DIKLAIM DAPAT ATASI MILIA, SEGINI HARGA VITACID GEL DAN KRIM DI APOTEK

Milia pada Mata - www.projectvanity.comMilia pada Mata - www.projectvanity.com

Milia merupakan benjolan putih kecil yang muncul di kulit dan dapat terjadi pada setiap orang tanpa mengenal usia. Meski tidak membahayakan, milia dianggap menyebabkan gangguan estetika. Karena itu, mereka yang memiliki milia kerap memanfaatkan sejumlah produk salep atau krim di apotek yang mengandung retinol, seperti Vitacid, dengan harga berkisar puluhan ribu rupiah.

Milia adalah penyakit kulit yang sering muncul pada area kulit wajah, bentuknya seperti jerawat dengan ukuran kecil. Termasuk kista kecil yang terbentuk akibat ketidakmampuan kulit untuk mengelupas secara alami, paparan sinar matahari menjadi penyebab utama milia pada wajah dikarenakan penumpukan make-up yang tersumbat pada pori-pori.[1]

Gangguan ini dapat terjadi pada semua kalangan usia, tapi paling sering terlihat pada bayi. Pada orang dewasa, milia dapat terjadi karena luka bakar atau ruam yang menyebabkan kulit melepuh sehingga merusak pori-pori. Milia diklaim bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus, namun ada juga produk yang dianggap ampuh dan cepat dalam menghilangkan milia, misalnya saja Vitacid.

Vitacid Retinoic acid adalah metabolit dari vitamin A. Metabolit merupakan zat yang terlibat dalam metabolisme, baik sebagai hasil maupun intermediet dalam proses metabolisme. Retinoic acid termasuk obat yang harus digunakan dengan resep dokter. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter agar jenis obat yang digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga:  Pilihan Salep Antibiotik untuk Mengobati Jerawat
Milia yang Ada di Bawah Mata - (Sumber: zwivel.com)

Milia yang Ada di Bawah Mata – (Sumber: zwivel.com)

Manfaat Vitacid

Vitacid bekerja dengan cara memengaruhi pertumbuhan sel-sel kulit, sehingga jumlah dan tingkat keparahan milia atau jerawat bisa berkurang, sehingga roses penyembuhannya pun akan menjadi lebih cepat. Selain untuk menghilangkan milia, krim ini juga tak jarang digunakan untuk perawatan kulit berjerawat dan komedo. Pasalnya, Vitacid mengandung mengandung senyawa aktif asam retinoat yang dapat memodifikasi keratinisasi folikuler dan memberikan efek anti-inflamasi (peradangan). Dengan kandungan tersebut, juga dikatakan dapat meningkatkan kolagen untuk mengurangi garis-garis tipis tanda penuaan (anti-aging).

Dosis Vitacid

Dosis obat oles ini berbeda-beda untuk tiap pasien, tergantung pada tingkat keparahan kondisi kulit pasien dan persentase kandungan retinoic acid dalam obat oles. Namun, frekuensi penggunaan obat ini umumnya dianjurkan satu kali dalam 24 jam dan dioleskan pada malam hari sebelum tidur. Dibutuhkan penggunaan selama beberapa minggu sampai kondisi kulit pasien membaik, umumnya 9 hingga 12 minggu.

Baca juga:  Jerawat Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Itu Akibat Jamur

Hindari mengoleskan Vitacid pada luka terbuka atau kulit yang terbakar matahari. Penggunaan pada bagian seperti hidung, mata, serta mulut juga sebaiknya dihindari. Pastikan bagian yang akan dioles obat sudah dikeringkan dan dibersihkan terlebih dulu. Pastikan pula tangan Anda bersih sebelum mengaplikasikannya.

Selama pengaplikasian krim Vitacid, mungkin pengguna akan merasakan beberapa efek samping. Efek samping tersebut dapat berbentuk peningkatan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, iritasi kulit, gatal-gatal, sensasi terbakar atau perih, kulit memerah, serta pengelupasan kulit. Segera hentikan pemakaian jika efek samping bertambah parah atau kondisi kulit Anda tidak kunjung membaik.

Anda juga bisa menghentikan pemakaian krim ini jika mengalami perubahan warna kulit, kulit yang membengkak, terbakar, melepuh, dan membentuk koreng, serta mata yang bengkak dan berair. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari penggunaan retinoic acid.

Vitacid Retinoic Acid - (Sumber: tokopedia.com)

Vitacid Retinoic Acid – (Sumber: tokopedia.com)

Harga Vitacid Krim

Varian Krim VitacidHarga
Vitacid Cr 0,025% 15 grRp36.468
Vitacid Cr 0,05% 20 grRp52.403
Vitacid Cr 0,1% 20 grRp63.742

Sebagai perbandingan, tahun lalu, krim/salep Vitacid 0,025% 15 gram di apotek dijual dengan harga mulai Rp32.963, Vitacid 0,05% 20 gr seharga Rp48.442, dan Vitacid 0,1% 20 gr seharga Rp63.742 per tube. Selain dalam bentuk krim, Vitacid juga dijual dalam bentuk gel dengan harga bervariasi.

Baca juga:  ‘Snapchat Dysmorphia’, Kaum Milenial Lakukan Operasi Agar Mirip Filter di Media Sosial

Harga Vitacid Gel

Varian Gel VitacidHarga
Vitacid Gel 0,025% 20 grRp36.757
Vitacid Gel 0,05% 20 grRp70.742

Sebagai perbandingan, tahun lalu, gel Vitacid 0,025% 20 gram di apotek dijual dengan harga mulai Rp32.963. Bahkan, produk ini juga tersedia dalam bentuk lotion yakni Vitacid 0.05% Sol 50 ml yang kini dijual seharga Rp68.196, sedikit naik dari tahun lalu yang hanya Rp66.269 per botol.

Informasi harga Vitacid krim, gel, dan lotion di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs apotek online. Perlu diingat, harga tersebut tidak terikat karena dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Untuk info lebih lanjut, tak ada salahnya langsung datang ke toko obat terdekat. Sebelum membeli produk, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kulit.

Manfaat Vitacid - (kamini.id)

Manfaat Vitacid – (kamini.id)

[Update: Ditta]

[1] Susilowati, dkk. 2021. Perawatan Wajah, Badan (Body Massage), dan Waxing SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Penerbit Andi, hlm. 84.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: