Ketahui Manfaat Jeruk Purut untuk Wajah dan Kesehatan Rambut

Jeruk purut (flickr: Nelindah)Jeruk purut (flickr: Nelindah)

Jeruk purut selama ini dikenal sebagai penyedap rasa yang dapat menggugah selera makan. Ternyata tak hanya itu saja, ada manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh dari buah yang cukup familier ini. Jeruk purut bisa berfungsi sebagai perawatan alami bagi kulit kita. Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering dan kasar, Anda bisa memanfaatkan jeruk purut sebagai perawatan yang tepat untuk kulit wajah Anda.

Sekilas Tentang Jeruk Purut

Jeruk purut memiliki nama Latin Citrus hystrix, yang merupakan salah satu jenis jeruk yang banyak ditemui di Indonesia. Jeruk purut memiliki kemiripan dengan jeruk limau dan juga jeruk nipis. Apabila dilihat dari segi warna, jeruk purut memiliki warna hijau yang mirip dengan jeruk limau. Namun jika dilihat dari segi ukuran, ukuran jeruk purut hampir sama seperti jeruk nipis yang lebih besar dari jeruk limau.

Perbedaan paling mencolok yang menjadi ciri khas dari jeruk purut adalah permukaan kulitnya yang memiliki kerutan. Akan tetapi, penggunaan jeruk purut tidak jauh berbeda dari jeruk limau, yakni sering digunakan sebagai pelengkap makanan, terutama sambal. Jeruk purut juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau daging, kegunaan ini sama seperti kegunaan jeruk nipis.

Tidak berbeda dari jenis citrus lainnya, jeruk purut juga kaya akan kandungan vitamin C. Berikut kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram jeruk purut:

  • Kalori 30
  • Karbohidrat 7,5g
  • Serat 3g
  • Vitamin A 13,4mg
  • Vitamin C 43mg
  • Kalsium 30mg
  • Besi 0,2mg
Baca juga:  Kebiasaan Yang Sebaiknya Dihindari Demi Terjaganya Kesehatan Gigi

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kecantikan Wajah

Ilustrasi: mengolah jeruk purut (sumber: hirts.com)

Ilustrasi: mengolah jeruk purut (sumber: hirts.com)

Jeruk purut diklaim mempunyai kandungan alami yang dapat meremajakan kulit. Jeruk purut mengandung vitamin C dan zat exfoliating atau zat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Seperti yang kita ketahui, zat exfoliating ini adalah zat yang dapat meremajakan kulit kita. Nah, dengan hanya menggunakan dua jeruk purut kecil yang dipotong dan diperas sarinya, Anda sudah dapat menggunakannya untuk merawat kulit Anda. Setelah mendapatkan sari dari jeruk purut, oleskan pada kulit wajah Anda dengan kapas secara merata. Diamkan selama tiga puluh menit, lalu bilas lah dengan air bersih.

Sari jeruk purut yang dioleskan pada wajah Anda tersebut akan meresap dengan sendiri ke dalam pori-pori kulit Anda. Sari jeruk purut ini dapat mengelupas sel-sel kulit mati secara merata. Jadi, jika terlihat ada warna kulit yang tidak merata, kandungan jeruk nipis akan membantu pengelupasan secara ringan dan perlahan, tapi merata. Sehingga kulit Anda dapat menjadi lebih cerah. Selain itu, pengelupasan secara ringan dan merata ini dapat sekaligus menghaluskan kulit wajah Anda juga lho, menarik bukan?

Manfaat lainnya dari jeruk purut untuk kecantikan kulit wajah adalah mampu melawan bakteri. Adanya bakteri jahat yang ada di kulit wajah memang kerap menimbulkan masalah yang membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Bakteri jahat ini bisa menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Terlebih jika jenis kulit Anda berminyak yang lebih rentan terhadap permasalahan jerawat. Bakteri juga bisa menjadi penyebab adanya bintik merah dan noda hitam pada wajah. Di sinilah peran jeruk purut untuk melawan bakteri. Anda bisa memanfaatkan jeruk purut untuk membersihkan wajah Anda secara rutin.

Baca juga:  Rekomendasi Sabun Muka yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Tidak hanya untuk permasalahan jerawat saja, jeruk purut juga cukup efisien untuk membersihkan sel kulit mati. Sel kulit mati yang tidak segera dibersihkan akan membuat wajah terlihat sangat kusam dan kering. Nah, wanita terdahulu lebih memilih untuk memanfaatkan buah jeruk purut untuk membersihkan sel kulit mati mereka yang diyakini aman dan tidak membahayakan. Kandungan alami citric acids dalam buah jeruk purut memang dikenal sebagai substansi alami yang dapat meluruhkan sel kulit mati.

Anda bisa menggunakan perawatan dengan jeruk purut ini secara rutin setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan perawatan jeruk purut yang sangat praktis ini, tentu saja akan semakin menambah kepercayaan diri Anda. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi jika tidak dapat keluar rumah untuk melakukan perawatan wajah. Karena perawatan di rumah dengan jeruk purut ini juga bisa memberikan hasil yang maksimal.

Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan Rambut

Ilustrasi: aplikasi perawatan rambut (sumber: hairstyletopic.com)

Ilustrasi: aplikasi perawatan rambut (sumber: hairstyletopic.com)

Jeruk purut tidak hanya baik untuk merawat kecantikan wajah, tapi juga bisa digunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Buah jeruk purut rupanya memiliki khasiat untuk mencegah rambut dari kerontokan dan masalah ketombe yang menyerang. Beberapa orang menggunakan jeruk purut sebagai shampo yang bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut. Tak hanya itu, masalah ketombe yang terjadi pada rambut bisa juga dengan mudah diatasi dengan buah jeruk purut.

Baca juga:  Wanita Wajib Waspadai Endometriosis! Ini Ciri-Ciri & Pengobatannya

Ini disebabkan jeruk purut mempunyai kandungan Vitamin C dan Vitamin B5 yang dikenal cukup ampuh untuk mengurangi minyak berlebihan serta kotoran yang menempel di kulit kepala. Vitamin C juga bisa mencegah dan mengatasi rambut rontok.

Maka dari itu, apabila Anda menggunakan buah jeruk ini secara rutin, maka masalah rambut berminyak dan kotoran seperti ketombe bisa hilang dengan mudah. Rambut Anda juga menjadi lebih sehat dan kuat ditambah lagi dengan adanya aroma segar dan khas yang akan menambah keharuman pada kulit kepala.

Cara menggunakan jeruk purut untuk menjaga kesehatan rambut sangat mudah. Anda hanya tinggal mengiris jeruk purut menjadi 2 bagian. Setelah itu, peras jeruk purut dan letakkan airnya pada kulit kepala Anda. Diamkan selama 30 menit agar air jeruk purut tersebut terserap dengan baik ke kulit kepala.

Apabila sudah mengering, maka Anda bisa membilas kepala menggunakan air yang bersih atau bisa juga menggunakan shampo. Agar bisa mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa melakukan langkah di atas 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: