mobil, tetapi ingin cara yang praktis, bisa mencoba menjadi mitra usaha rental yang telah lama berdiri dan sukses. Perusahaan-perusahaan tersebut akan menawarkan beberapa paket kemitraan yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi dan kemampuan.

Perusahaan yang menyediakan kemitraan misalnya AutoBridal RentCar. Perusahaan ini menawarkan tiga paket investasi. Pertama, paket business unit mulai dari Rp 195 juta. Kedua, paket sub master seharga Rp 300 juta-Rp 500 juta. Ketiga, paket master senilai Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar.

Fasilitas yang didapat mitra adalah kerjasama selama lima tahun. Untuk paket business unit, akan mendapatkan mobil Avanza tipe e 2015. Sementara paket sub master dan master akan mendapatkan tiga unit mobil Avanza atau Innova tipe e 2015.

Mobil Rental - (Sumber: pointswithacrew.com)

Mobil Rental – (Sumber: pointswithacrew.com)

Perbedaan antara kedua paket tersebut adalah cakupan wilayahnya. Untuk wilayah sub master hanya lingkup kota atau kabupaten, sementara paket master sampai lingkup provinsi. Kelebihan dari sistem seperti ini adalah manajemen pusat yang andal dalam menjalankan bisnis di bidang ini.

Apabila Anda tidak berniat untuk membangun bisnis rental mobil, tetapi mempunyai mobil yang jarang atau bahkan tidak pernah dipakai, tetapi ingin dimanfaatkan, mungkin Anda bisa menitipkannya ke rental mobil yang dapat dipercaya.

Untuk mengetahui kisaran pendapatan yang akan Anda terima, berikut perhitungannya:

Pendapatan:

Jenis pendapatan Keterangan
Total pendapatan sewa selama 30 hari:

*Rp 2.500.000-biaya servis

sisa pendapatan
Pendapatan pemilik kendaraan *Rp 2.500.000 + 30% dari sisa pendapatan
Pendapatan rental mobil 70% dari sisa pendapatan

*Rp 2.500.000 merupakan bottom profit yang diambil dari mobil Avanza tahun 2014 (contoh mobil yang digunakan di sini.

Cara menghitung bottom profit:

Bottom profit merupakan profit yang tidak didapatkan pemilik kendaraan. Hal ini sifatnya tidak tetap, fungsinya adalah agar pemilik kendaraan mengetahui pendapatan dasar dari kendaraan yang dititipkan.

Bottom profit

Tahun terkini Avanza Rp 2.500.000
Mundur 1 tahun dari tahun terkini Rp 2.000.000
Mundur 2 tahun dari tahun terkini Rp 1.500.000
Tahun terkini Innova Rp 3.000.000
Mundur 1 tahun dari tahun terkini Rp 2.500.000
Mundur 2 tahun dari tahun terkini Rp 2.000.000

Karena banyaknya pesaing di bidang rental mobil, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal supaya bisnis yang sedang dijalankan dapat berjalan lancar, di antaranya:

  • Hubungan baik dengan relasi. Karena dengan hubungan yang baik tersebut, maka akan mudah untuk mempromosikan bisnis Anda.
  • lain selain hubungan baik dengan relasi yaitu kepuasan atau konsumen. Jika konsumen merasa puas dengan pelayanan Anda, maka secara tidak langsung, konsumen tersebut akan bercerita kepada sekeliling. Hal ini akan lebih menguntungkan Anda dari sisi marketing.
  • Sistem marketing yang banyak digunakan sekarang adalah media sosial. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk memasarkan bisnis. Semakin menarik iklan di medsos yang Anda buat, semakin banyak yang tertarik, maka keuntungan juga akan mengalir untuk bisnis ini.

Bisnis rental mobil dapat Anda lakukan secara individu maupun kelompok (kerjasama dengan orang lain). Bisnis ini masih dianggap potensial, karena selama ini masyarakat masih membutuhkan mobil sewaan untuk berbagai keperluan, misalnya mudik, atau untuk keperluan kantor.

Lantaran nilai jualnya tinggi, bukan hal yang mustahil jika banyak oknum tak bertanggung jawab yang ingin mencuri mobil sewa. Oleh karena itu, Anda, sebagai pemilik bisnis rental mobil sebaiknya memberlakukan persyaratan ketat guna mengantisipasi tindak kriminal dalam penyewaan mobil.

Untuk menyewa mobil milik PT CUJ, misalnya, menurut salah seorang pengusaha rental,  penyewa wajib menunjukkan kartu tanda pengenal (KTP), kartu keluarga (KK), dan surat izin mengemudi (SIM). Penyewa juga memberikan fotokopi ketiga kartu tersebut. Selain kelengkapan surat-surat, Andi juga melakukan survei tempat tinggal penyewa. Anda juga bisa melakukan survei untuk memastikan rumah tersebut milik sendiri atau rumah kontrakan. Apabila penyewa meragukan identitasnya, Anda bisa saja tidak memberikan kunci mobil. Tetapi, jika penyewa memaksa, maka Anda dapat menolak secara halus.

Risiko lain yang ditanggung oleh pebisnis rental mobil adalah kondisi mobil. Hal ini bisa terjadi karena pola menyetir antara satu penyewa dan penyewa lain berbeda. Agar kondisi mobil tetap prima, Anda dapat membuka bengkel dan mempekerjakan montir sendiri. Disarankan untuk memperbaiki (tune up) secara berkala untuk mengganti oli, memperbaiki mesin, atau membersihkan interior dan eksterior mobil.

Rental Mobil - (Sumber: yogyes.com)

Rental Mobil – (Sumber: yogyes.com)

Beberapa pengusaha tetap menjaga kualitas mobil sewaan, yaitu dengan cara mengganti mobil lama dengan unit baru. Hal tersebut dilakukan oleh John, pengusaha rental mobil. Kendati pesanan yang datang membeludak, dia tak memberikan pinjaman kepada sembarang orang. Sebelum memberikan kunci mobil, dia meminta konsumen menyerahkan KTP, KK, dan SIM untuk keperluan administrasi.

Terkait periode Lebaran, ia mewajibkan kepada konsumen untuk membayar uang muka (down payment). Selain itu, ia juga tak lupa mengecek kondisi mesin dan interior mobil sebelum dipinjamkan kepada konsumen. Hal ini wajib dilakukan karena rata-rata konsumen memakai mobil untuk mudik ke luar kota bahkan luar Jawa.

Peluang bisnis rental mobil, khususnya periode menjelang Lebaran, dinilai sangat prospektif. Hal tersebut tidak lepas dari tingginya permintaan konsumen yang ingin mudik menggunakan mobil pribadi. Apalagi, mereka bisa mendapat keuntungan hingga dua kali lipat lantaran biaya sewa melonjak hingga 100%.

Besarnya potensi bisnis rental mobil membuat bisnis ini dilirik oleh banyak masyarakat. Tidak heran, jasa rental mobil tumbuh bak jamur di musim hujan. Kunci sukses di bisnis ini adalah memberikan  layanan prima kepada konsumen. Salah satunya adalah menawarkan mobil-mobil baru yang berkualitas. Mobil juga harus bebas masalah agar konsumen bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: